Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Jangan Mengukur Kualitas Seseorang Dari Fisiknya

🌷 Jangan Mengukur Kualitas Seseorang Dari Fisiknya 🌷

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -semoga Allah merahmatinya- bercerita tentang perjumpaannya dengan gurunya, Al Allamah Muhammad Amin Asy Syinqithi:

🌹Ketika itu aku sedang di dalam kelas bercakap-cakap dengan temanku sekaligus tetanggaku. Lalu masuklah seorang laki-laki Badui yang berkulit gelap dan pakaiannya lusuh. Ia pun duduk di kursi guru.

🌰 Aku berkata dalam hati:"Aku telah meninggalkan guruku Al Allamah As Sa'di yang luas ilmunya lagi luhur akhlaknya. Aku juga meninggalkan kerabat-kerabatku di desaku. Aku meninggalkan semua itu hanya untuk belajar kepada orang Badui dari Afrika ini? Aduhai,betapa aku telah menyia-nyiakan ilmu dan ulama.

🌿 Kemudian orang Badui ini mulai bicara. Ia memuji Allah dan RasulNya. Ia berbicara tentang berbagai jenis ilmu dan cabangnya dari hafalannya, tanpa bantuan kitab dari awal sampai akhir. Ia membaca ayat dan menukil perkataan para ahli tafsir dan para ahli fiqh dari jaman dahulu sampai yang terbaru. Ia menyebut hadits-hadits lengkap dengan sanad-sanadnya,jalur-jalur penguatnya, dan hukum-hukum atasnya. Dia meriwayatkan sebuah syair dan dalil-dalil yang amat panjang.Sungguh luar biasa. Layaknya sungai-sungai ilmu, terpancar dari lisannya dengan begitu deras. Ilmu dan perkataannya tak ada tandingannya. Demi Allah, sungguh kokoh hujjah-hujjahnya. Sungguh memuaskan kata-katanya. Betapa tinggi kedudukannya dalam ilmu, penjelasan, dan perkataannya.

🌴 Aku menyesal telah meremehkannya saat pertama kali melihatnya.Setelah kejadian itu, aku merasakan kebahagiaan yang amat besar. Aku bersyukur kepada Allah yang telah mentakdirkan diriku bisa bertemu dengan gunung dan lautan ilmu yang luas. Dialah Al Allamah Al Faqih An Nahwi Asy Syaikh Muhammad Al Amin Asy Syinqithi, semoga Allah merahmatinya dengan rahmat yang luas. Pemilik kitab tafsir Al Kubra, tafsir Adwaul Bayan.

☁ Aku menimba faidah darinya dalam bidang tafsir, nahwu, ushul, dan lain sebagainya."

" يقول الشيخ : ونحن في القاعة وأنا أتحدث مع صديقي وجاري دخل علينا رجل بدوي الهيئةاسمر البشرة رث الثياب.و جلس على مقعد التدريس فقلت في نفسي:الآن أترك شيخنا ابن سعدي و علمه الواسع و طيبته و أريحيتهو سماحة نفسه .و كنت في بلدي وديرتي وبين أقاربي وأصحابيأترك كل ذلك من أجل أن أتعلم عندهذا الإفريقي البدوي؟؟ياضيعة العلم والعلماء

..يقول الشيخ : ثم إن هذا الأعرابي بدأ في الكلام .فحمد الله وصلى على رسول الله ..و تكلم في فنون العلم وصنوفه من حفظه بلا كتابفشرق وغرب وتلا الآيات ونقل أقوال المفسرين والفقهاء..و خلافاتهم ، قديمها و حديثها..و ذكر الأحاديث بأسانيدها وشواهدها والحكم عليها..و روى الأشعار والشواهد و النصوص الطويلة.. الهائلةو تفجرت أنهار العلوم من بين جنباتهو تدفقت من لسانه كالسيل الهادر ..علوم وأقوال لايكاد يحويها صدر عالم لقيناه أو عاصرناه..فلله دره ..ما أقوى حجته ..و ما أسد بيانه ..و ما أرفع كعبه في العلم وبيانه ونقله ..رغم احتقارنا لهيئته أول الأمر..يقول الشيخ : ففرحت بذلك أيما فرح ..و شكرت الله تعالى أن تمكنت من لقيا هذا الجبل الأشم والبحر الزاخر..إنه العلامة المفسر الفقيه النحوي الشيخ محمد الأمين الشنقيطي رحمه الله رحمة واسعة..صاحب التفسير الكبير تفسير أضواء البيان..أستفدت من علمه في التفسير والأصول والنحو وغيرها"

📜 مرجع : الدرر الثمين في ترجمة القيه الامين محمد بن صالح العثيمين

✉ الفقير أبو مسعود جارود

🔓 النصائح السلفية

0 Response to "Jangan Mengukur Kualitas Seseorang Dari Fisiknya"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo