Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Langit dan Bumi Adalah Makhluk Allah

📚 BELAJAR AQIDAH SHAHIHAH
DARI KITAB AL USHUL ATS TSALATSAH

🔖Pelajaran Kedua Puluh Delapan🔖

📘 MATAN:

🔊 قَالَ الْمُؤَلِّفُ رَحِمَهُ اللهُ:
وَمِنْ مَخْلُوقَاتِهِ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالأَرَضُونَ السَّبْعُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَمَا بَيْنَهُمَا.

🔊 Berkata Penulis rahimahullah:
“Dan diantara makhluk-makhluk-Nya adalah langit yang tujuh dan bumi yang tujuh serta siapa yang ada padanya dan apa saja yang ada di antara keduanya.

----------------------------------

📬 PENJELASAN:

Pada hakekatnya makhluk-makhluk Allah termasuk dari ayat-ayat-Nya, sehingga perkataan penulis rahimahullah dalam bab penyebutan sesuatu yang khusus setelah umum. Hal ini memberikan faedah kepada kita agar lebih perhatian dengan pengkhususan ini. Penulis rahimahullah memberikan misal dari makhluk-makhluk Allah dengan langit yang berlapis tujuh dan bumi yang berlapis tujuh pula serta segala apa saja yang ada diantara keduanya, hal ini karena manusia setiap hari melihat langit dan bumi, akan tetapi mereka tidak memperhatikan dan menghayatinya kalau kedua makhluk tersebut adalah ayat atau tanda kebesaran dan kekuasaan Sang penciptanya.

Allah Ta’ala berfirman;

{إِنَّ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِلْمُؤْمِنِينَ}

“Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman.” [QS. Al-Jatsiyah:3]

{لَخَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَكْبَرُ مِنْ خَلْقِ النَّاسِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ}

“Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” [QS. Ghafir:57]

🔑 Sisi pendalilan langit yang tujuh dan bumi yang tujuh serta siapa yang ada padanya dan apa saja yang ada di antara keduanya merupakan ayat atau bukti atas kebesaran dan kekuasaan Sang Penciptanya adalah;

📎1.Langit yang berada diatas kalian, tinggi, luas dan besarnya yang luar biasa. Allah menciptakannya sebagai atap tanpa tiang bagi manusia dan tidak ada keretakan sedikitpun padanya.
📎2.Perhatikanlah bintang-bintang yang bertebaran di langit yang tidak terhitung jumlahnya oleh manusia, Allah menjadikannya sebagai perhiasan langit!
📎3.Perhatikanlah bumi yang kalian pijak, bagaimana besar dan luasnya, Allah bentangkan dan ratakan bumi ini agar manusia tentram dan nyaman tinggal padanya!
📎4.Lihatlah gunung-gunung yang menjulang tinggi yang Allah menjadikannya sebagai pasak bagi bumi, agar manusia tenang dan nyaman tinggal padanya!
📎5.Perhatikanlah bagaimana Allah menumbuhkan dari bumi segala bentuk pohon dan tumbuh-tumbuhan untuk bisa dinikmati oleh manusia dan hewan ternak mereka!
📎6.Perhatikanlah  mata air dan sungai-sungai yang Allah alirkan untuk kalian!
📎7.Perhatikanlah apa yang berada diantara langit dan bumi berupa awan yang dengannya Allah turunkan hujan, salju dan es ke bumi!

🌍 Wahai manusia, apakah belum cukup makhluk-makhluk Allah ini untuk menjadikan kalian beriman dan tunduk kepada-Nya?! Menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat peribadahan?!

Allah Ta’ala berfirman;

{خَلَقَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا وَأَلْقَى فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ (10) هَذَا خَلْقُ اللَّهِ فَأَرُونِي مَاذَا خَلَقَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِ بَلِ الظَّالِمُونَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ (11)}

“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan(mu) selain Allah. Sebenarnya orang- orang yang zalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata..” [QS. Luqman:10]

⚡Sungguh tidaklah mereka yang kufur dan durhaka kepada Allah kecuali orang-orang yang sombong.

Wallahul muwaffiq ilash Shawab.

----------------------------
✏ Disusun oleh: Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawy, 12 Jumadal Ula 1437/ 21 Pebruari 2016_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

🌐 Ikuti pula channel Forum kami di aplikasi TELEGRAM!
https://bit.ly/ForumKIS
-----------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "Langit dan Bumi Adalah Makhluk Allah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo