Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PERANG BANI MUSTALIQ

🖌 SILSILAH "SANG PEMIMPIN"
(Kisah Suci Perjalanan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam)

🇸🇦 PERANG BANI MUSTALIQ

Pada tahun kelima, juga terjadi peperangan Bani Mustaliq. Sebenarnya peperangan ini tidaklah terlalu besar. Namun banyak cerita berkaitan dengan peperangan ini.

Berawal dari berita tentang Harits bin Abi Dhirar yang menghasut kaumnya dan beberapa suku Arab untuk melawan Madinah. Maka Rasulullah mengutus Buraidah bin Hisheb al-Aslami mengecek kebenarannya. Ternyata benar. Mereka sudah menyusun kekuatan melawan Madinah.

Dengan cepat Rasulullah menghimpun kekuatan. Berangkatlah beliau beserta para shahabat menuju kampung Bani Mustaliq dan menyerahkan kepemimpinan kota Madinah kepada Zaid bin Haritsah. Beliau bagi pasukan menjadi dua kelompok; kelompok muhajirin yang benderanya dipegang Abu Bakr as-Shidiq, sedangkan bendera Anshar diserahkan kepada Sa'ad bin Ubadah.

Ikut pula dalam pasukan ini beberapa kaum munafik. Padahal sebelumnya mereka tidak pernah ikut berjihad. Masih ingat kan sikap mereka dalam perang Uhud?

Mendengar kedatangan Rasulullah, sontak sebagian prajurit musyrikin ketakutan dan lari tunggang langgang. Adapun sebagian yang tersisa, mereka cepat dilumpuhkan. Hanya sepuluh orang yang terpaksa dibunuh dan yang lainnya, baik wanita dan anak-anak, ditawan. Sedangkan dari kaum muslimin hanya satu yang terbunuh. Itupun karena disangka musuh oleh kawannya sendiri. Semoga menjadi syahid.

Salah satu dari tawanan adalah Barrah putri ketua kabilah Bani Mustaliq; Harits bin Abi Dhirar. Maka Rasulullah menawarkan Islam padanya dan diterima, lalu menikahinya dan mengganti namanya menjadi Juwairiyah.

Tahu putri pemimpinnya masuk Islam, seluruh Bani Mustaliq pun ikut masuk Islam. Dan dengan segera kaum muslimin membebaskan mereka semua.

Wallahu A'lam.

✏️__Disusun oleh:
Dzulkifli Amin dan Ukasyah (santri kelas 7)

🌾 KASYAF
telegram.me/karyasyababdaarussalaf

0 Response to "PERANG BANI MUSTALIQ"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo