Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Kengerian Neraka Jahannam

🚫 Nasihat Nan Mendalam 🚫

♦ Seorang Ahli Tafsir dari madzhab Malikiyah bernama al-Qurthubi berkata,

"Bayangkan sekarang, kengerian yang akan menimpa kalbumu apabila engkau melihat titian dan tajamnya titian tersebut, kemudian pandanganmu jatuh pada gosongnya jahannam yang ada di bawahnya, pendengaranmu juga menangkap suara gejolak dan dahsyatnya api jahannam!! Dan kamu harus melewatinya, padahal kamu lemah, kalbumu kacau balau, kakimu bergetar hebatnya, dan punggungmu berat dengan dosa-dosa yang menyusahkanmu berjalan di atas hamparan bumi yang luas, apalagi berjalan di atas titian yang teramat tipis.

Bagaimana engkau jika harus mengangkat salah satu kakimu dan meletakkannya di atas titian kemudian engkau rasakan ketajamannya, dan engkau terpaksa mengangkat kakimu yang satunya, sedangkan orang-orang di sekitarmu ada yang terpeleset, ada yang terpelanting, ada yang tersambar pengait dan cakar-cakar malaikat zabaniyah!?

Engkau melihat mereka tersungkur jatuh ke jahannam kaki di kepala kepala di kaki!! Duhai pemandangan ketika itu, betapa mengerikannya!? Duhai keselamatan ketika itu, betapa sulitnya!? Duhai kesempatan ketika itu, betapa sempitnya!? Duh ya Allah, selamatkanlah, selamatkanlah!!
________________
📚 [At-Tadzkirah: 757]

🚫موعظة بليغة 🚫

♦قال المفسر المالكي العلامة القرطبي رحمه الله :

 "تفكَّر الآن فيما يحل بك من الفزع بفؤادك إذا رأيت الصراط ودقَّتَه، ثم وقع بصرك على سواد جهنم من تحته، ثم قرَع سمعَك شهيق النار وتغيُّظُها، وقد كُلِّفت أن تمشي على الصراط، مع ضعف حالك، واضطراب قلبك، وتزلزل قدمك، وثقل ظهرك بالأوزار المانعة لك من المشي على بساط الأرض، فضلاً عن حدة الصراط، فكيف بك إذا وضعت عليه إحدى رجليك، فأحسست بحدَّته، واضطررت إلى أن ترفع قدمك الثانية، والخلائق بين يديك يزِلُّون ويتعثرون، وتتناولهم زبانية النار بالخطاطيف والكَلاليب، وأنت تنظر إليهم كيف ينكسون إلى جهة النار رؤوسهم وتعلو أرجلهم، فيا له من منظر ما أفظعَه، ومرتقًى ما أصعبَه، ومجال ما أضيقَه، فاللهم سلِّم سلم"
________________

🇸🇦 Teks Arabic dinukil dari Grup WhatsApp الجرح والتعديل

🇮🇩 Diterjemahkan oleh: Syabab MDS Solo

🌾KASYAF
@karyasyababdaarussalaf

0 Response to "Kengerian Neraka Jahannam"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo