Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Menunda Pembayaran Hutang itu Jahat

SEGERALAH BAYAR HUTANGMU

🔹Soal

Baarokallohufiikum,  ini pertanyaan dari pendengar namanya Shobir,Dia mengatakan tentang hadits ini :

Nabi Shalallohu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :

" Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang ,Apakah makna hadits ini benar...?"

🔸Jawaban

Assyaikh Ibnu Utsaimin Rahimahulloh Ta'ala :

➡ Benar, Makna hadist ini benar.

Yakni Alloh Azza Wa Jalla Mengampuni semua dosa orang yang mati syahid kecuali hutang, Dikarenakan hutang adalah hak manusia maka wajib membayarnya.

Akan tetapi hutang itu apabila seseorang berhutang dan berniat untuk membayarnya. Maka telah tetap hadits dari Nabi Shalallohu 'Alaihi Wa sallam :

“Barang siapa meminjam harta manusia dan dia ingin membayarnya, maka Allah akan membayarkannya. Barang siapa yang meminjamnya dengan niat ingin menghacurkanya, maka Allah juga akan menghancurkan darinya."( Hutang tapi tidak ingin mengembalikanya, maka Alloh akan menghancurkanya - Pent )

Maka apabila orang yang syahid ini memiliki hutang, Dia telah meminjam harta manusia dan berniat untuk mengembalikanya, Maka sungguh Alloh Ta'alaa akan membayarnya.

Entah dengan Alloh Ta'alaa memudahkan seseorang didunia membayar hutang ini,  dan entah dengan Alloh Ta'alaa membayarnya dihari kiamat nanti,  Maka Alloh Ta'alaa akan meninggikan pemberi pinjaman beberapa derajat atau Alloh Ta'alaa akan mengampuni dosa-dosanya.

Sumber : http://binothaimeen.net/content/9244.

أخوكم الفقير الى عفو ربه

📝NB -Pent :

✏ Niat membayar disini bukan hanya sekedar niat tapi dia bersungguh- sungguh dalam berusaha membayarnya.

🔴 Apabila telah datang waktu pembayaran yang telah ditentukan, maka segeralah membayar hutang tersebut dan jangan menunda-nundanya, Kecuali pada saat itu kita tidak memiliki harta untuk membayarnya. Hendaklah meminta maaf dan menyampaikan udzurnya kepada orang yang meminjaminya.

Orang yang memiliki harta untuk membayar hutangnya, tetapi dia sengaja memperlambat pembayarannya, atau memakai untuk yang lain tanpa keridhoanya  maka dianggap sebagai suatu kedholiman/dosa. Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam :

مطل الغني ظلم

“Memperlambat pembayaran hutang untuk orang yang mampu membayarnya adalah kezaliman/dosa.” 

📚FIK
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
السؤال:

بارك الله فيكم من أسئلة المستمع أيضاً صابر يقول هذا الحديث: قال صلى الله عليه وسلم: يغفر الله للشهيد كل ذنبٍ إلا الدين. هل معنى هذا الحديث صحيح؟ 

الجواب:

الشيخ: أي نعم معنى هذا الحديث صحيح؛ يعني أن الله عز وجل يغفر للشهيد كل ذنب إلا الدين؛ لأن الدين حقٌ للآدمي؛ فلا بد من وفائه؛ ولكن الدين إذا كان الإنسان أخذه يريد أداءه فقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: من أخذ أموال الناس يريد أداءها أدى الله عنه ومن أخذها يريد إتلافها أتلفه الله، فإن كان هذا الشهيد الذي عليه الدين قد أخذ أموال الناس يريد أداءها، فإن الله تعالى يؤدي عنه إما بأن ييسر أحداً في الدنيا يقضي عنه هذا الدين، وإما بأن يوفيه الله تعالى يوم القيامة فيزيد الدائن درجاتٍ أو يكفر عنه سيئات. 

0 Response to "Menunda Pembayaran Hutang itu Jahat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo