Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BUAH TIN dan Manfaatnya

INFOKES NON MEDIS

BUAH TIN

📢 Kita semua sudah sering mendengar tentang buah tin. Terlebih jika kita sering mendengar atau membaca alquran. Karena buah tin tertulis dalam surat At-tiin, bersanding dengan buah zaitun.

Dibanding dengan zaitun, pemanfaatan buah tin masih sangat jarang di Indonesia. Padahal, seperti halnya zaitun, buah tin juga memiliki manfaat yang besar. Tetapi masih banyak  yang belum mengetahuinya.

Buah tin disebutkan pada surah yang mengatasnamakan dirinya sendiri dan dalam bentuk sumpah pula. Maka, tidak berlebihan bila kita memberikan perhatian khusus pada buah tin ini. Mengenai apa sebenarnya yang terkandung dalam buah tin sehingga Allah istimewakan dengan menjadikannya sebagai salah satu nama surah dalam Al qur'an. Bahkan surat At-Tiin ini merupakan satu-satunya surat yang diberi judul dengan nama tumbuhan.

Buah tin juga dikenal dengan nama buah Ara. Di dunia barat buah ini dikenal dengan buah fig. Sudah banyak digunakan sebagai Salah satu bahan kue pengganti gula.

♻ Sepintas buah ini memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan jambu biji. Aromanya harum, teksturnya empuk, rasanya keset, manisnya sedang, sedikit mengandung air dan berbiji banyak namun biijnya enak dimakan.

👍KANDUNGAN BUAH TIN

📝 Buah tin mengandung serat yang sangat tinggi, gula buah yang tinggi, asam lemak( omega-3 dan omega-6),  rendah sodium, beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, dan lain-lain.

📌MANFAAT BUAH TIN

🔍Dari sekian banyak zat yang dikandung oleh buah tin, memberikan banyak manfaat yg dapat kita gunakan dalam bidang kesehatan, antara lain:

✅ Kandungan kalium, omega 3 dan omega 6 bersama fenol dan magnesium pada buah tin  membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga seseorang dari serangan jantung koroner.

✅  Kandungan serat yang tinggi menjadikan buah ini sangat efektif untuk program penurunan berat badan.

✅ Serat larut pada buah tin yang disebut pektin membantu dalam mengurangi kolesterol darah. Ketika serat ini melewati sistem pencernaan, serat pektin ini menyapu bola-bola kolesterol dalam usus dan membawanya keluar dari tubuh.

✅  Menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi karena buah tin tinggi akan kalium (potassium), mineral yang berperan mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi).

✅ Bagi penderita kencing manis (diabetes), serat yang terdapat di dalam buah tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil.

✅ Membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker kolon (usus besar). Dengan “polyphenols” yang tinggi, antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh kita. Selain itu, serat yang tinggi pada buah tin juga dapat mengikat zat karsinogen pemicu timbulnya kanker.

✅  Baik untuk wanita pasca-menopause dan perlindungan dari kanker payudara.

✅  Kandungan “coumarins” dapat mengurangi resiko kanker prostat dan juga berfungsi merawat kulit.

✅   Kandungan kalsium dan kalium dalam buah tin/ara mencegah penipisan/pengeroposan tulang (osteoporosis), sekaligus membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang.

〰Bersambung....

✍🏽Oleh: #dr_Sophia Ummu Ahmad.

⏳Publikasi: Sabtu, 22 Rajab 1437H /30 April 2016.

➬ Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

➬ Website:
» bikum.web.id

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "BUAH TIN dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo