Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TAFSIR SURAT AN NABA Ayat ke 6 sd ayat ke 11

📚 SILSILAH DURUS TAFSIR AL-FATIHAH DAN JUZ ‘AMMA:

📖 TAFSIR SURAT AN-NABA’ 📖

🌹Ayat ke 6 s.d ayat ke 11🌹

{أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَاداً (6) وَالْجِبَالَ أَوْتَاداً (7) وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجاً (8) وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتاً (9) وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاساً (10) وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشاً (11)}

🔊 Makna ayat keenam: “Bukankah Kami telah menjadikan bumi ini sebagai hamparan, tunduk, tenang dan rata, tidak bergoncang, sehingga kalian bisa tinggal dan beraktivitas didalamnya dengan tenang, nyaman dan penuh dengan kenikmatan?”

🔊 Makna ayat ketujuh: “dan Kami ciptakan gunung yang menjulang tingi lagi kokoh sebagai pasaknya, sehingga bumi ini tenang, tidak bergoncang.”

🔊 Makna ayat kedelapan: “dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan, sehingga kalian bisa menikah dengan pasangannya, hidup tenang dan bahagia, saling berbagi rasa dan membina keharmonisan rumah tangga.”

🔊 Makna ayat kesembilan: “dan Kami jadikan nikmat tidur untuk kalian beristirahat setelah melakukan sekian aktivitas dari pagi hingga sore hari.”

🔊 Makna ayat kesepuluh: “dan Kami jadikan pula adanya waktu malam, waktu yang gelap lagi menenangkan. Suasana gelapnya membungkus istirahat kalian dan menutupi diri-diri kalian sebagaimana pakaian menutup tubuh kalian, sehingga semakin menambah kenikmatan istirahat dan tidur kalian.”

🔊 Makna ayat kesebelas: “dan Kami jadikan waktu siang terang benderang agar kalian bisa melakukan aktivitas perekonomian dan yang lainnya dengan mudah dan aman.”

📋 Setelah Allah ‘Azza wa Jalla menyebutkan bagaimana keadaan orang-orang kafir, yang mana mereka mendustakan adanya kabar yang besar, yakni adanya hari kebangkitan, maka selanjutnya dalam ayat-ayat ini dan setelahnya Allah mempertunjukkan kepada manusia tentang keagungan Rububiyah-Nya dan kesempurnaan kekuasaan dan kekuatan-Nya secara mutlak, tak ada satupun dari makhluk-Nya yang dapat menandinginya..

📬 FAEDAH DARI AYAT KE 6 - 11:
📌 1.Diantara bentuk keagungan kekuasaan dan kesempurnaan rahmat Allah bagi hamba-hamba-Nya adalah Allah menjadi bumi terhampar rata, sehingga mereka bisa berjalan, bercocok tanam, mencari penghidupan dan aktivitas yang lainnya dengan mudah dan nyaman.

{وَالْأَرْضَ فَرَشْنَاهَا فَنِعْمَ الْمَاهِدُونَ}

“Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami).” [QS. Adz-Dzaariyaat:48]

{الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ}

“Yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap dan Dia membuat jalan-jalan di atas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk.” [QS. Az-Zukhruf:10]

📌 2.Allah menjadikan gunung-gunung yang menjulang tinggi sebagai pasak bumi, sehingga bumi tenang, tidak bergoncang. Hal ini Allah ciptakan untuk semakin menambah kenikmatan bagi kehidupan manusia.

{وَأَلْقَى فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ}

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. [QS. An-Nahl:15]

📌 3.Dan diantara kesempurnaan rahmat-Nya, Dia menjadikan penghuni bumi ini berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan. Allah tidak menjadikan penghuni bumi ini laki-laki semua atau perempuan semua, tetapi Allah menjadikannya berpasang-pasangan. Ini merupakan bentuk tanda-tanda kekuasaan Allah ‘Azza wa Jalla.

{وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ}

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” [QS. Ar-Ruum:21]

📌 4.Allah menciptakan untuk hamba-hamba-Nya waktu siang yang terang benderang sebagai waktu melakukan berbagai macam aktivitas hidup, kemudian menciptakan tidur dan waktu malam sebagai waktu istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas di siang harinya. Coba bayangkan wahai hamba-hamba Allah, jika tidak ada malam dan rasa kantuk dan tidur untuk beristirahat, tentunya hidup takkan terasa nikmat, bahkan bisa jatuh sakit atau bahkan binasa. Tak diragukan lagi, ini merupakan bentuk kenikmatan yang besar atas hamba-hamba Allah yang wajib untuk disyukuri.

{قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْمَدًا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِضِيَاءٍ أَفَلَا تَسْمَعُونَ (71) قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ سَرْمَدًا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ فِيهِ أَفَلَا تُبْصِرُونَ (72) وَمِنْ رَحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ}

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?" Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?" Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” [QS. Al-Qashash:71-73]

🚪 Wallahu a’lam bish shawab.

----------------------------
✒ Disusun oleh Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawy, 15 Rajab 1437/ 22 Mei 2016_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

🌐 Ikuti pula channel Forum kami di aplikasi TELEGRAM!
https://bit.ly/ForumKIS
-----------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "TAFSIR SURAT AN NABA Ayat ke 6 sd ayat ke 11"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo