Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BAHAGIALAH DENGAN DOA MALAIKAT UNTUKMU

BAHAGIALAH DENGAN DOA MALAIKAT

DOA MALAIKAT TERMASUK DOA YANG PALING DEKAT DIKABULKAN

❓Tanya: "Kami ketahui dari Al Quran dan As Sunnah bahwa malaikat mendoakan manusia pada kesempatan yang berbeda beda.
Pertanyaannya: Apa pentingnya doa malaikat bagi manusia? Apakah doa mereka lebih baik dari doa manusia dengan begitu kemungkinan dikabulkannya lebih besar? Apa keyakinan yang benar dalam masalah ini?

👍🏾Jawab:
Alhamdulillah. Malaikat adalah hamba hamba yang dimuliakan. Mereka tidak bermaksiat kepada Alloh terhadap apa yang Alloh perintahkan kepada mereka, dan selalu melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka.

Mereka diciptakan dengan tabiat untuk mendengar dan taat secara mutlak kepada Alloh Ta'aalaa. Sebab itu doa mereka paling dekat dikabulkan.

🅾Imam Ibnu Bathol رحمه الله berkata
"Telah diketahui bahwa doa malaikat mustajab". Demikian dikutip dari Syarah Shohih Bukhori (3/439).

🅾 Imam As Sindy رحمه الله berkata:
"Doa malaikat lebih diharapkan terkabulnya". Demikian dikutip dari Hasyiyah As Sindy terhadap Sunan Ibni Majah (2/224).

🅾 Imam Abul Hasan Al Mubarokfury رحمه الله berkata:
"Doa malaikat itu mustajab".
Demikian dikutip dari Mir'aatul Mafaatih (5/309). Bisa dilihat di 'Umdatul Qory (8/307) dan At Taisir Bi Syarhil Jamii'ish Shoghiir (1/94).

🅾 Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim (1436) dari Abu Huroiroh رضي الله عنه berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:

إذا دعا الرجل امرأته إلى فراشه فبان غضبان عليها لعنته الملائكة حتى تصبح
Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya, tetapi si istri menolak. Lalu sang suami semalaman marah kepadanya, maka para malaikat melaknatnya sampai pagi".

🅾 Imam Al Hafidh Ibnu Hajar رحمه الله berkata: Ibnu Abi Jamroh berkata:
"Di dalam hadits di atas terdapat dalil tentang maqbulnya doa malaikat, baik berupa kebaikan maupun kejelekan, karena Nabi صلى الله عليه وسلم menakut nakuti dengan itu".
Demikian dikutip dari Fathul Bary (9/295) dan lihat di Dalilul Falihiin karya Ibnu 'Allan (3/109).

🅾Ayat ayat dan hadits tentang doa malaikat bagi beberapa tipe orang orang mukmin, seperti doa mereka buat orang orang yang tobat, doa mereka bagi orang yang mendoakan sodara sodara mereka tanpa sepengetahuan sodara mereka, juga sholawat mereka atas orang orang yang masih tinggal di masjid.
Dan yang semisalnya merupakan dalil bahwa doa mereka adalah keutamaan dan lebih berhak dikabulkan. Terkhusus jika banyak dan berulang ulang.

✅Diriwayatkan oleh Imam Bukhori (445) dan Imam Muslim (649) dari Abu Huroiroh رضي الله عنه bahwa Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:
الملائكة تصلي على أحدكم ما دام في مصلاه الذي صلى فيه ما لم يحدث. تقول: اللهم اغفر له اللهم ارحمه
Malaikat mendoakan salah seorang kalian selama ia tetap di tempat sholatnya (di masjid) selama tidak berhadats (batal wudlunya)

🅾 Imam Ibnu Batthol رحمه الله berkata:
Siapa banyak dosanya, dan ia ingin agar Alloh menggugurkannya dari dirinya tanpa cape cape, caranya pergunakannlah kesempatan menetapi tempat sholatnya setelah sholat jamaah, hendaknya mencari banyaknya doa malaikat dan istighfar malaikat untuknya. Maka itu sangat diharapkn maqbulnya. Ini berdasarkan firman Alloh Ta'aalaa:
لا يشفعون إلا لمن ارتضى
Mereka tidak mensyafaati kecuali orang yang Alloh ridhoi (QS Al Anbiya 28).

Dan Nabiصلى تلله عليه وسلم telah memberitakan bahwa siapa yang ucapan aminnya bertepatan dengan aminnya malaikat, Alloh akan mengampuni dosa dosanya yang telah lalu. Dan aminnya malaikat itu hanya satu kali, yaitu ketika aminnya imam. Sedangkan doa mereka buat orang yang masih duduk di tempat sholatnya ini berlangsung terus selama ia duduk di situ. Maka doa ini lebih pantas untuk dikabulkan".
Sekian dari Syarah Shohih Bukhori (2/95).

🅾 Diriwayatkan Imam Abu Dawud (3641) dari Abu Darda' رضي الله عنه berkata: Aku mendengar Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:
من سلك طريقا يطلب فيه علما سلك الله به طريقا من طرق الجنة. وإن الملائكة لتضع أجنحته رضا لطالب العلم
Siapa menempuh satu jalan untuk mencari ilmu di sana, Alloh akan arahkan dia menempuh salah satu di antara jalan jalan surga. Dan sesungguhnya malaikat benar benar meletakkan sayap sayap mereka karena ridho kepada penuntut ilmu agama.

✅ Imam Ibnu Jamaah رحمه الله berkata:
Ketahuliah bahwasanya tidak ada suatu kedudukan yang lebih tinggi dari kedudukan orang yang para malaikat dan mahluk mahluk lain sibuk mendoakan istighfar dan doa kebaikan untuknya serta mereka letakkan sayap sayap mereka karenanya. Padahal doanya orang sholih atau yang dianggap sholih saja benar benar diperrebutkan. Lalu bagaimana dengan doanya malaikat?
Sekian dari Tadzkirus Saami' (hal 52).

والله أعلم

📚Copas dari grup
مرحبا يا طالب العلم

✍🏾 FIK     الفقير الى عفو ربه ابو يحيى

0 Response to "BAHAGIALAH DENGAN DOA MALAIKAT UNTUKMU"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo