Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

NASAB ROSULULLOH SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم

NASAB RASULULLAH SHALLALLAHU 'ALAIHI WASALLAM

_*Beliau adalah Muhammad Ibnu Abdillah Ibni 'Abdil Mutholib Ibni Hasyim Ibni Abdi Manaf Ibni Qushoy Ibni Kilab*_

Beliau dari Qobilah Qurasy yang mana Quraisy adalah suku yang mulia, qurasy dari keturunan ismail 'Alaihis Sholatu Wasalam, Dan Arob ada 2 jenis menurut pendapat yang masyhur :

1⃣ *Al-Arob Al-'Aribah* mereka adalah Qohthoniyyah.( Asalnya dari yaman )

2⃣ *Al-Arob Al-Musta'ribah* mereka adalah 'Adnaniyyah berasal dari keturunan Ismail 'Alaihis salam, Mereka belajar  bahasa 'Arob dari Arob 'Aribah. Ketika suku Jurhum ( Dari Arob 'Aribah ), Mereka tinggal dimakkah bersama Hajar dan Ismail ketika masih kecil.

Dan Ismail 'Alihis salam waktu itu masih dalam keadaan menyusui, kemudian tumbuh besarlah Nabi Ismail kemudian menjadikan salah seorang wanita suku Jurhum istrinya, kemudian keturunanya disebut 'Arob Musta'ribah atau 'Arob keturunan.

📝 Dan sebagian ulama berpendapat bahwa 'Arob 'Aribah terbagi menjadi dua :

🔹 *'Arob Badiah*
🔸 *'Arob Baqiyah*

📝 Adapun 'Arob Badiah mereka sudah tidak ada, mereka adalah kaumnya Nuh, 'Ad, Tsamud dan Syuaib.

📝 Adapun 'Arob Baqiyyah mereka terbagi menjadi 'Arob 'Aribah dan 'Arob Musta'ribah.

Dan Nabi kita Shalallahu 'Alihi Wasalam dari keturanan Bani Hasyim, dan Hasyim dari keturunan Ismail 'Alaihis Salam. Nama beliu adalah _*Muhammad Ibnu Abdillah Ibni Abdil Mutholib.*_

📝 Dan 'Abdul Mutholib ini sebenarnya bukanlah nama asli beliau. Nama aslinya adalah *Syaibah*, akan tetapi dinamakan 'Abdul Mutholib dikarenakan pamanya yang bernama Mutholib Ibnu Abdi Manaf tiba dari madinah mengambil beliau ( Syaibah ) dalam keadaan masih kecil, Ketika orang-orang melihatnya mereka menyangka bahwa syaibah tersebut adalah budak milik Mutholib, Maka mereka memanggil dengan sebutan Abdul Mutholib ( Budaknya Mutholib- Pent ) Ibnu Hasyim Ibni Abdi Manaf, Dan Abdu Manaf memiliki 4 anak : *Hayim Adalah Kakek buyut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam,dan Mutholib,dan Abdi Syams,dan Naufal*

📝 Banu Hasyim mereka disebut dengan Al Hasyimiyuun, Dan Al Mutholib mreka disebut Al Mutholibiyuun adapun Abdu Syams diantara mereka adalah Utsman Rodhiyallohu 'Anhu, dan diantara mereka adalah Bani Umayyah mereka semua dari Bani Abdi Syams.

📝 Dan Naufal juga memiliki keturunan diantara mereka adalah : Jabir Ibnu Muth'im, dan Hakim Ibnu Hizan.

📝 Dan Ismail adalah kakek moyangnya Arob 'Adnaniyah, dan Ishaq adalah kakek moyangnya Bani Isroil,Semua Nabi dari keturunan Ishaq kecuali nabi kita Alaihis Sholatu Wasalam, Beliau dari keturunan Ismail dan beliau penutup para nabi.

📖 Sumber : *Syarah Al Ushul At Tsalatsah Kry Asy-Syaikh Sholeh Al Fauzan*.

أخوكم الفقير الى عفو ربه الكرعنياري

📚 *FIK*

0 Response to "NASAB ROSULULLOH SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo