Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE bag 1

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (1)

PROLOG
〰〰〰💊

Memasuki musim hujan, Indonesia mengalami peningkatan drastis penderita demam berdarah dengue (DBD). Penyakit DBD merupakan penyakit akibat infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014, DBD dapat ditemukan di seluruh propinsi di Indonesia, dan hampir setiap tahun menyebabkan epidemi pada musim hujan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini antara lain adanya semua serotipe* virus dengue di Indonesia, iklim tropis yang mendukung kehidupan virus dan vektor nyamuk, masih adanya air bersih yang tertampung sebagai media pertumbuhan larva nyamuk Aedes aegypti serta peningkatan curah hujan.

GEJALA DB
〰〰〰〰💊
LEBIH SERING TERJADI & BISA LEBIH BERBAHAYA JIKA DIALAMI ANAK-ANAK

Lebih sering terjadi dan bisa lebih berbahaya jika dialami oleh anak. Secara teoritis, Seseorang anak dapat mengalami infeksi dengue lebih dari satu kali, karena virus dengue mempunyai empat serotipe. Pada anak, respons imun terhadap infeksi virus dengue belum sempurna sehingga hasil akhir infeksi adalah kerusakan dinding pembuluh darah dan perembesan plasma darah.

PENAMPAKAN GEJALA DB
Manifestasi klinis DBD sangat luas, yaitu dari infeksi tanpa gejala, gejala ringan, sampai gejala berat bahkan kematian.

KENAPA BISA BERBEDA-BEDA DB PADA SETIAP ORANG?
Banyak faktor yang mempengaruhi berat-ringannya manifestasi infeksi dengue, antara lain faktor usia, status gizi, serotipe virus, serta adanya komorbiditas* penyakit lain. Hal yang berbahaya dari DBD adalah perdarahan yang berat dan renjatan (kurangnya cairan dalam pembuluh darah yang mengganggu perfusi ke jaringan tubuh).

KAPAN ORTU HARUS
MEMBAWA ANAK BEROBAT?
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰💊

Orang tua disarankan membawa anaknya berobat ke fasilitas kesehatan jika anak mengalami hal berikut:
✔️Demam berlangsung lebih dari 3 hari, tidak turun setelah pemberian obat penurun panas
✔️Demam disertai bintik-bintik merah di kulit yang tidak hilang dengan penekanan (ditekan dengan gelas : ambil gelas, tekan bagian bintik-bintik dengan gelas tersebut. Lihatlah bintik tersebut, jika tidak hilang, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat)
✔️Demam disertai perdarahan spontan dari n
-mulut (misalnya: bibir pecah-pecah dan berdarah,gusi berdarah)
-hidung (misalnya : mimisan)
-atau tempat lain yang tidak biasa (misalnya: air mata keluar darah, kencing berdarah, bab berdarah*, muntah darah*)
✔️Demam yang disertai penurunan kadar trombosit, penurunan kadar leukosit, dan peningkatan hematokrit (hal ini hanya dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium)
✔️Terdapat penderita DBD di sekitar tempat tinggal atau sekolah
✔️Anak cenderung tidur dan sulit dibangunkan, meracau, ujung – ujung jari teraba dingin SAAT BEBAS DEMAM* (kemungkinan anak mengalami renjatan)
✔️Demam yang disertai dengan tanda bahaya DBD seperti muntah-muntah yang sering, sakit perut hebat atau buang air kecil yang berkurang atau tidak ada dalam 4-6 jam terakhir

________________________
Keterangan tambahan *

*serotipe : pengelompokkan virus berdasarkan pemeriksaan laboratorium
*manifestasi : perwujudan
*bab  dan muntah berdarah : bisa jadi warna darah Segar atau warna hitam seperti kopi/ter.
📝WA INKES

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (2)

Penderita DBD Perlu Diobservasi
Secara Kontinyu
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰📌📌

Pada penderita DBD diperlukan pemantauan atau observasi terus-menerus, terutama pada fase kritis(hari bebas demam).

Pada beberapa penderita yang dirawat, tujuan perawatan adalah untuk menjamin observasi dan menjaga volume cairan pembuluh darah yang memadai.

Anak sebaiknya SEGERA DIBAWA BEROBAT jika mengalami hal tersebut, untuk mencegah anak jatuh dalam kondisi yang lebih berat.

Jika anak telah mengalami renjatan(syok), maka pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh berkurang dan menyebabkan kerusakan organ. Pada kondisi ini penyakit akan lebih sulit ditangani.

Kapan Harus
Periksa Darah?
〰〰〰〰〰📌📌
Pemeriksaan darah pada anak dengan demam sebaiknya dilakukan paling tidak pada hari  ke-3 sampai ke-4 sejak timbul demam.

Pemeriksaan yang disarankan adalah hemoglobin, hematokrit, trombosit, leukosit dan hitung jenis. Atau Antum bisa lakukan cek darah lengkap.

Antibodi terhadap dengue dapat diperiksa dengan NS1 (hari sakit ke 1 – 2) atau IgM Dengue (sejak hari sakit ke-5).

PENTING Antum ketahui
Tentang TROMBOSITOPENIA:
〰〰〰〰〰〰〰〰〰📌📌📌
Kadar trombosit yang rendah (trombositopenia) tidak selalu berarti DBD, apalagi bila kadarnya belum di bawah 100.000 /uL.

Penyakit infeksi virus lain yang tidak spesifik, penyakit idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), sepsis, dan infeksi jamur juga menyebabkan trombositopenia.

Pemberian Cairan
〰〰〰〰〰📌📌
Sebelum dibawa berobat, anak dapat diberikan cairan rumah tangga sebanyak yang anak mampu. Cairan yang dianjurkan untuk penderita DBD adalah cairan yang mengandung mineral (cairan isotonik kaleng, air putih dengan garam dan gula, atau oralit).

⚠️Pemberian jus jambu, angkak, atau kurma untuk penderita DBD belum terbukti bermanfaat secara ilmiah dan belum bisa dijadikan pedoman.

⚠️Tidak ada larangan untuk memberikan cairan tersebut kepada penderita DBD. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada anak yang sedang sakit, pemberian minum yang bercitarasa tajam dapat memancing muntah. Muntah yang berlebihan dapat memperburuk kondisi anak.

✏️Dinukil dari situs idai.or.ID dengan beberapa perubahan seperlunya.
📝WA INKES

0 Response to "WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE bag 1"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo