Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SEKILAS BIOGRAFI SYAIKH ABDURRAHMAN BIN NASHIR AS-SA’DIY

SEKILAS BIOGRAFI SYAIKH ABDURRAHMAN BIN NASHIR AS-SA’DIY

Nama beliau:  Abu Abdillah Abdurrahman bin Nashir bin Abdillah bin Nashir bin Hamd Aalu Sa’diy. Berasal dari kabilah Bani Tamim. Dilahirkan di Unaizah pada 12 Muharram 1307 H/7 September 1889 M.
Saat berusia 4 tahun ibu beliau meninggal. Kemudian pada usia 7 tahun, ayah beliau meninggal. Kemudian diasuh oleh ibu tiri beliau (istri ayahnya) dengan penuh kasih sayang, bahkan terlihat seakan-akan ibu tiri lebih mencintai beliau dibandingkan anak-anak kandungnya sendiri. Kemudian ketika sudah berusia muda, beliau tinggal bersama kakak beliau, Hamd dan tumbuh dalam kehidupan yang baik.

Beliau hafal al-Quran sebelum melampaui usia 12 tahun, di bawah asuhan Syaikh Sulaiman ad-Daamigh. Beliau mengisi waktunya dengan sibuk mempelajari ilmu. Di antara yang dihafal oleh beliau adalah: Umdatul Ahkaam, Daliilut Thoolib, kebanyakan nadzhom Ibnu Abdil Qowiy (sekitar 14 ribu baris berakhiran huruf daal tentang fiqh Hanbaliy), dan mayoritas Nuuniyyah Ibnul Qoyyim. Saat beliau berusia 23 tahun, mulai mengajar, di samping tetap meneruskan belajar.

Banyak terpengaruh dengan karya-karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan muridnya, Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah. Hal itu mewarnai karya-karya Syaikh Abdurrahman as-Sa’diy dalam detailnya penjelasan, keindahan ungkapan, semangat mengikuti dalil dan meninggalkan taklid.

☑Guru-guru beliau, di antaranya:
1⃣Syaikh Ibrahim bin Hamd bin Jaasir, mengambil ilmu hadits.
2⃣Syaikh Muhammad bin Abdil Karim asy-Syibl, belajar ilmu fiqh dan nahwu dari beliau.
3⃣Syaikh Sulaiman bin Utsman al-Qoodhiy, mempelajari Tauhid, Tafsir, Fiqh dan Ushul-nya. Bermulazamah dengan beliau lebih dari 20 tahun.
4⃣Syaikh Ali bin Nashir Abu Waadiy, membaca hadits-hadits dalam Kutubus Sittah dan mendapatkan ijazah periwayatan darinya.
5⃣Syaikh Ibrahim bin Sholih bin Isa, mendapatkan ijazah periwayatan-periwayatan hadits.
6⃣Syaikh Muhammad al-Amiin Mahmud asy-Syinqithiy, membaca di hadapan beliau tafsir, hadits, mustholah, ilmu bahasa Arab seperti Nahwu, Shorof, dan semisalnya.

☑Semangat Beliau dalam Mengajar:
Beliau menyampaikan pelajaran di waktu-waktu: setelah terbit matahari, waktu Dhuha, sebelum dan setelah sholat Ashar, setelah Maghrib hingga Isya.

☑Murid-murid Beliau, di antaranya:
1⃣Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin
2⃣Syaikh Abdullah bin Abdirrahman al-Bassam (penulis Taisiirul Allam syarh Umdatil Ahkaam dan Taudhiihul Ahkaam syarh Bulughil Maraam).

☑Akhlak Beliau:
Beliau dikenal sebagai seorang yang sangat baik akhlaknya. Sangat penyayang dan dermawan pada kaum fakir. Zuhud dalam kehidupannya. Sedikit bicara. Beliau berbicara hanya jika memberi faidah. Keluhuran akhlak beliau yang menakjubkan bisa disimak secara detail dalam tulisan anak beliau Muhammad dan cucu beliau Musa’id bin Abdillah as-Sa’diy berjudul “Mawaaqif Ijtimaa’iyyah min Hayaatisy Syaikh al-‘Allaamah Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy”.

☑Karya-karya Beliau, di antaranya:
1⃣Al-Qoulus Sadiid fii Maqooshidit Tauhiid
2⃣Taisiirul Kariimur Rahmaan fii Tafsiiri Kalaamil Mannan
3⃣Taisiirul Lathiifil Mannaan fii Khulaashoti Tafsiiril Qur’aan
4⃣Bahjatu Quluubil Abraar wa qurrotu ‘uyuunil Akhyaar bi syarhi Jawaami’il Akhbaar
5⃣Al-Qowaa’idul Hisaan li Tafsiiril Qur’aan
6⃣Al-Mukhtaroot al-Jaliyyah minal Masaailil Fiqhiyyah
7⃣Irsyaadu Ulil Bashoo-ir wal Albaab li nailil fiqhi bi aqrobit Thuruq wa aysaril Asbaab
8⃣Al-Wasaailul Mufiidah fil Hayaatis Sa’iidah
9⃣Manhajus Saalikin wa Taudhiihul Fiqhi fid Diin

☑Masa Wafatnya
Menjelang akhir hayatnya beliau sakit sehingga harus berobat ke Libanon selama 2 bulan. Sempat pulang kembali beraktifitas. Beliau wafat di usia 69 tahun pada Kamis menjelang Subuh, 23-6(Jumadits Tsani)-1376 Hijriyah/ 24 Januari 1957 M.

📋Rujukan: ad-Daliil alaa Manhajis Saalikiin
<< disampaikan dalam kajian Fiqh Manhajus Salikin ba’da Maghrib, 19 Jumadil Awwal 1438 H/ 14 Feb 2017 M di Masjid al-Fauzan Sumberlele Kraksaan Probolinggo – Abu Utsman Kharisman >>

💡💡📝📝💡💡
WA al I'tishom ~ @goresanfawaid

🌅 @salafysolo
╚═══════🔎📚

0 Response to "SEKILAS BIOGRAFI SYAIKH ABDURRAHMAN BIN NASHIR AS-SA’DIY"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo