Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

mengangkat tangan ketika berdo'a tidak disyariatkan di beberapa tempat

🍃🍁🍃🍁🍃🍁🍃🍁🍃🍁
👐💬 HUKUM MENGANGKAT TANGAN UNTUK BERDO'A SETELAH SHOLAT 👐💬
----------------------------📌

💺📚 Asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz Bin Baaz رحمه الله

❓ السؤال: 💐

👐💦   ما رأي سماحتكم في رفع اﻷيدي للدعاء بعد صلاة؟ وهل هناك فرق بين صلاة الفريضة والنافلة؟

✅ الجواب: 🌹

💯💐 رفع اﻷيدي في الدعاء سنة ومن أسباب اﻹجابة لقول النبي صلى الله عليه وسلم: إن ربكم حيي كريم يستحي من عبده إذا رفع يديه إليه أن يردهما صفرا (أخرجه أبو داود والترمذي وابن ماجه، وصححه الحاكم من حديث سلمان الفارسي).
وقوله صلى الله عليه وسلم:

🍛🌸 إن الله تعالى طيب ﻻ يقبل إﻻ طيبا وإن الله أمر المؤ منين بما أمر به المرسلين فقال سبحانه: يا أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم والله إن كنتم  إياه تعبدون (البقرة : ١٧٢). وقال عز وجل: يا أيها الرسل كلوا من الطيبات واعملوا صالحا إني بما تعملون عليم (المؤ منون: ٥١)

👣🌾 ثم ذكر الرجل يطيل السفر أشعث أغبر يمد يديه إلى السماء: يا رب، يا رب، ومطعمه حرام، ومشربه حرام، ومشربه حرام، وملبسه حرام، وغذي بالحرام، فأني يستجاب لذلك؟ ! (رواه مسلم).

🚫⚠لكن ﻻ يشرع زفعهما في الواضع التي وجدت في عهد النبي صلى الله عليه وسلم ولم يرفع فيها؛
1⃣ كأدبار الصلوات الخمس،
2⃣ وبين السجدتين،
3⃣ وقبل التسليم من الصﻻة،
4⃣ وحين خطبة الجمعة والعيدين؛

❎💐 ﻷن النبي صلى الله عليه وسلم لم يرفع في هذه المواضع. وهو عليه الصلاة والسلام اﻷسوة الحسنة فيما يأتي ويذر،

☑🌻لكن إذا استسقى في خطبة الجمعة أو خطبة العيدين  شرع له رفع اليدين بعدها في الدعاء عمﻻ بعموم اﻷدلة، لكن اﻷفضل عدم المواظبة على ذلك، ﻷن ذلك لم يثبت فعله عن النبي صلى الله عليه وسلم

🌸✔ ولو فعله بعد كل نافلة لنقل ذلك عنه، ﻷن الصحابة رضي الله عنهم قد نقلوا أقواله وأفعاله في سفره وإقامته، وسائر أحواله صلى االه عليه وسلم ورضي الله عنهم جميعا. أما الحديث المشهور أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((الصّلاة تضرع وتخشع وأن تقنع-أي أن ترفع يديك- تقول : يا رب يا رب)). فهو حديث ضعيف، كما أوضح ذلك الحافظ ابن رجب وغيره. والله ولي التوفيق.

〰〰〰🍁🌾🍁〰〰〰〰

❓PERTANYAAN 🍃

👐 💦 Bagaimana pendapat anda mengenai mengangkat tangan untuk berdo'a setelah sholat? Dalam hal ini adakah perbedaan antara sholat fardhu dengan sholat naafilah (sunnah)?

✅JAWABAN 🌹

💯💐 Mengangkat tangan ketika berdo'a adalah sunnah, dan merupakan salah satu sebab dikabulkannya do'a, berdasarkan sabda Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam:

إن ربكم حيي كريم يستحي من عبده إذ رفع يديه إليه أن يردهما صفرا

"Sesungguhnya Robb kalian Maha Malu dari hamba-hamba-Nya, apabila dia mengangkat kedua tangannya (berdo'a) kepada-Nya, lalu mengembalikan keduanya dalam keadaan hampa." Juga berdasarkan sabda Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam:

🍛🌸 إن الله تعالى طيب ﻻ يقبل إﻻ طيبا وإن الله أمر المؤ منين بما أمر به المرسلين فقال سبحانه:
يا أ يها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم والله إن كنتم  إياه تعبدون (البقرة: ١٧٢).  وقال عز وجل: يا أيها الرسل كلوا من الطيبات واعملوا صالحا إني بما تعملون عليم (المؤ منون: ٥١)

🍛🌸 "Sesungguhnya Alloh Ta'ala itu baik, dan tidak menerima kecuali yang baik-baik. Dan Alloh telah memerintahkan oran-orang yang beriman dengan Dia (Alloh) perintahkan kepada para Rosul. Alloh Subhanahu Wa ta'ala berfirman:
- "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizqi yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Alloh, jika benar-benar kepada-Nya kamu beribadah." (QS. AL BAQOROH: 172)
- Dan Dia (Alloh) berfirman: "Hai Rosul-Rosul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah Amalan yang sholih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. AL-MU'MINUN: 51).

👣🌾Kemudian beliau menyebutkan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan panjang hingga rambutnya kusut dan bajunya berdebu.
Dia mengangkat kedua tanganya ke langit seraya berseru: "Wahai Robb-ku. Sementara makanannya dari yang haram. Maka mana mungkin do'anya dikabulkan?" [[HR.Muslim. [dalam bab Qobuulush shodaqoh minal kasab (no.1015)]].

🚫⚠ Akan tetapi, mengangkat tangan ketika berdo'a tidak disyariatkan di beberapa tempat yang memang di zaman Rosululloh Shollallohu 'Alaihi Wasallam beliau tidak mengangkatnya.
Tempat-tempat tersebut di antaranya:

1⃣ Ketika berdo'a setelah sholat fardhu lima waktu
2⃣ Ketika berdo'a di antara dua sujud,
3⃣ Ketika berdo'a sebelum salam di dalam sholat,
4⃣ Ketika khutbah jum'at dan khutbah dua hari raya ('Idul Fitri dan 'Idul Adh-dha).

☑🌻 Hal itu karena Nabi Sholallohu Alaihi Wasallam tidak mengangkat tangannya di tempat-tempat tersebut. Dan Nabi Sholallohu Alaihi Wasallam merupakan teladan terbaik dalam melakukan ataupun meninggalkan sesuatu. Akan tetapi, jika dalam khutbah jumat atau khutbah dua hari raya tersebut khotib berdo'a meminta hujan (istisqaa'), maka disyariatkan baginya mengangkat tangan, sebagaimana yang dilakukan Nabi Shollalohu Alaihi Wasallam.

🌸✔Adapun setelah sholat sunnah, saya tidak mengetahui adanya larangan mengangkat tangan ketika berdoa setelahnya. Maka keumuman dalil-dalil menunjukkan bolehnya mengangkat tangan ketika berdo'a setelah Sholat sunnah. Akan tetapi yang lebih utama adalah tidak menjadikannya sebagai kebiasaan yang dirutinkan. Karena hal itu tidak ditetapkan dari perbuatan Nabi Sholallohu Alaihi Wasallam. Seandainya Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam melakukannya setelah setiap sholat sunnah, niscaya akan ada keterangan tentangnya. karena para shahabat Rodhiyallohu 'Anhum menerangkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Nabi Sholallohu Alaihi Wasallam, baik dalam perjalanan, di kampung halaman, maupun dalam segala keadaan beliau Sholallohu 'Alaihi Wasallam. Adapun hadits yang terkenal bahwa Nabi Sholallohu Alaihi Wasallam bersabda:

الصّلاة تضرع وتخشع وأن تقنع أي ترفع يديك تقول يا رب، يا رب.

"Sholat itu merendah diri, khusyu' dan engkau angkat tanganmu seraya mengucapkan:"Wahai Robb-ku, Wahai Robb-ku."
Maka hadits di atas dhoif, sebagaimana dijelaskan oleh al-Hafizh Ibnu Rojab dan selainnya. Alloh-lah pemberi taufiq.

               〰〰🌴🌴🌴〰〰

📚 SUMBER: FATAWA MUHIMMAH TATA'ALLAQU BISH SHOLAAH

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

========================
🌎 WhatsApp Riyadhul Jannah
========================
🌿🌸🍃💐🍁🍃🌾🌿🌸

0 Response to "mengangkat tangan ketika berdo'a tidak disyariatkan di beberapa tempat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo