Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MAKNA HADITS: "RUH-RUH ITU LAKSANA PASUKAN YANG BERSATU"

🎒🎓🎁
--------------  
🔗 MAKNA HADITS: "RUH-RUH ITU LAKSANA PASUKAN YANG BERSATU"

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ

🎓 Oleh:
Asy Syaikh Muhammad bin Hady Al Madholy hafidzahullah

                               ✹✹✹

📞PERTANYAAN :

Ini penanya mengajukan satu soal, ia katakan: "Semoga Allah memberkahi Anda - semoga Anda juga demikian wahai penanya - , ia katakan:
سلام عليك،

"kesejahteraan atas Anda"

Aku jawab:

و عليك السلام  و رحمة الله و بركاته،

"dan kesejahteraan، rahmat Allah, dan barokah-Nya atas Anda pula".

Apa yang dimaksud  sabda Beliau ﷺ :

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ

"Ruh-ruh itu laksana pasukan yang bersatu." ?

🔓JAWABAN:

Nabi ﷺ berkata dalam menjelaskan hal itu:

فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

❗"Maka apa yang ruh-ruh saling mengenal maka ia pasti bersatu dan apa yang ruh-ruh itu saling mengingkari maka ia pasti berselisih."

👉Suatu pasukan akan saling mengenal antara mereka sehingga seorang pasukan tidak akan berlindung kecuali kepada yang setipe dengannya dan akan berlari menghindar dari musuhnya dan ia akan memeranginya.

MAKA demikianlah jiwa dan demikian pula ruh-ruh itu apabila bertemu dalam satu keimanan, akhlak, dan amal shalih pasti jasad-jasadnya akan saling berdekatan bersahabat. Inilah maknanya.

Sesungguhnya hati manusia itu benar-benar seumpama pasukan yang berkumpul (bersatu)...Sabda Rasulullah ﷺ maka siapa yang "ini" ada padanya akan berbeda (hasilnya): apa yang saling mengenal maka akan bersatu...dan apa yang saling mengingkari akan berselisih.

▪Al-Ashma'iy  berkata:

إذا تلاقت القلوب تقاربت القلوب في النسبة تلاقت الأبدان بالصحبة"إذا كان القلبُ صالحًا فلا يأوي إلا إلى الصالح، وإذا كان القلبُ طالحًا فلايأوي إلا إلى الطالِح،

彡 "Apabila hati-hati makhluk itu saling bertemu pasti hati-hati tersebut saling mendekat dalam penisbahan dan jasad-jasadnya saling bertemu dalam persahabatan.

Seandainya suatu hati itu shalih maka tidak akan cenderung kecuali kepada kepada kebaikan. Dan seumpamanya hati itu tholih(jahat) maka tidak akan condong kecuali kepada kejelekan.

☝Maka dari itu, pelaku kefasikan satu dengan lainnya saling tertarik dan berakar urat(menguatkan). Pelaku amal kebaikan akan terkait satu dengan lainnya. Pelaku bid'ah dan pengikut hawa nafsu terpikat satu dengan yang lainnya. Dan demikian ini segala sesuatu terpaut kepada yang semisalnya. Segala sesuatu terpikat kepada yang mirip dengannya.

🌂(Pujangga Arab berkata:)

الضدُّ يُظهرُ حُسنهُ الضدُّ ...وبضدها تتميزُ الأشياءُ

彡 "Lawan (anonim) sesuatu, akan menampakkan keindahan sesuatu dengan lawannya itu.

彡 Dan dengan lawan(anonim) sesuatu akan terbedakan segala sesuatu."

❗SEHINGGA apabila kamu jauh dari pelaku kejelekan maka diketahui bahwa kamu termasuk golongan orang baik. Dan seandainya engkau dekat dengan orang-orang jelek kelakuannya, diketahui dengannya bahwa engkau tergolong pelaku kejelekan.

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِل

彡 "Seseorang itu sesuai agama teman karibnya maka lihatlah masing-masing kalian dengan siapa ia berteman"-- Nabi ﷺ mengucapkannya--.

___________________
📮ما معنى حديث [الأرواح جنود مجندة] ؟
الشيخ:محمد بن هادي المدخلي
القسم:الحديث|تاريخ الفتوى:25/02/2015

السؤال:

هذا سائلٌ يسأل فيقول: بارك اللهُ فيكم - وفيك أيضًا أيها السائليقول: سلامٌ عليك أقول: وعليك السلام ورحمة الله وبركاته،ما معنى قولهُ [الأرواح جنود مجندة] ؟

الجواب:

يقول في ذلك النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-:))فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ((،فالجندُ يتعارفون فيما بينهم، فلا يأوي الجُندي إلا إلى من يوافقهُ، وينفرُ من عدوِّهِ ويُحاربهُ، فهكذا النفوس، وهكذا الأرواح، إذا تلاقت في الإيمان والأخلاقِ والأعمال الصالحةِ، تقاربت الأبدان بالمُصاحبة،

هذا معناه،إن القلوب لأجناد مجندة ... قول الرسول فمن ذا فيه يختلففما تعارف منها فهو مؤتلف ... وما تناكر منها فهو مختلف،

❗يقول الأصمعي - رحمه الله تعالى-:"إذا تلاقت القلوب تقاربت القلوب في النسبة تلاقت الأبدان بالصحبة"إذا كان القلبُ صالحًا فلا يأوي إلا إلى الصالح، وإذا كان القلبُ طالحًا فلايأوي إلا إلى الطالِح،

🚩فأصحابُ الفسقِ مُنجرٌّ بعضهم، ومنجذبٌ بعضهم إلى بعض، وأصحابُ الصلاحِ منجذبٌ بعضهم إلى بعض، وأصحابُ البدعِ والأهواءِ منجذبٌ بعضهم إلى بعض، وهكذا كُلُّ شيءٍ ينجذبُ إلى نظيرهِ، كُلُّ شيءٍ ينجذبُ إلى نظيرهِ،

الضدُّ يُظهرُ حُسنهُ الضدُّ ...وبضدها تتميزُ الأشياءُ

فإذا بعدت عن أصحاب الشّر عُرِفَ أنك من أصحاب الخير، وإذا اقتربت من أصحاب الشّر عُرِفْت أنك من أصحاب الشرّ،))الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلْ((يقولهُ النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم.

                    ~~~~~~ ❁ ✺ ❁ ~~~~~~

🌐 Sumber:
http://ar.miraath.net/fatwah/10964
[audio durasi 02:15]

✒ Alih Bahasa:
Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy حفظه الله - [FBF-5]
                
                                    ✲✲✲

____________________
 مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
📌WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

0 Response to "MAKNA HADITS: "RUH-RUH ITU LAKSANA PASUKAN YANG BERSATU""

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo