Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Waspada Penggunaan Rhodamin B pada Makanan Kita

🌷🌷🌷🌷🌹🌹🌷🌷

بسم الله الرحمن الرحيم

🚦❗ Waspada Penggunaan Rhodamin B pada Makanan Kita
_________________________

👉Penggunaan zat pewarna baik alami maupun buatan sebagai bahan tambahan makanan telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 033 tahun 2012 mengenai Bahan Tambahan Pangan.
Dalam permenkes tersebut juga disebutkan bahan tambahan yang dilarang digunakan pada pangan, diantaranya pewarna sintetis Rhodamin B.

👉Rhodamin B merupakan pewarna sintetis berbentuk serbuk kristal, berwarna hijau atau ungu kemerahan, tidak berbau, dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar/berfluorosensi.

👉Rhodamin B merupakan zat warna golongan xanthenes dyes yang digunakan pada industri tekstil dan kertas, sebagai pewarna kain, kosmetika, produk pembersih mulut, dan sabun.

✏Nama lain rhodamin B adalah D and C Red no 19. Food Red 15, ADC Rhodamine B, Aizen Rhodamine, dan Brilliant Pink.

👉⚠ Penggunaan rhodamin B dalam pangan tentunya berbahaya bagi kesehatan.
Rhodamin B sering digunakan sebagai pewarna makanan karena harganya relatif lebih murah, warna yang dihasilkan lebih menarik dan tingkat stabilitas warnanya lebih baik daripada pewarna alami.
👉❌ Rhodamin B sering disalahgunakan pada pembuatan kerupuk, terasi, cabe merah giling, agar-agar, aromanis/kembang gula, manisan, sosis, sirup, minuman, dan lain-lain.

🌷 Ciri-ciri pangan yang mengandung rhodamin B antara lain:

☑  warnanya cerah mengkilap dan lebih mencolok,
☑ terkadang warna terlihat tidak homogen (rata), ada gumpalan warna pada produk, dan bila dikonsumsi rasanya sedikit lebih pahit.
☑ Biasanya produk pangan yang mengandung rhodamin B tidak mencantumkan kode, label, merek, atau identitas lengkap lainnya.

🌷 Bahaya Rhodamin B bagi Kesehatan       
 
👉Menurut WHO,  Rhodamin B mengandung senyawa klorin (Cl). Senyawa klorin merupakan senyawa  halogen yang berbahaya dan reaktif. Jika tertelan, maka senyawa ini akan mengikat senyawa lain dalam tubuh, hal inilah yang bersifat racun bagi tubuh.
👉Konsumsi rhodamin B dalam jangka panjang dapat terakumulasi di dalam tubuh dan dapat menyebabkan gejala pembesaran hati dan ginjal, gangguan fungsi hati, kerusakan hati, gangguan fisiologis tubuh, atau bahkan bisa menyebabkan timbulnya kanker hati.

🌷  Pencegahan Keracunan 

✋ Hindari penggunaan rhodamin B dalam pangan dan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung rhodamin B.
Lebih lengkapnya, untuk mencegah efek jangka panjang dari rhodamin B akibat tertelan secara tidak sengaja, maka lebih baik dilakukan tindakan
pencegahan dalam memilih pangan, dengan cara:

🔍 1. Lebih teliti dalam membeli produk pangan, misalnya dengan menghindari jajanan yang berwarna terlalu menyolok, terutama jajanan yang dijual di pinggir jalan.

❌ 2. Selain itu, hindari pangan kemasan yang tidak memiliki nomor izin edar MD/ML/PIRT.

❌  3. Tidak membeli produk yang tidak mencantumkan informasi komposisi pada labelnya.

💻 http://klubpompi.pom.go.id/id/index.php/edukasi/artikel/item/319-waspada-penggunaan-rhodamin-b-di-makanan-kita

و الله أعلم بالصواب

::::::::::::🌳🍃🌳🍃🌳::::::::::::

0 Response to "Waspada Penggunaan Rhodamin B pada Makanan Kita"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo