Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BERLEBIH-LEBIHAN DALAM MAHAR

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
💍💰 BERLEBIH-LEBIHAN DALAM MAHAR 💰💍
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

💺📚 ASY-SYAIKH 'ABDUL 'AZIZ IBNU BAAZ رحمه اللّٰه

💍💰[[ حكم المغاﻻة في المهور ]]

🍃السؤال❓

✔💰 أرى ويرى الجميع أن الكثير من الناس يبالغون في المهور ويطلبون عند تزويجهم بناتهم مبالغ كبيرة، إضافة إلى بعض الشروط اﻷخرى...... فهل هذه اﻷموال التي تؤخذ حلال أم حرام؟

✅ الجواب💐

👑🌱 المشروع تخفيف المهر وتقليله، وعدم المنافسة في ذالك؛ عملا باﻷحاديث الكثيرة الواردة في ذالك، وتسهيلا للزواج وحرصا على عفة الشباب والفتيات. وﻻ يجوز للأولياء اشتراط أموال ﻷنفسهم؛ ﻷنه ﻻ حق لهم في ذلك، بل الحق للمرأة وحدها،- إﻻ اﻷب خاصة فله أن يشترط ما ﻻ يضر البنت وﻻ يعوق تزويجها، وإن ترك ذلك فهو خير له و أفضل. وقد قال الله سبحانه:

📚💡{{ لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة }}

☔🌾 وكلما كنت التكاليف أقل وأيسر سهل إعفاف الرجال والنساء، وقلت السفاح، وتعطل الشباب والفتيات إﻻ من شاءالله.

☑🌻 فنصيحتي لجميع المسلمين في كل مكان تيسير النكاح وتسهيله، والتعاون في ذلك، والحذر كل الحذر من المطالبة بالمهور الكثيرة، والحذر أيضا من التكلف في الوﻻئم، واﻻكتفاء بالوليمة الشرعية التي ﻻ تكلف الزوجين كثيرا. أصلح الله حال المسلمين جميعا، ووفقهم للتمسك بالسنة في كل شيء.

📚 [[ الشيخ ابن باز - كتاب الدعوة - الفتاوى (١) ص  (١٦٦-١٦٨).
~~~~~~~~💰💰💰~~~~~~~~

🍃PERTANYAAN❓

✔💰Saya melihat dan semua juga melihat bahwa kebanyakan orang saat ini berlebih-lebihan di dalam meminta mahar dan mereka menuntut uang yang sangat banyak (kepada calon suami) ketika akan menikahkan putrinya, ditambah dengan syarat-syarat lain yang harus dipenuhi. Apakah uang yang diambil dengan cara seperti itu halal ataukah haram hukumnya?

✅ JAWABAN💐

👑🌱 Seharusnya para wali (Ayah) segera menikahkan puteri-puterinya apabila dipinang oleh laki-laki yang setara, apabila jika mereka ridho. Rosululloh Shollallohu 'Alaihi Wasalam telah bersabda:

◽🌻 إذا خطب إليكم  من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إﻻ تفعلوا تكن فتنة في  اﻷرض وفساد عريض.

"Apabila datang kepadamu orang yang kamu ridhoi agama dan akhlaqnya untuk meminang (puterinya) maka nikahkanlah dia, sebab jika tidak, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan malapetaka yang sangat besar.

🐾🌵 خير الصداق أيسره

"Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah."

🌹🎁 Ketika Rosululloh Shollallohu 'Alaihi Wasallam hendak menikahkan seorang shahabat dengan wanita yang menyerahkan dirinya kepada beliau, beliau bersabda:

💍🌸 إلتمس ولو خاتما من حديد

"Carilah sekalipun cincin yang terbuat dari besi."
{Riwayat  al -Bukhori}.

📒🌿 Ketika shahabat itu tidak menemukannya, maka Rosululloh menikahkannya dengan mahar "mengajarkan beberapa surat al-Qur'an kepada calon isterinya."

💎💐 Mahar yang diberikan Rosululloh Shollallohu 'Alaihi Wasallam kepada isteri-isterinya pun hanya bernilai 500 dirham, yang pada saat ini senilai 130 riyal (kira-kira Rp. 250.000,-),

💶💍 Sedangkan mahar puteri-puteri beliau hanya senilai 400 dirham, yaitu kira-kira 100 riyal (Rp. 200.000,-). Dan Alloh telah berfirman:

💡📚 {{ لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة}}

"Sesungguhnya telah ada pada diri Rosululloh suri tauladan yang baik." (Al-Ahzab: 21).

☔🌾 Manakala beban pernikahan itu semakin sederhana dan mudah, maka semakin mudahlah penyelamatan terhadap kesucian kehormatan laki-laki dan wanita dan semakin berkurang pulalah (zina) perbuatan keji dan kemungkaran, dan jumlah umat islam semakin bertambah banyak. Semakin besar dan tinggi beban perkawinan dan semakin ketat perlombaan mempermahal mahar, maka semakin berkuranglah pernikahan, maka semakin menjamurlah perbuatan zina serta pemuda dan pemudi akan tetap membujang, kecuali orang yang dikehendaki Alloh.

☑🌻 Maka nasehat saya kepada seluruh kaum muslimin dimana saja mereka berada adalah agar mempermudah urusan nikah dan saling tolong menolong dalam hal itu. Hindari, dan hindarilah perilaku menuntut mahar yang mahal, hindari pula sikap memaksa diri di dalam pesta perkawinan. Cukuplah dengan pesta yang dibenarkan syariat yang tidak banyak membebani kedua mempelai.
Semoga Alloh memperbaiki kondisi kaum muslimin semuanya dan memberi taufiq kepada mereka untuk tetap berpegang teguh kepada sunnah di dalam segala hal.

______________
📚 Sumber: ASY-SYAIKH IBNU BAAZ; KITABUD DA'WAH, AL-FATAWA (1): hlm. 166-168.

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

========================
🌎 WhatsApp Riyadhul Jannah
========================
🌿🌸🍃💐🍁🍃🌾🌿🌸

0 Response to "BERLEBIH-LEBIHAN DALAM MAHAR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo