Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MUTIARA HADITS KELEMBUTAN NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM KEPADA ANAK-ANAK : KELEMBUTAN NABI DALAM MENGHORMATI ANAK KECIL

💎 MUTIARA HADITS KELEMBUTAN NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM KEPADA ANAK-ANAK:

🔖 HADITS KEDUA 🔖

🌴 KELEMBUTAN NABI DALAM MENGHORMATI ANAK KECIL ☕

🔊 عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: أُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَدَحٍ، فَشَرِبَ مِنْهُ، وَعَنْ يَمِينِهِ غُلاَمٌ أَصْغَرُ القَوْمِ، وَالأَشْيَاخُ عَنْ يَسَارِهِ، فَقَالَ: «يَا غُلاَمُ أَتَأْذَنُ لِي أَنْ أُعْطِيَهُ الأَشْيَاخَ»، قَالَ: مَا كُنْتُ لِأُوثِرَ بِفَضْلِي مِنْكَ أَحَدًا يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَأَعْطَاهُ إِيَّاهُ.

🔊 “dari Sahl bin Sa'ad radhiyallahu 'anhu, ia berkata; Disodorkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam segelas minuman, lalu Beliau meminumnya sementara disamping kanan Beliau ada seorang anak kecil yang paling muda diantara kaum yang hadir sedangkan para orang-orang tua ada di sebelah kiri Beliau. Beliau berkata: "Wahai anak kecil, apakah kamu mengizinkan aku untuk memberi minuman ini kepada para orang tua?" Anak kecil itu berkata: "aku tidak akan mendahulukan seorangpun daripada diriku karena keutamaanku selain anda wahai Rasulullah". Maka Beliau memberikan kepadanya.” [HR. Al-Bukhari]

📚 FAEDAH-FAEDAH HADITS:

Hadits yang agung ini memberikan kepada kita faedah-faedah yang berharga, diantaranya;

📎 1.Sifat tawadhu’ yang tinggi dan adab yang mulya tampak jelas pada diri Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

{وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ}

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” [QS. Al-Qalam:4]

📎 2.Bimbingan dan perhatian Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam terhadap para pemuda, karena mereka yang nantinya akan menjadi generasi penerus dakwah Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam dalam membimbing umat Islam.

📎 3.Akhlak yang mulya pada diri seorang dai sangat berpengaruh dalam dakwahnya, karena dengan itulah dakwahnya akan mudah diterima oleh umat.

📎 4.Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam senantiasa memulyakan para sahabatnya, walaupun dia masih kecil.

📎 5.Keutamaan duduk di sebelah kanan guru daripada sebelah kirinya.

📎 6.Disyariatkan memulai dari sebelah kanan ketika memberikan atau membagi minuman atau makanan. Ini merupakan sunnah yang sudah banyak ditinggalkan oleh kaum muslimin.

📎 7.Apabila yang sebelah kanan mengalah dan mendahulukan yang lebih tua, maka hal ini tidaklah mengapa.

📎 8.Disebutkan oleh Ibnu Baththaal, bahwa anak tersebut adalah al-Fadhl bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, adapun Ibnu at-Tiin menyebutkan bahwa dia saudaranya, yakni Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

--------------------------------
✒ Disusun oleh Abu 'Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 27 Jumadal Ula 1436/ 18 Maret 2015_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com
------------------------------------

📚 WA. FORUM KIS 🎓

0 Response to "MUTIARA HADITS KELEMBUTAN NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM KEPADA ANAK-ANAK : KELEMBUTAN NABI DALAM MENGHORMATI ANAK KECIL"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo