Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Antara Tadabbur dan Menghafal Al Quran

Antara Tadabbur dan Menghafal Al Quran

❓Semoga Allah memuliakan anda.Menurut anda mana yang lebih utama,menghafal Al Quran ataukah membacanya sambil tadabbur (merenungi maknanya)?

🔰Asy Syaikh Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaili hafidzahullah menjawab :
🕯Pertama tama ya ikhwah,tidak sepantasnya menjadikan keutamaan keutamaan tadi saling bertentangan.Bahkan harusnya kita semangat untuk mengumpulkan keutamaan keutamaan tadi sebisa mungkin.

🌷 Maka kita semangat menghafal,membaca ,sekaligus mentadabburinya.Masalah mana yang lebih afdhol,ini hanyalah dibahas para ahli fiqih pada kondisi di bulan Ramadhan saja.Hal ini karena waktu Ramadhan terbatas.Sehingga timbul masalah,mana yang lebih utama di bulan Ramadhan?Kita menghafalnya,atau kita membacanya pelan pelan untuk mentadabburinya,atau kita membaca sebanyak mungkin agar banyak mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan?

🌷 Adapun di waktu yang mutlak dan luas,maka semangatlah menghafal dan semangatlah dalam membacanya.Dan jadikan masing masing aktivitas tadi mempunyai porsi waktunya.

{selanjutnya Asy Syaikh memberi satu tips pada kaum muslimin tentang bagaimana mengumpulkan berbagai fadhilah tadi)

🎙Misal jika muadzin telah mengumandangkan adzan,dia lalu berwudhu dan pergi ke masjid.Kemudian  sholat 2 rakaat sunnah,lalu mengatur jadwal misalnya sholat dhuhur dan asar.Di dua waktu itu,dia hafalkan 2 ayat di sela waktu antara adzan dan iqamat.Dia baca dua ayat dengan niat menghafal,dia ulangi terus.Maka sehari dia menghafal 4 ayat.

🗜Antara magrib dan isya juga subuh,dia gunakan untuk banyak membaca Al Quran.

🕯Ini perkara mudah yang setiap muslim bisa mengerjakannya.Setiap orang mampu untuk ini.Maka dengan satu cara ini saja,kita mampu mengumpulkan antara berbagai keutamaan tadi.Dan jangan mengadu adu dan membenturkan keutamaan- keutamaan tadi,kecuali di saat waktu tertentu yang singkat masanya (seperti di bulan Ramadhan-pent).
--------
--------
🎙

🔭 terjemah bebas oleh Abu Mas'ud afallahu anhu

💻 Publikasi : WA An Nashooih As Salafiyyah

0 Response to "Antara Tadabbur dan Menghafal Al Quran"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo