Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Dalil Tauhid Uluhiyyah

📚 RUBRIK AQIDAH:

🕌 BELAJAR AQIDAH SHAHIHAH
DARI KITAB AL USHUL ATS TSALATSAH 🕋

🔖Pelajaran Kedua Puluh Sembilan🔖

📘 MATAN:

🔊 قَالَ الْمُؤَلِّفُ رَحِمَهُ اللهُ:
وَالدَّلِيلُ قَوْلُهُ تَعَالَى: {وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ} [فصلت: 37]،
وقوله تعالى: {إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ} [الأعراف: 54].

🔊 Berkata Penulis rahimahullah:
Dalilnya adalah Firman Allah Ta’ala :

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika kepada-Nya kalian memang beribadah”. [QS. Fushilat : 37]

Dan firman Allah Ta’ala :

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang Telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”. [QS. Al A’raf : 54]

--------------------------------

📬 PENJELASAN:

1⃣ Ayat pertama memberikan faedah kepada kita;
🔸1. Keesaan Allah ‘Azza wa Jalla dalam menciptakan malam, siang, matahari dan bulan.
🔸2. Kekuasaan Allah Ta’ala yang tiada tandingannya, dimana Allah menciptakan malam sebagai waktu istirahat, siang sebagai waktu aktivitas, matahari yang terang benderang menyinari manusia di seluruh penjuru dunia, mereka bisa memanfaatkannya untuk sekian banyak manfaat dan bulan bersinar di malam hari, sebagai penghitung hari dan petunjuk arah di malam hari yang gelap.
🔸3. Wajibnya menjadikan segala bentuk ibadah hanya untuk Allah semata, karena bulan dan matahari adalah ciptaan Allah, makhluk yang tunduk dan patuh kepada perintah-Nya.

2⃣ Ayat kedua memberikan faedah kepada kita;
🔹1. Keesaan Allah ‘Azza wa Jalla dalam menciptakan langit yang tujuh dan bumi yang tujuh serta siapa yang ada padanya dan apa saja yang ada di antara keduanya.
🔹2. Semua ciptaan Allah, baik yang ada di langit dan di bumi serta yang berada diantara keduanya, tunduk dan patuh kepada perintah Sang Penciptanya.
🔹3. Malam, siang, matahari, bulan dan bintang-bintang adalah makhluk Allah yang agung yang tunduk dan patuh kepada Allah, dimana semua beredar dan silih berganti dengan tertibnya sesuai dengan apa Allah perintahkan kepada mereka.
🔹4. Hak menciptakan dan memerintahkan adalah murni hak Allah Ta’ala semata.
🔹5. Betapa jahil dan zhalimnya seseorang yang menyekutukan Allah dengan makhluk yang Allah ciptakan dalam peribadahan kepada-Nya.

🚪 Wallahul muwaffiq ilash Shawab.

----------------------------
✏ Disusun oleh: Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawy, 16 Jumadats Tsaniyah 1437/ 25 Maret 2016_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

🌐 Ikuti pula channel Forum kami di aplikasi TELEGRAM!
https://bit.ly/ForumKIS
-----------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "Dalil Tauhid Uluhiyyah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo