Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BACAAN DOA ZIARAH KUBUR

BACAAN DOA ZIARAH KUBUR

481- وَعَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - يُعَلِّمُهُمْ إِذَا خَرَجُوا إِلَى المقَابِرِ: - اَلسَّلَامُ عَلَى أَهْلِ اَلدِّيَارِ مِنَ اَلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ, وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللَّهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ, أَسْأَلُ اَللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ - رَوَاهُ مُسْلِم

Dari Sulaiman bin Buraidah dari ayahnya radhiyallaahu anhuma beliau berkata: Rasulullah shollallaahu alaihi wasallam mengajarkan kepada mereka jika keluar menuju kuburan untuk mengucapkan: Assalaamu alaikum ahlad diyaar minal mu'miniina wal muslimiin wa innaa insyaa Allah Ta'ala bikum Laahiquun, Nas-alullaaha lanaa wa lakumul 'aafiyah (Semoga keselamatan untuk kalian wahai penghuni kubur mu'miniin dan muslimiin dan insyaAllah kami akan menyusul. Kami meminta afiat kepada Allah untuk kami dan kalian)(riwayat Muslim).

482- وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: - مَرَّ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - بِقُبُورِ اَلْمَدِينَةِ, فَأَقْبَلَ عَلَيْهِمْ بِوَجْهِهِ فَقَالَ: "اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ اَلْقُبُورِ, يَغْفِرُ اَللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ, أَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِالْأَثَرِ" - رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَقَالَ: حَسَن ٌ

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma beliau berkata: Rasulullah shollallaahu alaihi wasallam melewati kuburan Madinah, kemudian beliau menghadapnya dan berkata: Assalaamu alaikum Yaa Ahlal Qubuur yaghfirullaahu lanaa wa lakum. Antum salafunaa wa nahnu bil atsiri (semoga keselamatan untuk kalian wahai penghuni kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kalian. Kalian adalah pendahulu kami dan kami mengikuti)(riwayat atTirmidzi dan beliau menyatakan: hasan)

📌 PENJELASAN:

Hadits nomor 481 dan 482 adalah tentang bacaan yang dibaca saat ziarah kubur, yaitu ucapan salam untuk penghuni kubur muslim.

✏️ Melepaskan Alas Kaki Ketika Memasuki Pekuburan

Disunnahkan melepaskan alas kaki saat akan berjalan di antara pekuburan. Nabi shollallaahu alaihi wasallam pernah melihat seseorang berjalan di atas pekuburan dengan menggunakan sandal dari kulit. Beliau menegur dengan keras dan memerintahkan untuk melepaskan sandalnya.

Disebutkan dalam hadits:

فَبَصُرَ بِرَجُلٍ يَمْشِي بَيْنَ الْمَقَابِرِ فِي نَعْلَيْهِ فَقَالَ وَيْحَكَ يَا صَاحِبَ السِّبْتِيَّتَيْنِ أَلْقِ سِبْتِيَّتَكَ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا فَنَظَرَ الرَّجُلُ فَلَمَّا رَأَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَلَعَ نَعْلَيْهِ

Kemudian Nabi melihat seorang laki-laki berjalan di antara pekuburan dengan menggunakan sandal. Nabi bersabda: Celaka engkau, wahai pemilik dua sandal dari kulit, lemparkan kedua sandalmu. Nabi menyebutkan hal itu dua kali atau tiga kali. Kemudian laki-laki itu melihat (kea rah sumber suara). Ketika ia melihat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam ia kemudian melepas kedua sandalnya (H.R Ahmad, Abu Dawud, anNasaai, Ibnu Majah, al-Bukhari dalam Adabul Mufrad, dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan Syaikh al-Albany)

Al-Hafidz Ibnu Hajar al-‘Asqolaany menyetakan: Saya katakan: Bisa saja larangan itu (memakai sandal di atas pekuburan) adalah untuk memulyakan mayit sebagaimana larangan duduk di atas kubur. Bukanlah penyebutan sandal dari kulit (as-sibtiyyataini) sebagai pengkhususan. Akan tetapi kejadiannya bersamaan dengan itu. Sesunguhnya larangannya adalah berjalan di atas kubur dengan menggunakan sandal (Fathul Baari syarh Shohih al-Bukhari karya Ibnu Hajar al-‘Asqolaany juz 10 halaman 309)
 
〰〰〰

📝 Disalin dari buku "Tata Cara Mengurus Jenazah Sesuai Sunnah Nabi Shollallaahu Alaihi Wasallam (Syarh Kitab al-Janaiz Min Bulughil Maram)".  Penerbit Pustaka Hudaya, halaman 153-155.

💺 Penulis: Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman حفظه الله.

🎁 hashtag serial kajian ini :  #fiqih_mengurus_jenazah

〰〰〰〰〰〰〰
📚🔰Salafy Kendari || http://bit.ly/salafy-kendari

0 Response to "BACAAN DOA ZIARAH KUBUR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo