Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Hukum Berbicara Ketika Khutbah Sedang Berlangsung Bagi Orang Yang Berada Diluar Masjid

Hukum Berbicara Ketika Khutbah Sedang Berlangsung Bagi Orang Yang Berada Diluar Masjid

📌 Pertanyaan :
Wahai syaikh yang mulia. Apabila saya berada dekat dari masjid dan saya mendengar khatib sedang berkhutbah pada hari jum'at sementara saya sedang berada di rumah berbicara kepada istri atau anak-anakku dalam keadaan khatib masih membacakan khubah. Ataukah saya berada dekat dengan mesjid di tengah perjalanan kemudian saya mengucapkan salam kepada orang yang berada di sekitarku lalu saya hendak memberi salam kepada sang khatib. Apakah saya termasuk yang disebutkan dalam hadits :
«من لغا فلا جمعة له»
"Barang siapa yang melakukan perbuatan sia-sia maka tidak ada (pahala) jum'at baginya"

Apakah saya harus mengulang shalat jum'at?

📌 Jawaban :
Adapun mengulang shalat maka tidak perlu dilakukan, bahkan apabila seseorang berbicara di tengah masjid sementara imam sedang berkhutbah, maka shalatnya tetap sah. Akan tetapi dia diharamkan dari pahala, tidak dituliskan bagi dia pahala orang diam dan tidak berbicara.

⬅ Adapun jika dia berbicara di luar mesjid atau di jalan kepada keluarganya dan dia mendengar khutbah imam yang dia hendak shalat di belakangnya maka yang demikian tidak diperbolehkan, karena khatib tersebut adalah imamnya.

👂🏼📣 Adapun jika dia mendengar khubah dari mesjid yang lainnya yang dia lewati, maka tidak mengapa baginya untuk berbicara dan tidak mengurangi pahalanya, apakah dia berbicara kepada keluarganya (di rumah) ataukah dia berbicara di jalan.

📚 Sumber : Silsilah Liqaas Syahri > Liqaa syahri [37]

As Shalah > Shalatul Jum'ah

حكم الكلام أثناء خطبة الجمعة خارج المسجد

السؤال:

فضيلة الشيخ: إذا كنت قريباً من المسجد فسمعت الخطيب يوم الجمعة يخطب وأنا في البيت أكلم زوجتي أو أولادي والإمام يخطب، أو كنت قريباً من المسجد في الطريق فقرأت السلام على من حولي، وأردت السلام عليه، فهل يشملني الحديث: «من لغا فلا جمعة له»؟ وهل أعيد الصلاة؟

الجواب:

أما إعادة الصلاة فلا إعادة حتى لو تكلم الإنسان في جوف المسجد والإمام يخطب فصلاته صحيحة، لكنه محروم الأجر، لا يكتب له أجر الذي أنصت ولم يتكلم، وأما كلامه خارج المسجد مع أهله أو في الشارع، فإذا كان يسمع خطبة الإمام الذي يريد أن يصلي خلفه فإنه لا يحل له، لأن هذا إمامه، أما إذا كان يسمع خطبة مسجد آخر مر به وهو يخطب، فلا حرج عليه أن يتكلم ولا يضره ذلك، سواء مع أهله أو في الشارع.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [37]

الصلاة > صلاة الجمعة

رابط المقطع الصوتي
🔊http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/mm_037_19.mp3
🔻🔻🔻🔻🔻🔻
📝 Abu Fawzy Ibnu Abdirrauf -hafizhahullah-
🎯 Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
🚀 ©hannel telegram : http://bit.ly/ashhabussunnah
➖➖➖➖➖➖

0 Response to "Hukum Berbicara Ketika Khutbah Sedang Berlangsung Bagi Orang Yang Berada Diluar Masjid"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo