Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Batuk Sesak Nafas dan Infeksi Telinga

TANYA JAWAB
  
بسم الله الرحمن الرحيم

    [ Rekapan ke17 ||2016 ]

🗒 Ahad, 8 Sya'ban 1437H ||  15 Mei 2016.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

🔟 Anak saya umur 2 th (BB 9,5 kg), sudah 1 minggu batuk sesak (batuk sudah berkurang), tetapi sesaknya belum berkurang. Dari kecil setiap batuk pasti ada sesaknya (dan berulang hampir setiap 2 bulan sekali).
Apakah ada dampak negatif jika setiap anak batuk sesak, selalu diuap (diasap) Dan terapi apa untuk batuk sesak yang sering?

📝 Jawab :

Jika dilihat gejalanya, kemungkinan putra anti mengalami asma bronkhiale. Penguapan/ nebulisasi dilakukan dengan memberikan obat ke saluran pernafasan yang dihirup menggunakan nebulizer. Metode ini dinilai efektif karena memberikan obat langsung ke sasaran yaitu saluran pernafasan sehingga efek samping obat berkurang. Tidak setiap batuk pilek memerlukan tindakan ini, asal indikasinya tepat maka tindakan ini lebih aman dan efektif dibandingkan pemberian obat minum.

Sering batuk yang disertai sesak kemungkinan ada faktor alergi/ pencetusnya, hindari pencetusnya sehingga dapat dicegah seminimal mungkin seringnya kambuh.

Saat anak batuk dengan sesak :

● tempatkan di ruangan yang nyaman agar dapat beristirahat,

●posisikan anak dalam keadaan duduk atau setengan duduk,

● jangan panik,

● berikan air minum hangat,

● longgarkan pakaiannya,

● jika tersedia berikan pereda sesak yang dihirup.

(🖋 dr Lina Umm Abdillah)

※ Nb. Apa herbal yang cocok untuk anak batuk&sesak?

📝 Jawab :

Secara umum herbal untuk keluhan batuk dan sesak yg bisa diberikan diantaranya :

1. Seduhan/rebusan daun  tin dan madu randu
2. Jeruk nipis dan madu
3. Juga bisa rutin dioleskan esensial oil lavender/peppermint  pada daerah dada, sekitar pusar, dan telapak kaki sambil diberi pijatan lembut.

Untuk penanganan terapi/pilihan herbal lebih tepatnya, ahsan diperiksakan terlebih dahulu pada ahli yang memang berkompeten di bidangnya.

(🖋 dr. Sophia Umm Ahmad)

1⃣1⃣ Ibu ana sudah lama sekali telinganya sakit...sudah sering ke ThT...dibersihkan terus di beri juga obat..obat yg biasa di minum amox, paracetamol dan juga tetes telinga sebesar ibu jari.. sakitnya ini udah menahun...tpi tidak selalu sakit...biasa sakit..terus sembuh lagi...sudah berbagai macam obat di konsumsi tpi tidak sembuh total..kmrin waktu ke dokter umum... katanya ada bengkak...obat yang di berikan amox lg..ana tidak tau obat yang lainnya krn tdak ada namanya...afwan dok, obat apa yang cocok untuk sakit telinga yang sudah menahun??

📝 Jawab :

Kemungkinan ibu anti mengalami peradangan telinga tengah menahun, ini merupakan kelanjutan dari radang telinga akut yang mengalami kebocoran gendang telinga.

Kelainan ini dibagi 2 tipe :
tipe aman (jarang menimbulkan komplikasi) dan tipe bahaya (dapat menyebabkan komplikasi seperti kelumpuhan saraf wajah dsb).

Pada tipe aman hanya diperlukan pengobatan seperti pencucian telinga (dengan cairan tertentu) dan pemberian obat antibiotik tetes/ minum, yang jika telah kering mungkin akan disarankan untuk dilakukan perbaikan gendang telinga (jika terdapat kebocoran).

Pada tipe bahaya biasanya diperlukan upaya pembedahan dengan atau tanpa perbaikan gendang telinga sesuai dengan kondisi klinis ibu ukhti.

Ahsan ibu anti diperiksakan ke dokter THT saja untuk dilakukan pemeriksaan fisik  telinga, tes pendengaran (audiometri), timpanometri, foto rontgen dan CT Scan jika diperlukan, sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

(🖋 dr_Lina Ummu Abdillah)

والله أعلم بالصواب

#halaman4_pekan17
#Tanyajawab

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌎 Website BIKUM:
» http://bikum.web.id/2016/02/05/kumpulan-tanya-jawab-majmu'ah-bikum/

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Batuk Sesak Nafas dan Infeksi Telinga"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo