Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Cara Mengatasi Dan Menyiasati Anak yang Tidak Mau Minum Obat

Tanya Jawab

Rekapan ke16 th 2016

Ahad, 1 Sya'ban 1437H / 8 Mei 2016

PERTANYAAN

3.  Ana IRT umur 41th dengan 4 anak, belakangan ini di siku antara tapak kaki dengan kaki sering terasa panas, rasanya hanya di sekitar area itu saja. Kira-kira kenapa ya ?

📌JAWABAN :

✍🏾Keluhan ukhti belum spesifik mengarah ke penyakit tertentu, bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Untuk kepastiannya diperlukan data yang lebih lengkap, pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemeriksaan lainnya jika diperlukan seperti laboratorium atau foto rontgen tulang kaki.

Kondisi yang ukhti rasakan bisa disebabkan oleh peradangan pada jaringan ikat yang menghubungkan jari² kaki dengan daerah tumit yang disebut plantar fascitis. Penyebabnya :

(1) Aktifitas fisik yang berlebihan

(2) Trauma pada tumit yg berulang

(3) Artritis atau peradangan pada sendi

(4) Diabetes

(5) Bentuk kaki yang tdk normal : lengkung telapak kaki yg terlalu datar atau terlalu lengkung, atau pola berjalan yang tidak normal

(6) Sepatu yg tidak cocok : sol yg tipis, longgar, tidak ada dukungan untuk lengkung kaki, kurang melindungi lengkung kaki saat ada hentakan.

Nyeri plantar fascitis akan menghilang sendiri tanpa pembedahan atau tindakan lain. Pada beberapa kasus diperlukan obat untuk mengurangi nyeri seperti : ibuprofen, natrium diklofenak. Kurangi aktifitas fisik, pilih alas kaki sesuai bentuk dan ukuran kaki. Kompres tumit dengan air dingin saat nyeri, jaga berat badan agar tetap ideal, lakukan fisioterapi rutin dengan menekuk pergelangan kaki dan ibu jari kearah atas menggunakan satu tangan. Jika keluhan belum membaik juga, ahsan dikonsultasikan ke dokter spesialis tulang untuk penanganan lebih lanjut.

📮PERTANYAAN

4⃣. Bagaimana menyiasati anak yg tidak mau minum obat? Qadarullah ananda (3,5 tahun) sedang sakit, demam tinggi, sama dokter dikasih paracetamol dan puyer. Kami harus paksa kalau mau minum obat ( tahan tangan dan kakinya ), setelah minum obat beberapa menit kemudian muntah.

📌JAWABAN :

✍🏾Cara memberikan obat pada anak agar tidak muntah adalah :

(1) Berikan obat secara bertahap, sedikit demi sedikit baik untuk obat jenis puyer, sirup ataupun tetes. Untuk obat jenis puyer ataupun sirup dapat ditambahkan sedikit air untuk meminimalisir rasa pahit atau rasa tidak enak pada obat.

(2) Berikan obat lewat sudut mulutnya, jika diberikan dari arah depan akan mudah disemburkan

(3) Gunakan pipet agar lebih mudah masuk ke rongga mulut

(4) Pastikan kepala anak posisinya lebih tinggi dari badan, akan lebih baik lagi posisi dalam pangkuan/ gendongan. Jangan memberikan obat dalam posisi tidur ataupun dengan memencet hidung karena dapat menyebabkan anak tersedak.

📮 PERTANYAAN

5⃣. Apa yang menyebabkan kulit telapak tangan sangat kasar, padahal sudah pakai handbody, tapi tetap tidak ada perubahan?

📌JAWABAN :

🍎 Penyebab telapak tangan kasar :

(1) Alergi deterjen : hindari kontak langsung dengan deterjen

(2) Sering memegang benda keras : lapisi tangan dengan kain saat memegang benda kasar

(3) Kurang cairan : usahakan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

🍏 Cara mengatasi telapak tangan yang kasar antara lain :

(1) Olesi minyak kelapa atau minyak zaitun, biarkan semalam, esok harinya dibersihkan

(2) Taburkan bedak ke telapak tangan, ratakan, tuangkan hand lotion di atasnya, usap pada seluruh permukaan telapak tangan, biarkan semalam, esok harinya dibersihkan

(3) Kedua telapak tangan direndam susu cair hangat2 selama sekitar 15 menit.

🖊 (#dr_Lina Ummu Abdillah)

والله أعلم بالصواب

#halaman2_pekan16
#Tanyajawab

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌎 Website BIKUM:
» http://bikum.web.id/2016/02/05/kumpulan-tanya-jawab-majmu'ah-bikum/

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Cara Mengatasi Dan Menyiasati Anak yang Tidak Mau Minum Obat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo