Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Penyakit Bipolar dan Hipotensi atau Tekanan Darah Rendah

╔═════ 🍃🍯🍃 ═════╗
✿T A N Y A   J A W A B ✿
╚═════ 🍃🍯🍃 ═════╝
  
بسم الله الرحمن الرحيم

    [ Rekapan ke17 ||2016 ]

🗒 Ahad, 8 Sya'ban 1437H ||  15 Mei 2016.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

3⃣ Kenapa setiap saya sakit misalnya sakit demam atau sakit mencret, dll semua tulang saya terasa nyeri dan ngilu apalagi di bagian kaki?

📝 Jawab :

Nyeri atau ngilu pada tulang saat demam atau mencret menunjukkan adanya penyebab sistemik (infeksi pada tubuh tidak hanya lokal pada satu tempat tapi sudah meluas).

Jika saat demam atau mencret mengalami keluhan tersebut :

● Minum obat penurun panas dan nyeri seperti parasetamol

● Menjaga kecukupan cairan dengan minum 2-3 liter sehari

● Konsumsi makanan bergizi tinggi

● Istirahat yang cukup.

Jika keluhan belum berkurang segera diperiksakan ke dokter.

4⃣ Ana mempunyai anak laki-laki umur 27 bulan. Sudah 2 minggu ini dia kadang mengeluh gatal pada bawah kemaluannya. Ana melihat ada timbul benjolan kecil (seperti gigitan serangga) tetapi timbul di dalam kulit. Kira-kira itu penyakit apa ya dok? Apakah anak ana sudah mampu jika disunat dalam waktu dekat?

📝 Jawab :

Gatal pada kemaluan disini afwan kurang jelas ya, apakah dibawah penis, skrotum atau selagkangan. Gatal area kemaluan bisa disebabkan oleh jamur, alergi, parasit, gigitan serangga, eksim, virus, bakteri, dll. Perlu pengamatan langsung untuk memastikan kelainan kulit yang dialami putra ukhti. Ahsan jika keluhan tidak membaik diperiksakan ke dokter agar tidak memberat ataupun meluas.

Tidak ada batasan usia anak mampu disunat atau belum, sejak bayipun insya Allah bisa dilakukan sunat apalagi jika ada masalah dengan kencingnya. Hal ini tergantung kondisi anak.

5⃣ Apakah penyakit bipolar bisa sembuh ?

📝 Jawab :

Gangguan bipolar menurut Ilmu Kedokteran Jiwa merupakan salah satu gangguan jiwa yang ditandai perubahan suasana hati yang ekstrim.

Ada 3 episode yang dialami penderita :

● mania
(penderita merasa bahagia sekali, optimis berlebihan, bicara cepat, sulit diinterupsi, agresif, kemampuan kognitif menurun),

● depresi
(penderita merasakan sunyi, hampa, ingin bunuh diri, kurang peduli kebersihan & kerapian, bicara lambat, tak punya inisiatif, gangguan tidur)

● campuran
(penderita hampir setiap hari penderita merasa bahagia dan sedih secara bergantian).

Pada gangguan jiwa bipolar terjadi gangguan keseimbangan pada otak. Secara medis gangguan bipolar ini insya Allah dapat disembuhkan dengan tata laksana farmakoterapi (obat-obatan) dan psikoterapi secara sinergi serta membutuhkan penanganan jangka panjang yang komprehensif.
Penderita harus kontrol secara teratur, minum obat secara teratur dan mampu mengenali gejala-gejalanya sehingga dapat dilakukan upaya pencegahannya.

6⃣ Obat darah rendah yg bisa membuat tidak kambuh lg? Kambuh terus sampai ga kuat berdiri, ke puskesmas sudah tp berulang lg.

📝 Jawab :

Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang rendah seperti faktor usia, sedang mengkonsumsi obat tertentu, kondisi cuaca ataupun ada penyakit yang mendasarinya.
Jika anti sering mengalami hipotensi, lebih baik diperiksakan saja untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu yang menyebabkannya.

Penyakit atau kondisi yang dapat mengakibatkan hipotensi antara lain :

● Dehidrasi

● Anemia

● Penyakit saraf

● Syok atau cedera serius

● Penyakit jantung

● Kehamilan

● Ketidakseimbangan hormon

● Efek samping pengobatan.

Jika penyebab hipotensi diketahui, diharapkan penanganan lebih mendasar sehingga kemungkinan kekambuhan insya Allah lebih bisa diminimalkan lagi.

✍🏼 dr. Lina Umm Abdillah

والله أعلم بالصواب

#halaman2_pekan17
#Tanyajawab

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌎 Website BIKUM:
» http://bikum.web.id/2016/02/05/kumpulan-tanya-jawab-majmu'ah-bikum/

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Penyakit Bipolar dan Hipotensi atau Tekanan Darah Rendah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo