Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Diabetus atau Diabetes

TANYA JAWAB
  
    [ Rekapan ke18 ||2016 ]

🗒 Ahad, 15 Sya'ban 1437H ||  23 Mei 2016.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*Pertanyaan:*
........................

▶️ Umm, kalau sudah diserang diabetus, bagaimana solusinya?

*Jawaban:*
.....................

👉 Pilar penanganan diabet adalah :

1. Edukasi
2. Perencanaan makan
3. Aktivitas fisik
4. Obat- obatan
5. Swa monitoring glukosa darah

1). Pemberian edukasi, informasi dan motivasi yg berkenaan dengan:

1. Makan makanan sehat;
2. Kegiatan jasmani secara teratur;
3. Menggunakan obat diabetes secara aman, teratur, dan pada waktu-waktu yang spesifik;
4. Melakukan pemantauan glukosa darah mandiri dan memanfaatkan berbagai informasi yang ada;
5. Melakukan perawatan kaki secara berkala;
6. Mengelola diabetes dengan tepat;
7. Seluk beluk penyakit diabet dan komplikasinya

2). Perencanaan makan

➖Perencanaan makan harus disesuaikan menurut masing-masing individu. Pada saat ini yang dimaksud dengan karbohidrat adalah gula, tepung dan serat. Penderita diabet boleh konsumsi  sumber padi-padian, buah-buahan, dan susu rendah lemak dalam ukuran kecil, untuk menghindarkan fluktuasi gula yg tinggi, bagilah porsi makan menjadi porsi kecil bebrapa kali. Penting diperhatikan  jumlah total kalori dari makanan dalam sehari.
Standar yang dianjurkan adalah makanan dengan komposisi yang seimbang dalam hal karbohidrat, protein, dan lemak, sesuai dengan kecukupan gizi baik sebagai berikut:

Karbohidrat  60-70%
Protein          10-15%
Lemak           20-25%

➖Jumlah kalori disesuaikan dengan pertumbuhan, status gizi, umur, stres akut, dan kegiatan jasmani untuk mencapai dan mempertahankan berat badan idaman.

3). Aktivitas fisik

➖Idealnya 30 menit dlm shari, 5x dalam 1 minggu. Manfaat olahraga untuk membantu menurunkan gula darah secara alami, karena meningkatnya sensitivitas insulin, kebutuhan kalori yang meningkat, bertambahnya massa otot, juga membantu mengendalikan penyakit-penyakit lain seperti hipertensi, hiperlipidemi, obesitas, stress. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga memperbaiki gangguan toleransi glukosa, menurunkan gula darah, mengurangi kebutuhan obat-obatan. Semakin besar massa otot terutama otot-otot besar seperti paha, bokong, lengan yang dibangun dengan olahraga, maka semakin banyak gula yg diambil dari peredaran darah.

4.) Obat-Obatan.

➖Perlu diketahui, obat bukan pilihan pertama pada penyandang diabetes, dan obat-obatan tidak menggantikan fungsi makanan yg sehat dan olahraga. Pada beberapa penelitian, olahraga, pola makan yang sehat bahkan lebih unggul mengontrol gula darah pada diabetes  tipe 2 dan mencegah berkembangnya diabetes dibandingkan obat-obatan. Obat-obatan, makan yang sehat, olahraga harus beriringan dalam pengelolaan diabetes. Keteraturan penggunaan obat-obatan, termasuk Insulin sangat penting dalam mengelola diabetes. Obat-obatan mempunyai masa kerja tertentu, sehingga keteraturan dalam mengkonsumsinya juga mempengaruhi fluktuasi gula darah.

5). Swa monitoring glukosa darah.

➖Disesuaikan secara individual. Dianjurkan untuk swa-monitor secara mingguan, misalnya 2-3 kali per minggu. Atau jika memberatkan minimal 1 bulan sekali, pemeriksaan berupa gula darah puasa dan gula darah 2 jam stlah makan. Sekali waktu juga perlu memeriksa kadar Hba1C ke laboratorium.  Pemeriksaan HbA1c atau hemoglobin A1c adalah suatu pemeriksaan darah yang sangat penting untuk mengetahui kadar gula darah anda dalam kurun waktu kurang lebih 12 minggu ke belakang. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang cukup penting untuk penderita diabetes apakah kadar gulanya terkontrol dengan baik atau tidak. Hal ini juga dapat memberikan informasi apakah obat diabetes yang diminum cukup efektif atau tidak dalam mengendalikan kadar gula darah.

✍🏼 #dr_Emi Ummu Khonsa'

والله أعلم بالصواب

#halaman2_pekan18
#Tanyajawab

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌎 Website BIKUM:
» http://bikum.web.id/2016/02/05/kumpulan-tanya-jawab-majmu'ah-bikum/

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Diabetus atau Diabetes"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo