Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Macam Jenis Ibadah

📚 RUBRIK AQIDAH:

🌼 BELAJAR AQIDAH SHAHIHAH
DARI KITAB AL-USHUL ATS-TSALATSAH 🌼

🌹Pelajaran Ketiga Puluh Satu🌹

📘 MATAN:

🔊 قَالَ الْمُؤَلِّفُ رَحِمَهُ اللهُ:
(وَأَنْوَاعُ الْعِبَادَةِ) الَّتِي أَمَرَ اللهُ بِهَا مِثْلُ الإِسْلامِ وَالإِيمَانِ، وَالإِحْسَانِ، وَمِنْهُ الدُّعَاءُ وَالْخَوْفُ وَالرَّجَاءُ وَالتَّوَكُّلُ وَالرَّغْبَةُ، وَالرَّهْبَةُ، وَالْخُشُوعُ، وَالْخَشْيَةُ، وَالإِنَابَةُ، وَالاسْتِعَانَةُ، والاستعاذة، والاستغاثة، والذبح، والنذر، وغير ذلك من الْعِبَادَةِ الَّتِي أَمَرَ اللهُ بِهَا (كُلُّهَا للهِ)، وَالدَّلِيلُ قَوْلُهُ تَعَالَى: {وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا} [الجن: 18] سورة الجن آية 18.
فَمَنْ صَرَفَ مِنْهَا شَيْئًا لِغَيْرِ اللهِ فَهُوَ مُشْرِكٌ كَافِرٌ، وَالدَّلِيلُ قَوْلُهُ تَعَالَى: {وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ} [المؤمنون: 117] سورة المؤمنون آية 117.

🔊 Berkata Penulis rahimahullah:
Dan macam-macam ibadah yang diperintahkan Allah itu, antara lain: Islam, Iman, Ihsan, do’a, khauf (takut), raja’ (pengharapan), tawakkal, raghbah (cinta), rahbah (takut), khusyu’ (tunduk), khasyyah (takut), inabah (kembali kepada Allah), isti’anah (memohon pertolongan), isti’azah (memohon perlindungan), istighatsah (memohon pertolongan untuk dimenangkan atau diselamatkan), dzabh (menyembelih), nazar, dan macam-macam ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allah. Semua itu diperuntukkan hanya kepada Allah semata.

Dalilnya adalah Firman Allah Ta’ala:

{وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا}

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah, karena itu, janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah Allah).” [QS. al-Jin:18].

Karena itu, barangsiapa yang menyelewengkan ibadah tersebut untuk selain Allah, maka ia adalah musyrik dan kafir. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala :

{وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ}

“Dan barangsiapa menyembah sesembahan yang lain di samping (menyembah) Allah, padahal tidak ada satu dalilpun baginya tentang itu, maka benar-benar balasannya ada pada Rabbnya. Sungguh tiada beruntung orang-orang kafir itu.” [QS. al-Mu’minun: 117].
-------------------------------------

📬 PENJELASAN:

Ketika penulis rahimahullah selesai menjelaskan tentang wajibnya mengesakan Allah Ta’ala dalam segala bentuk ibadah, kini beliau beranjak menjelaskan macam-macam ibadah yang tidak boleh diselewengkan kepada selain Allah.

📋 Definisi ibadah adalah segala sesuatu yang mencakup seluruh apa yang dicintai Allah dan yang diridhai-Nya, baik berupa ucapan maupun perbuatan yang zhahir maupun yang batin.

Ini adalah definisi ibadah yang lebih tepat dan lebih sempurna cakupannya. Ini adalah definisi yang disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah

🚦Dari sini, jalan untuk mengetahui sesuatu dikatakan ibadah melalui dua jalan;
📌 1. Penjelasan langsung dari Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa hal itu adalah ibadah, seperti dalam ayat yang akan disebutkan penulis;

{وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ}

“Dan Tuhanmu berfirman : ‘Berdo’alah kamu kepadaku niscaya akan Ku perkenankan bagimu’. Sesungguhnya, orang-orang yang enggan untuk beribadah kepadaKu pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina.” [QS. Ghafir:60].

Dalam hadits an-Nu’man bin Basyir, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ»

“Doa itu adalah ibadah” [HR. Abu Dawud, dishahihkan al-Albani dan al-Wadi'i]

📌 2. Segala sesuatu yang dicintai Allah dan yang diridhai-Nya, baik berupa ucapan maupun perbuatan yang zhahir maupun yang batin adalah ibadah. Jalan ini lebih banyak kita dapatkan dan kita gunakan daripada jalan yang pertama.

🌱 Macam-macam ibadah sangatlah banyak dan adapun apa yang disebutkan oleh penulis memberikan faedah kepada kita bahwa ibadah terbagi menjadi tiga jenis;
🔸a. Ibadah Fi’liyah atau amalan anggota badan, seperti Nadzar dan berkurban.
🔸b. Ibadah Qauliyah atau amalan lisan, seperti doa.
🔸c. Ibadah Qalbiyah atau amalan hati, seperti Khauf, Raja’ dan yang lainnya. Jenis ini lebih banyak.

⚠ Penulis memulai dalam penyebutan macam-macam ibadah dengan Islam, Iman dan Ihsan, sebab ketiga hal ini merupakan pokok dasar Islam yang paling tinggi dan jenis ibadah yang paling penting. Oleh karena itu, penulis mengedepankan penyebutannya diatas yang lainnya.

Penulis akan kembali mengulangi penyebutan macam-macam ibadah ini dengan disertai dalil-dalilnya. Oleh karena itu, kami akan jelaskan masing-masingnya pada pelajaran berikutnya in syaa Allah.

🚧 Semua jenis ibadah hanyalah untuk Allah semata, tidak boleh diselewengkan kepada selain-Nya. Barangsiapa menyelewengkannya kepada selain Allah, maka orang tersebut akan mendapatkan tiga hal;
📎 a. Ancaman keras dari Allah, yakni Allah akan membuat perhitungan dengannya,
📎 b. dia tidak akan meraih keberuntungan,
📎 c. Allah mensifatinya sebagai orang kafir.

Inilah yang disebutkan Allah Ta’ala dalam firman-Nya:

{وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ}

“Dan barangsiapa menyembah sesembahan yang lain di samping (menyembah) Allah, padahal tidak ada satu dalilpun baginya tentang itu, maka benar-benar balasannya ada pada Rabbnya. Sungguh tiada beruntung orang-orang kafir itu.” [QS. al-Mu’minun: 117].

🚪Wallahul muwaffiq ilash Shawab.

----------------------------
✏ Disusun oleh Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawy, 15 Sya’ban 1437/ 22 Mei 2016_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

🌐 Ikuti pula channel Forum kami di aplikasi TELEGRAM!
https://bit.ly/ForumKIS
-----------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "Macam Jenis Ibadah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo