Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Infertilitas Pada Suami Istri

INFOKES   WANITA

بسم الله الرحمن الرحيم

Infertilitas

🌕 Definisi infertilitas

→ keadaan belum mendapatkan anak setelah melakukan hubungan suami isteri dengan teratur yaitu rata-rata 2-3 kali (bukan dalam sehari, berturut-turut 2-3 kali) dalam seminggu ( 7 hari) tanpa menggunakan alat kontrasepsi, selama :

○ Satu tahun ( 12 bulan) apabila isteri berusia dibawah 30 tahun, atau
○ Enam bulan apabila isteri berusia disekitar 35 tahunan, atau
○ Tiga bulan apabila isteri berusia lebih dari 38 tahun

❓Mengapa harus hubungan suami isteri 2-3 kali per minggu, apakah sebagai upaya untuk suatu kehamilan ?

→ Sebabnya, kemampuan hidup telur untuk dibuahi dan sperma pria untuk membuahi berkisar antara 2-3 hari, sehingga dalam seminggu akan selalu terjaga untuk mendapatkan suatu pembuahan dengan hubungan 2-3 hari perminggu


❓Mengapa tidak selalu berhasil, walaupun hubungan teratur 2-3 kali perminggu?

→ Keberhasilan pembuahan/ kehamilan artinya, adanya suatu proses menyatu antara sperma dari air mani suami dengan telur (ovum) yang dihasilkan dari indung telur, pada masa subur dari pihak isteri.

Apabila pada masa subur yang relatif singkat, yaitu sekitar 2-3 hari saja, tidak ada sperma yang potensial, dari pihak suami dipertemukan, maka kehamilan kecil kemungkinan terjadi.

Jadi, dengan keteraturan 2-3 kali perminggu, tidak akan ada masa subur yang terlewat, andaikata isteri memang subur.

❓Bagaimana mengenal masa subur isteri?

→ Masa subur, artinya masa keluarnya telur dari indung telur, yang telah memenuhi syarat tertentu, untuk dapat dibuahi, lamanya masa subur dihitung mundur, dari haid yang akan datang, kemudian dikurangi 14 (empat belas) hari.
Masa subur sangat dipengaruhi keteraturan daur haid.

⌛️ Daur haid normal berkisar 28+7 hari, yaitu antara ( 28-7)=21 dan (28+7)=35 hari, jadi sebulan 21-35 hari,
yang penting adalah  hari pertama haid selalu teratur tidak pernah berubah antara 7 hari maju atau 7 hari mundur pada bulan berikutnya.
Haid yang tidak teratur daurnya hampir 70% tidak memiliki masa subur atau dubut anovulasi, tidak mampu menghasilkan telur yang siap dibuahi.


🌷 Beberapa sebab istri tidak dapat menghasilkan telur yang siap dibuahi atau tidak ada sama sekali telur yang bisa dihasilkan adalah:

-          Faktor keturunan/ genetik
-          Infeksi
-          Cacat bawaan
-          Akibat obat-obatan
-          Akibat radiasi
-          Kelainan hormon

Diantara sebab-sebab tersebut ada yang dapat diusahakan penyembuhan atau perbaikan sehingga mampu menghasilkan telur, namun ada yang tidak dapat diobati/ diperbaiki.

🌻 Penyebab lain infertil pada isteri selain akibat sel telur adalah:

1. Gangguan pada saluran telur menuju rahim
Kebuntuan atau bendungan saluran telur isteri, sehingga telur yang dihasilkan dan siap dibuahi tertahan untuk menyatu dengan sperma oleh karena tertutupnya saluran yang menyatukan kedua benih tersebut, baik disebabkan :
-          Infeksi
-          Tekanan tumor disekitarnya
-          Bawaan sejak lahir

Bilamana hanya satu, saluran telur yang tersumbat masih mungkin hamil, apabila saluran telur yang satu lagi (dikiri atau kanan indung telur) masih berfungsi baik, tidak buntu/ tersumbat.

Tersumbatnya saluran telur ini  umumnya tidak mengakibatkan gejala klinik yang dirasakan wanita, kecuali kesulitan hamil.

2. Kelainan rahim (uterus),
seperti:
○ ukurannya kecil,
○ tidak mampu untuk menerima pembelahan-perlekatan dinding rahim-infeksi rahim
○ adanya reaksi imun seperti alergi pada masa cairan lendir leher rahim/ vagina,
○ alergi,
○ menolak sperma suami,
○ mematikan sperma suami

3. Penyakit menahun isteri,
seperti :
○ TBC yang menyebar,
○  kanker,
○ diabetes yang tidak terkontrol.


⚽️ Dari pihak suami, faktor yang paling sering menyebabkan ketidak-mampuan memperoleh anak , adalah yang utama kelainan sperma, yaitu :

-          Jumlah per cc cairan mani kurang dari 20 juta
-          Bentuk sperma> 50% abnormal
-          Gerakan sperma:> 50% tidak baik gerakannya,

Ketiga unsur tersebut diatas, bisa hanya satu unsur  saja kelainannya, namun bisa gabungan atau seluruhnya unsur tersebut ada pada seorang pria.

💊 Pengobatan tergantung pada apa penyebab dasar dari ketiga kelainan diatas.

🛏 Pada umumnya, setiap posisi hubungan suami isteri, selalu memungkinkan terjadinya kehamilan, asalkan dalam masa subur isteri,
karena pada hakekatnya ketika hubungan suami isteri, selalu ada cairan yang mengandung sperma yang masuk ke vagina/rahim isteri,
namun jumlah terbanyak  adalah saat ejakulasi dengan posisi suami diatas, isteri dibawah, kurang lebih 4-5 cc cairan mani yang dikeluarkan dengan kandungan rata-rata sekitar+ 100 juta sperma,
meski hanya satu diantaranya yang akan menembus lapisan telur, menyatu, dan membuahi, kehamilan.

❓ Kapan berkonsultasi ?

→ Pada awal pemeriksaan hendaknya pasangan suami isteri (pasutri) datang konsultasi ke dokter. Pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan reproduksi pasutri, kunjungan pertama selain tujuan menentukan apakah pihak isteri atau suami yang bermasalah dalam fungsi reproduksi atau kedua-duanya harus mendapatkan pengobatan kesuburan, baik obat maupun operasi tergantung apa yang menjadi masalahnya.

🌕 Langkah-langkah yang harus dilakukan cukup banyak, memerlukan waktu serta biaya yang tidak sedikit, dan inilah yang menjadi salah satu masalah kegagalan kehamilan karena dihentikan sebelum selesai seluruh rangkaian pemeriksaan karena tidak sabar, ingin cepat hamil, kemudian berpindah dokter, terulang lagi, akhirnya pasrah dan mungkin karena faktor usia, menimbulkan kegagalan.

🏮 Inseminasi dan bayi tabung, adalah nama umum untuk upaya kehamilan melalui proses teknologi, disebut (secara buatan) bukan cara alami, melalui hubungan suami isteri.
Inseminasi maupun bayi tabung dibagi-bagi lagi dalam beberapa teknik yang cukup rumit, dalam upaya menghasilkan kehamilan, karena sampai saat ini keberhasilan hamil melalui kedua cara tersebut maksimal 40%.

✋ Inseminasi bukan syarat untuk dilakukan bayi tabung,
bisa saja langsung bayi tabung atau inseminasi lebih dahulu.

🔬 Hasil yang baik ditentukan oleh :

-          Lama infertile
-          Usia (terutama isteri)
-          Teknik
-          Pengalaman

Semua bersifat individual.


🔁 Ada korelasi faktor psikologis/mental dengan sistem hormonal yang mempengaruhi kejadian kehamilan, untuk diketahui bahwa sampai saat ini, walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi maju pesat, namun sekitar 30% sebab infertil belum dapat dijelaskan.

🏪 Idealnya mengenai hal ini berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kandungan (obsgyn / DSOG) sub spesialis infertility.

و الله أعلم بالصواب

➫ Oleh: dr. Emi Umm Khonsa
Telah dikoreksi oleh dr. Agustin Aisyah, Sp. PK, MKes

Publikasi: Jumat, 13 Syaban 1437H / 20 Mei 2016.

-
📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌐 Website:
» bikum.web.id

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

0 Response to "Infertilitas Pada Suami Istri"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo