Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Biografi IBNU KATSIR TOKOH AHLI TAFSIR

Siroh
➖➖➖➖➖➖➖➖
IBNU KATSIR ROHIMAHULLOH TOKOH AHLI TAFSIR
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian ke 1⃣

▪Damaskus termasuk salah satu kota tertua dalam sejarah peradaban Manusia. Ia juga tercatat tinta emas dalam sejarah kejayaan islam. Damaskus merupakan kota penting dinegeri Syam (Suriah). Namun, selama 7 abad kota ini pernah berada dibawah cengkeraman Romawi Timur. Dibawah panglima perang Khalid bin Walid Rodhiyallohu 'anhu pada masa pemerintah Umar bin Al Khatthab 'anhu Kota ini ditaklukkan oleh Kaum muslimin.

🔑.DAMASKUS, KOTA ULAMA
▪Para pembaca yang berbahagia... Pada masa Khalifah Mua'wiyah bin Abi Sufyan, Damaskus menjadi pusat pemerintahan yang sebelumnya berpusat dikufah, irak. Disamping itu, damaskus juga menjadi kota ilmu, Madrasah madrasah ilmu tumbuh dengan pesat dibawah bimbingan para ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, semisal Muhammad bin syihab az Zuhri, Makhul asy Syami. Kemudian muncul generasi ulama setelahnya semisal Ibnu Qudamah Al Maqdisi, Ibnu Taimiyah, Ibnul Qoyyim al Jauziyah, Ibnu Rajab al Hanbali, Ibnu Katsir Rohimahumullah, dan lainnya.

▫Pada edisi ini kami akan mengupas secara ringkas biografi Al Hafidz Ibnu Katsir Rohimahullah. Nama beliau tidak asing lagi ditelinga kaum muslimin sebagai ahli tafsir.

▫NAMA DAN KUNYAHNYA▫
▫Ibnu Katsir Rohimahullah bernama lengkap Isma'il bin Umar bin Katsir bin Dhau'i bin Katsir bin Dhau'i bin Dar'i bin Al Quraisyi asy Syafi'i al Bushrawi ad dimasyqiy. Beliau digelari dengan 'Imaduddin (penopang agama) Nama Kunyahnya Abul Fida'. Beliau lebih dikenal dengan Nama Ibnu Katsir Rohimahullah, Nisbah kepada sang kakek, Dalam fiqih, ibnu Katsir Rohimahullah berpegang dengan Madzhab Syafi'i. Namun begitu ia tidak fanatik dengan Madzhabnya tersebut.

▪MASA KECIL▪
▫Ibnu Katsir Rohimahullah dilahirkan didamaskus, Syam. Tepatnya didaerah Majdal yang terletak sebelah timur Bushra pada tahun 701 H (1301 M). Ayahnya dikenal sebagai Khatib dimajdal. Dalam usia 2 tahun Ibnu Katsir telah menjadi yatim. Ayahnya meninggal pada tahun 703 H.
▪Sepeninggal sang ayah tercinta, Ibnu Katsir Rohimahullah diasuh sang kakak Kandungnya, Kamaluddin 'Abdul Wahab. Tahun 707 H, dengan didampingi sang kakek, ia pindah ke damaskus. Ketika itu ia berusia 6 tahun.

▪MASA MASA BELAJAR▪
▫Dimata ibnu Katsir Rohimahullah, disamping menggantikan peran sang ayah, sang kakak juga sebagai guru pertama, ia mengajarkan berbagai ilmu kepada ibnu Katsir.
▪Ibnu Katsir tekun menimba ilmu dari sang kakak sampai tahun 750 H. Ia juga belajar kepada Burhanuddin al Fazari dan para ulama yang lain. Memang, pada masa itu didamaskus menjadi pusat ilmu didunia islam. Madrasah penghapal Al Qur'an, pondok pondok pesantren dan masjid masjid begitu mudah dijumpai.
▫Keunggulan Ibnu Katsir, berikut ini adalah beberapa keutamaan yang Allah Ta'ala karuniakan kepada beliau Rohimahullah:
🔹Kekuatan Hafalan. Pada usia 11 tahun, beliau telah hafal Al Qur'an.
🔹Kekuatan menghadirkan kembali ilmu ilmu yang dihafalnya.
🔹Kekuatan pemahaman yang bagus.
🔹Semangat tinggi untuk komitmen berpegang teguh dengan Sunnah (petunjuk) Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam, berdakwah untuk mengikuti generasi salaf dan membantah segala bentuk penyimpangan dalam beragama.
🔹Memilik akhlaq mulia seperti lapang dada, jujur dalam pertemanan, sabar, menghormati guru. Hingga akhirnya Allah ta'ala mengangkat derajat Ibnu Katsir Rohimahullah menjadi seorang ulama. Berkat ketekunannya, beliau ahli dalam bidang Tafsir, hadits, sejarah dan lainnya.

Bersambung...in Syaa Allah

〰〰〰〰〰〰〰〰
📋 Sumber, Al ilmu Edisi No.23/V/XIV/1437H.
📭 klik Join telegram 🔽
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🔵 www.salafymedia.com
📡 Publikasi :
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Sya'ban 1437 H

0 Response to "Biografi IBNU KATSIR TOKOH AHLI TAFSIR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo