Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Guru ibnu Katsir Ahli Tafsir Alquran

Siroh

IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH TOKOH AHLI TAFSIR

Bagian ke 2

🔹PRESTASI IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH🔹

▪Beliau diangkat sebagai kepala lembaga pendidikan Ummu Sholeh. Ia menggantikan gurunya, Adz Dzahabi, yang telah meninggal dunia. Tak lama kemudian kepada Lembaga Pendidikan Darul Hadits Al Asyrafiyah setelah meninggalnya As Subki. Para penuntut ilmu pun berdatangan dari berbagai pelosok negeri yang jauh. Mereka datang untuk menimba ilmu kepada beliau Rohimahullah. Mereka menjadikan beliau sebagai rujukan dalam ilmu agama islam.

🔹GURU GURU IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH🔹

▪Beliau menimba ilmu kepada para ulama dimasa itu. Diantara guru yang terkenal adalah sebagai berikut:
🔹Al Hafizh Al Kabir Abul Hajjaj Yusuf bin az Zaki Abdurrahman bin Yusuf Al Mizzi. Beliau memfokuskan diri untuk mempelajari ilmu hadits kepada Al Mizzi. Al Mizzi adalah guru yang paling berpengaruh dalam kehidupan beliau Rohimahullah. Disamping guru, Al Mizzi juga sebagai mertua beliau, karena beliau mempersunting putri Al Mizzi, yang bernama Ammatu Rahim Zainab.
🔹Syaikhul Islam Ahmad bin Abdil Halim bin Abil Qasim bin Taimiyah al Harrani Rohimahullah. Beliau juga menimba ilmu sekian lamanya dengan mempelajari banyak ilmu kepada ibnu Taimiyah Rohimahullah. Ibnu Taimiyah pun banyak memberikan pengaruh dalam kehidupan beliau. Beliau menyebutkan tentang biografi ibnu Taimiyah dalam kitab Al Bidayah wa An Nihayah, Antara aku dan beliau terjalin kecintaan dan persahabatan dari kecil. Saking dekatnya persahabatan dengan ibnu Taimiyah, Ibnu Katsir pun ikut mendapatkan cobaan sebagai mana dialami ibnu Taimiyah. Dari sini ada sebuah pelajaran berharga bagi kita semua bahwa perbedaan madzhab bukanlah sebagai alasan untuk bersikap Fanatik. Sebab, sikap Fanatik akan menghalangi seseorang dalam belajar atau mengajarkan ilmu satu sama lain. Ibnu Katsir adalah seorang tokoh ulama Syafi'iyah (Madzahb Syafi'i) dan ibnu Taimiyah adalah tokoh Ulama Hanabilah (Madzhab Hanbali).
🔹Al Hafidzh Al Kabir Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin 'Utsman Adz dzahabi. Beliau adalah salah seorang tokoh ulama yang sangat mumpuni dalam ilmu sejarah dan ilmu hadits, Ibnu Katsir menyebutkan tentang biografi Adz Dzahabi dalam kitab Al Bidayah Wa an Nihayah, Beliau adalah tokoh penutup para ulama Ahlul Hadits dan para penghapal Hadits.

Bersambung...in syaa Allah.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📋 Sumber, Al Ilmu Edisi No.23/V/XIV/1437H.
▶ klik Join telegram 🔽
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌠 www.salafymedia.com
📡 Publikasi:
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Sya'ban 1437 H

0 Response to "Guru ibnu Katsir Ahli Tafsir Alquran"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo