Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Rahmahnya Salaf kepada Ummat

KEHATI-HATIAN SALAF

▪ Ibrohim An-Nakho'i -rohimahulloh- adalah seorang yang a'war (buta sebelah). Dia mempunyai murid yang bernama Sulaiman bin Mihron yang a'masy (bermata rabun).

▪ Ibnul Jauzi -rohimahulloh- telah meriwayatkan dari keduanya dalam kitabnya "Al-Muntadhom" (dikisahkan) bahwa keduanya pernah berjalan di suatu jalan di kota Kufah. Keduanya ingin berangkat menuju masjid jami’. Di tengah perjalanan berkatalah Imam An-Nakho'i : " Wahai Sulaiman, apakah tidak sebaiknya (kita berpisah saja) engkau mengambil sebuah jalan dan aku  mencari jalan yang lainnya? Sungguh aku khawatir kalau kita berjalan bersama melewati orang-orang safih (kurang akal) mereka akan berkata : " (Lihat tuh!) Ada orang buta sebelah sedang menuntun orang yang matanya rabun". Mereka berbuat ghibah (menggunjing) kita, sehingga dengan itu merekapun berdosa".

▪ Al-A'masy menjawab : "Wahai Abu 'Imron, bukankan dengan demikian kita akan mendapat pahala sedangkan mereka yang akan mendapat dosa?"

▪ Berkatalah Ibrohim An-Nakho'i : "Yaa subhaanalloh, justru jika kita selamat dan merekapun selamat (dari dosa), itu lebih baik daripada kita dapat pahala sementara mereka dapat dosa?"

📚 ( Al-Muntadhom fittaariikh 7/15 )

☄☄☄☄☄☄☄☄
كان إبراهيم النخعي رحمه الله أعورَالعين؛ وكان تلميذه سليمان بن مهران أعمش العين (ضعيف البصر). وقد روى عنهما ابن الجوزي في كتابه (المنتظم) أنهما سارا  في أحد طرقات الكوفة يريدان الجامع، وبينما هما يسيران في الطريق، قال الإمام النخعي : "يا سليمان! هل لك أن تأخذ طريقا وآخذَ آخر؟ فإنّي أخشى إن مررنا سوياً بسفهائها ليقولون: أعور يقود أعمش! فيغتابوننا فيأثمون؟! فقال الأعمش: "يا أبا عمران! وما عليك في أن نؤجر ويأثمون؟" فقال إبراهيم النخعي: "يا سبحان الله! بل نسلَم ويسلمون خير من أن نؤجر ويأثمون"

( المنتظم في التاريخ ٧/ ١٥ )
☄☄☄☄☄☄☄☄

✍ Al-Ustadz Syamsu Muhajir Hafidzahullah
_______________________________

📝 Malang, 4 Sya'ban 1437 H
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

🔘 Salafy Malang Raya 🔘
Channel Resmi Salafy Malang Raya

"Menebar Sunnah Menjalin Ukhuwah"

📡 Join Channel:
@salafymalangraya

🌐 Website:
www.salafymalangraya.or.id
📡 Radio:
www.radio.salafymalangraya.or.id
📮 Channel:
https://telegram.me/salafymalangraya

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

0 Response to "Rahmahnya Salaf kepada Ummat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo