Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MENYAKSIKAN LAILATUL QADAR

MENYAKSIKAN LAILATUL QADAR

Pertanyaan :

Apakah Lailatul Qadar disaksikan dengan kasat mata, dalam arti disaksikan dengan mata telanjang manusia? Sebagian orang mengatakan bahwa manusia yang bisa menyaksikan Lailatul Qadar akan menyaksikan cahaya di langit dan semisalnya. Bagaimana Rasulullah Shallallhu 'Alaihi wa Sallam dan para sahabat beliau radhiyallahu 'anhum menyaksikan Lailatul Qadar? Bagaimana seseorang dikatakan telah menyaksikan Lailatul Qadar? Apakah seseorang mendapatkan pahala malam tersebut meskipun tidak menyaksikannya? Kami mohon penjelasan yang disertai dalil ?

Jawaban:
Terkadang Lailatul Qadar dapat disaksikan dengan kasat mata oleh orang yang diberi taufik oleh Allah Subahanahu wa Ta'ala dengan cara melihat tanda-tandanya. Dahulu para sahabat radhiyallahu 'anhum ditunjukkan Lailatul Qadar dengan tanda-tanda. Namun, tidak menyaksikannya tidak menghalangi orang yang beribadah dengan keimanan dan keikhlasan untuk mendapat keutamaanya. Oleh karena itu, seorang muslim hendaknya berusaha secara optimal untuk mencarinya pada sepuluh hari terakhir Ramadhan sebagaimana diperintahkan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam demi mendapatkan pahala. Jika shalat malam yang dilakukannya dengan iman dan mengharap pahala kebetulan berbarengan dengan Lailatul Qadar, maka dia mendapatkan pahalanya walaupun dia tidak menyaksikannya. Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda : "Barangsiapa mendirikan shalat pada malam lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu diampuni."

Dalam riwayat yang lain disebutkan "Barangsiapa beribadah di malam hari dalam rangka mencari lailatulkadar kemudian dia mendapatkannya, maka dosanya yang telah lewat dan yang akan datang diampuni."
Ada riwayat dari Nabi Shallahu 'Alaihi wa Sallam yang menjelaskan bahwa tanda-tanda Lailatul Qadar antara lain adalah matahari terbit tanpa sinar pada pagi harinya. Ubay bin Ka`ab bersumpah bahwa Lailatul Qadar terjadi pada tanggal dua puluh tujuh dan dia berdalil dengan tanda tersebut. Pendapat terkuat adalah bahwa Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh hari terakhir, hari ganjilnya lebih potensial, dan tanggal dua puluh tujuh adalah tanggal ganjil yang paling potensial. Seseorang yang berusaha optimal pada sepuluh hari terakhir untuk salat, membaca Alquran, berdoa, dan ibadah kebaikan lainnya tidak diragukan lagi telah mendapatkan Lailatul Qadar dan apa yang dijanjikan Allah kepada orang yang beribadah dengan iman dan mengharap pahala.

Wallahu Waliyuttaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi.

http://www.binbaz.org.sa/fatawa/372

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
*******************************
⭕ Turut berbagi:
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Ramadhan 1437 H
*******************************
حول رؤية ليلة القدر

هل ترى ليلة القدر عيانا أي أنها ترى بالعين البشرية المجردة؟ حيث أن بعض الناس يقولون: إن الإنسان إذا استطاع رؤية ليلة القدر يرى نورا في السماء ونحو هذا، وكيف رآها رسول الله صلى الله عليه وسلم والصحابة رضوان الله عليهم أجمعين؟ وكيف يعرف المرء أنه قد رأى ليلة القدر؟ وهل ينال الإنسان ثوابها وأجرها وإن كانت في تلك الليلة التي لم يستطع أن يراها فيها؟ نرجو توضيح ذلك مع ذكر الدليل.

قد ترى ليلة القدر بالعين لمن وفقه الله سبحانه وذلك برؤية أماراتها، وكان الصحابة رضي الله عنهم يستدلون عليها بعلامات ولكن عدم رؤيتها لا يمنع حصول فضلها لمن قامها إيمانا واحتسابا، فالمسلم ينبغي له أن يجتهد في تحريها في العشر الأواخر من رمضان كما أمر النبي صلى الله عليه وسلم طلبا للأجر والثواب فإذا صادف قيامه إيمانا واحتسابا هذه الليلة نال أجرها وإن لم يعلمها قال صلى الله عليه وسلم: ((من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه))، وفي رواية أخرى: ((من قامها ابتغاءها ثم وقعت له غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر))[1]وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم ما يدل على أن من علاماتها طلوع الشمس صبيحتها لا شعاع لها، وكان أبي بن كعب يقسم على أنها ليلة سبع وعشرين ويستدل بهذه العلامة، والراجح أنها متنقلة في ليالي العشر كلها، وأوتارها أحرى، وليلة سبع وعشرين آكد الأوتار في ذلك، ومن اجتهد في العشر كلها في الصلاة والقرآن والدعاء وغير ذلك من وجوه الخير أدرك ليلة القدر بلا شك وفاز بما وعد الله به من قامها إذا فعل ذلك إيمانا واحتسابا.

والله ولي التوفيق وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه.

[1] البخاري (4 / 221)، ومسلم برقم (760).

0 Response to "MENYAKSIKAN LAILATUL QADAR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo