Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Pentingnya Mengulang ulang Hafalan Ilmu

Pentingnya Mengulang-ulang Hafalan atau Ilmu

Al Hasan telah menghikayatkan kepada kami bahwa ada seorang yang fakih banyak mengulang-ulang hafalannya di rumahnya, maka seorang nenek-nenek yang membantu dia di rumahnya berkata, "Demi Allah aku pun sudah hafal (karena dia selalu mendengar seorang fakih tersebut mengulang-ulang hafalannya)."

Lalu seorang fakih ini berkata, "Coba setorkan kepadaku!." Lalu nenek itu menyetorkannya.

Setelah beberapa hari, seorang fakih itu memanggil nenek itu, "Wahai nenek, tolong setorkan kembali apa yang tempo hari engkau telah setorkan kepadaku..!"

Nenek itu berkata, "Aku tidak hafal lagi"

Maka seorang fakih itu berkata, "Demikianlah wahai nenek, aku mengulang-ulang hafalanku agar aku tidak terkena seperti apa yang engkau alami ini (lupa)."

-selesai-

Pembaca rahimakumullah, inilah salah satu metode dalam menjaga hafalan, yakni selalu mengulangi hafalan atau pelajarannya setiap saat, agar ilmu yang telah kita dapat tidak langsung berlalu begitu saja.

Jangan sampai sudah babak belur menghafal Al Quran atau Hadits Arbain, tapi malah tidak dimurajaah-murajaah lagi, kalau lupa kan rugi.. ya gak ?

(Kisah di atas disadur dari Al Hatsu ala Hifzhil Ilmi-Ibnul Jauzi, dinukil dari Al Jami fil Hatsi ala Hifzhil Ilmi, hal. 254, Maktabah Ibni Taimiyyah 1991).
➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)
➖➖➖
💾 Arsip lama di catatankajianku.blogspot.com dan di link telegram http://bit.ly/1OMF2xr
@SedikitFaidahSaja

#ilmu

0 Response to "Pentingnya Mengulang ulang Hafalan Ilmu"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo