Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Adakah Pertentangan Dalam al-Qur'an

📖Adakah Pertentangan Dalam al-Qur'an🔬

السؤال:
من الأحساء وردتنا هذه الرسالة، مرسلها عبد الرحمن بن يوسف الواصلي يقول: أنا شاب مسلم ولكن في بعض الأحيان أفكر تفكيراً أخشى منه، فقد عرفت أن القرآن يزيد المؤمن إيماناً ويزيد الكافر كفراً وعصياناً، ثم أجلس وأقول أليس القرآن واحداً والإنسان أصله واحد، فكيف يحصل هذا التناقض أرجو إقناعي مع ضرب الأمثلة للتقريب، وفقكم الله؟

الجواب:
الشيخ: ما ذكره السائل من كون القرآن يزيد المؤمن إيماناً ولا يزيد الظالمين إلا خساراً، هذا صحيح دل عليه الأمر الواقع كما نطق به القرآن، أما الأمر الواقع فوجه ذلك أن المؤمن إذا قرأ القرآن وأعتبر بما فيه من مواعظ وقصص وصدق الأخطار واعتبر بالقصص وامتثل للأحكام ازداد بذلك إيمانه بلا شك، والكافر أو المتمرد إذا قرأ القرآن فإنه يكذب بالخبر، أو يشك فيه، ولا يعتبر بالقصص ويرى أنها أساطير الأولين، وكذلك في الأحكام لا يمتثل لأمر، ولا ينزجر عن النهي وكل هذا من موجبات نقص الإيمان، فيقص إيمانه ويزداد خساراً لأن القرآن كما قال النبي صلى الله عليه وسلم حجة لك أو عليك، هذا مثال يوضح كيف يزيد إيمان المؤمن بالقرآن وكيف يزيد الظالمين خساراً، أما الأمثلة على ذلك من الأمور الحسية فإننا نرى صاحب الجسم السليم يأكل هذا النوع من الطعام فينتفع به جسمه وينمو ويزداد ويأكله صاحب العلة الذي في جسده مرض فيزيد علته وربما يهلكه ويقتله، مع أن الطعام واحد ومع ذلك اختلف تأثيره بسبب المحل، وكذلك القرآن واحد ويختلف تأثيره بسبب المحل.
💻📱
http://www.ibnothaimeen.com/all/noor/article_7560.shtml

📬Pertanyaan:

Surat ini datang kepada kami dari Ahsa' dikirim oleh Abdurrahman bin Yusuf al-Wasili ia berkata, saya seorang pemuda muslim namun pada sebagian waktu saya berpikir dengan pemikiran yang membuat saya khawatir darinya. Padahal saya sudah tahu bahwa al-Qur'an itu menambah keimanan kepada seorang mukmin dan menambah kekafiran dan kedurhakaan kepada seorang kafir.Lalu saya duduk dan berkata (dalam hati) bukankah al-Qur'an itu satu dan manusia juga asalnya satu, maka bagaimana terjadi kontradiksi ini. Saya berharap penjelasan yang memuaskan saya disertai pemberian contoh yang bisa mendekatkan pemahaman. Semoga Allah تعالي memberi taufik anda?

📩Jawaban:

📼Apa yang disebutkan penanya tentang keberadaan al-Qur'an yang menambah keimanan kepada seorang mukmin dan tidaklah menambah kepada seorang yang zhalim melainkan kerugian. Ini benar adanya. Telah ditunjukkan oleh fakta yang terjadi sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur'an.

➡Adapun fakta yang menunjukkan hal tersebut adalah jika seorang mukmin membaca al-Qur'an dan mengambil pelajaran terhadap kandungannya berupa nasehat, kisah-kisah, kejujuran orang-orang yang mulia serta mengambil teladan dari kisah-kisah juga melaksanakan hukum-hukumnya, bertambahlah dengan itu keimanannya tanpa diragukan lagi.

📤Sedangkan orang kafir atau orang yang sombong jika ia membaca al-Qur'an tentu ia akan mendustakan terhadap beritanya atau meragukannya dan tidak mengambil pelajaran dari kisah-kisahnya serta menganggapnya sebagai dongengan orang terdahulu. Demikian juga terhadap hukum-hukumnya, ia tidak melaksanakan perintahnya dan tidak pula menahan diri dari larangannya. Semua ini menjadi sebab berkurangnya keimanan.

✂Ia memangkas keimanannya dan menambah kerugiannya dikarenakan al-Qur'an sebagaimana sabda Nabi صلي الله عليه و سلم sebagai hujjah bagi anda atau yang akan menuntut anda. Inilah permisalan yang menjelaskan bagaimana iman seorang mukmin itu bertambah dengan al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an menambah kerugian terhadap orang-orang zalim.

🔑Adapun contoh yang bisa dirasakan panca indera yakni jika kita melihat seorang yang fisiknya sehat memakan jenis makanan ini,  tubuhnyapun mendapat manfaat dan tumbuh serta bertambah.

💥Sedangkan orang yang fisiknya sakit bertambahlah sakitnya dan bisa jadi membinasakan serta membunuhnya, meskipun makanannya dari jenis yang sama namun demikian memberikan pengaruh yang berbeda disebabkan keadaannya.
💡Demikian juga al-Qur'an itu satu namun memberikan  pengaruh yang berbeda disebabkan keadaannya

📚Fatawa Nurun 'alad Darb

🌏📝WhatsApp al-Ukhuwwah

0 Response to "Adakah Pertentangan Dalam al-Qur'an"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo