Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HAKIKAT HAJR

📛⚠🚫🚫⚠📛

📘HAKIKAT HAJR

✅ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺑﻴﻊ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

⚠❗ﺍﻟﻬﺠﺮ ﻓﻲ ﺍﻷﺻﻞ ﻫﺠﺮ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﻣﻤﻨﻮﻉ ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﺍﻟﺸﺨﺼﻴﺔ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺰﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺙ .

🔐❗ﻟﻜﻦ ﻫﺠﺮ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ ﺍﻟﺬﻱ ﻓﻴﻪ ﺿﺮﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﺧﻄﺮ ﻋﻠﻰ ﻋﻘﺎﺋﺪﻫﻢ ﻭﻣﻨﺎﻫﺠﻬﻢ ﻭﻋﺒﺎﺩﺍﺗﻬﻢ ﻓﺈﻥ ﻫﺬﺍ ﺃﻣﺮ ﻣﺸﺮﻭﻉ ﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻤﺸﺮﻭﻋﻴﺔ؛ ﻟﺤﻤﺎﻳﺔ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺧﻄﺮ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ، ﻟﻜﻦ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻘﻮﻝ: ﺗﺮﺍﻋﻰ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ! .

🚧❓ﻭﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﺃﻥ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﻣﺮﺍﻋﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﻓﺄﺑﺮﺯ ﺷﻲ ﻭﺃﻭﺿﺢ ﺷﻲ ﺧﺼﻮﺻﺎ ﻟﻠﺸﺎﺏ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ ﺃﻥ ﻳﺮﺟﺢ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ﻭﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ـ ﻳﻌﻨﻲ ﺍﻷﻛﺒﺮ ﻭﺍﻷﺻﻐﺮ ﻭﺍﻟﻤﺼﻠﺤﺔ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻭ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ـ ﻗﺪ ﻻ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ، ﻓﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﻷﺣﻮﻁ ﻟﻪ ؟ ﺍﻷﺣﻮﻁ ﺃﻥ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺩﻳﻨﻪ ﻓﻼ ﻳﺠﺎﻟﺲ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ، ﻭﻻ ﻳﻘﺮﺃ ﻓﻲ ﻛﺘﺒﻬﻢ؛ ﻷﻧﻨﺎ ﻋﺮﻓﻨﺎ ﺧﺎﺻﺔ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺍﻣﺘﺰﺟﺖ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺑﺎﻟﺴﻴﺎﺳﺔ ﺍﻟﻤﺎﻛﺮﺓ ﻋﻤﻠﻮﺍ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﺃﻭ ﺗﻌﻠﻘﻮﺍ ﺑﻬﺎ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻳﻘﻮﻝ : ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﻫﺠﺮﺍﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﺳﺎﺱ ﻭﻻ ﺟﺮﺡ ﻭﻻ ﺗﻌﺪﻳﻞ ﻭﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﺮﻭﺍﺓ، ﻭﺟﺎﺀﻭﺍ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﻭﻳﺄﺗﻮﻥ ﺑﺎﻟﻤﺠﻤﻞ ﻭﺍﻟﻤﻔﺼﻞ ﻭﻳﺄﺗﻮﻥ ﺑﺎﻟﻤﻮﺍﺯﻧﺎﺕ ﻭﻗﺎﻋﺪﺓ ﺇﺫﺍ ﺣﺎﻛﻤﺖ ﺣﻜﻤﺖ ﻭﻗﺎﻋﺪﺓ ﻧﺼﺤﺢ ﻭﻻ ﻧﺠﺮﺡ ﻭﻧﺼﺤﺢ ﻭﻻ ﻫﺪﻡ ﻭﺍﻟﻤﻨﺎﻫﺞ ﺍﻟﻮﺍﻗﻌﺔ ﻭﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﺍﻷﺻﻮﻝ ﺍﻟﺨﺒﻴﺜﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺍﻓﺘﺮﻭﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻟﻤﺤﺎﺭﺑﺔ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺪﻓﺎﻉ ﻋﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﻀﻼﻝ .

✅🔑 ﻓﻘﺪ ﻳﻘﺪﺭ ﻋﺎﻟﻢ ﻳﻌﻨﻲ ﻫﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺼﻠﺤﺔ ﺃﻥ ﺃﻫﺠﺮ ﻫﺬﺍ ﺃﻭ ﻻ ﺃﻫﺠﺮﻩ ـ ﻳﻌﻨﻲ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺼﻴﺮﺓ ﻧﺎﻓﺬﺓ ﻭﺧﺒﺮﺓ ﻭﺍﺳﻌﺔ ـ ﻓﻘﺪ ﻳﺮﻯ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺔ ﺍﻟﻬﺠﺮﺍﻥ ﺃﻭ ﻋﺪﻡ ﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺘﻪ ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺠﺎﻫﻞ ﻓﻤﺎ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ ﺃﻥ ﻳﺮﺟﺢ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ﻭﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﺗﻪ ﻟﻜﻢ ﻓﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﻷﺳﻠﻢ ﻟﻪ ؟ ﻭﻣﺎ ﻫﻲ ﺍﻟﻤﺼﻠﺤﺔ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻪ ؟ ﺍﻟﻤﺼﻠﺤﺔ ﺃﻥ ﻳﺤﻔﻆ ﺩﻳﻨﻪ ﻷﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺷﺒﻬﺎﺕ ﻭﻻ ﺳﻴﻤﺎ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺷﺒﻬﺎﺕ ﻭﻋﻨﺪﻫﻢ ﺇﻋﻼﻡ ﻭﻛﺜﺮﺕ ﻭﺳﺎﺋﻞ ﺍﻟﺘﻀﻠﻴﻞ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﻭﻣﺼﺎ ﺋﺪﻫﻢ ﻛﺜﻴﺮﺓ .

✅💡ﻓﻴﻨﺒﻐﻲ ﻟﺸﺎﺏ ﺃﻥ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﺣﺒﺎﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻭﺇﺫﺍ ﺗﺴﺎﻫﻞ ﻭﺗﻬﺎﻭﻥ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﻓﻔﻲ ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ ﺃﻧﻪ ﻳﻀﻴﻊ ﻭﻗﺪ ﺿﺎﻉ ﺷﺒﺎﺏ ﻛﺜﻴﺮ ﻟﻢ ﺗﺜﺒﺖ ﺃﻗﺪﺍﻣﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻔﻲ ﺇﻧﻤﺎ ﺃﺣﺒﻮﻩ ﻭﺑﺪﺃ ﻳﺴﻴﺮﻭﻥ ﻓﻴﻪ ﻓﺎﻋﺘﺮﺿﻬﻢ ﻫﺆﻻﺀ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ، ﻭﻣﻦ ﺿﻤﻨﻬﺎ ﺍﻟﻬﺠﺮ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻏﻴﺮ ﻣﺸﺮﻭﻉ ﻭﺍﻟﻬﺠﺮ ﻳﺮﺍﻋﻰ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ﻭﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﺍﻗﺮﺃ ﻭﺳﻤﻊ ﻭﺧﺬ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺩﻉ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻴﻞ ﻭﺍﻟﻤﺼﺎﺋﺪ ﻟﻠﺸﺒﺎﺏ، ﻭﺗﺼﻴﺪﻭﺍ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ ﻭﺫﻫﺐ ﺿﺤﻴﺔ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻜﺮ ﺷﺒﺎﺏ ﻛﺜﻴﺮ ﺟﺪﺍ ﻟﻮ ﺳﻠﻤﻮﺍ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻜﺎﻳﺪ ﻟﻜﺎﻥ ﺷﺒﺎﺏ ﺍﻷﻣﺔ ﻋﻠﻰ ﺧﻴﺮ ﻛﺒﻴﺮ ﻭﻟﻜﺎﻧﺖ ﺃﻋﺪﺍﺩﻫﻢ ﻫﺎﺋﻠﺔ ﻭﻟﻜﻦ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﺗﺘﻘﻠﺺ ﺍﻷﻋﺪﺍﺩ ﻭﻳﺘﺼﺪﻉ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ ﻭﻳﺬﻫﺒﻮﻥ ﻫﻨﺎ ﻭﻫﻨﺎﻙ ﻟﺘﺼﻴﺪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻟﻬﻢ .

🔎❓ﻓﺎﻟﺨﻼﺻﺔ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ ﻣﻨﻜﻢ ﺍﻵﻥ ﻳﺮﺟﺢ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ ؟ ﻭﻫﻞ ﺃﺭﻳﺪ ﺃﻧﺎ ﺃﻥ ﺃﺭﺟﺢ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﻓﻼﻥ ﻭﻣﺼﻠﺤﺔ ﻓﻼﻥ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﻠﺴﻄﻴﻨﻲ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻴﻤﻨﻲ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﺮﻗﻲ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻐﺮﺑﻲ ﻃﻴﺐ {...}، ﺇﺫﺍ ﺍﻷﺣﻮﻁ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﻭﺍﻟﻤﺼﻠﺤﺔ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻻ ﻳﺨﺎﻟﻂ ﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ، ﺍﻟﺒﺪﻉ، ﻭﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ، ﺃﻥ ﻻ ﻳﺨﺎﻟﻂ ﺍﻷﺣﺰﺍﺏ ﺍﻟﻀﺎﻟﺔ ﺍﻟﻤﻀﻠﻠﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻬﺎ ﻧﺸﺎﻁ ﻻ ﺃﻭﻝ ﻟﻪ ﻭﻻ ﺁﺧﺮ ﻟﺘﻀﻠﻴﻞ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻛﻢ ﺫﻫﺐ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺰﺍﺋﺮ ﺑﺴﺒﺐ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ ؟! ﻛﺎﻥ ﻣﻌﻈﻢ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ ﺍﻟﺴﻠﻔﻲ ﻣﻘﺒﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻔﻲ ﺍﺗﺠﻪ ﻳﻌﻨﻲ ﻃﻼﺏ ﺍﻟﺠﺎﻣﻌﺎﺕ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻔﻲ ﻭﺟﺎﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﺤﺰﺑﺎﺕ ﻭﺻﺮﻓﻮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻔﻲ ﻓﻀﻴﻌﻮﻩ، ﻫﺆﻻﺀ ﺷﺒﺎﺏ ﻛﺜﻴﺮ ﺑﺴﺒﺐ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻟﺤﻴﻞ .

🚧🔦 ﺇﺫﻥ ﺍﻷﺣﻮﻁ ﻟﻠﺸﺒﺎﺏ ﺃﻥ ﺍﻟﺸﺎﺏ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺠﻪ ﻷﻥ ﻫﺬﻩ ﻣﺼﻠﺤﺘﻪ، ﻭﻳﺪﺭﺃ ﻋﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻷﻫﻮﺍﺀ ﺍﻟﺘﻲ
ﻳﺮﻣﻮﻥ ﺑﻬﺎ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻀﻼﻝ ﻭﺍﻟﺒﺎﻃﻞ، ﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﺃﻗﻮﻟﻪ ﺣﻮﻝ ﻫﺬﺍ .

📻 ﻣﻦ ﺷﺮﻳﻂ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﺘﻤﻴﻴﻌﻲ ﻭﻗﻮﺍﻋﺪﻩ

🌏 http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=108823

💡🔅💡🔅💡🔅💡

✅ Berkata asy-Syaikh Robi' hafizhohulloh:

⚠❗Hajr pada ashlnya menghajr seorang muslim itu terlarang.
Jika pada perkara pribadi tidak boleh melebihi tiga hari.

🔐❗Akan tetapi menghajr mubtadi' yang padanya ada kemudhorotan bagi manusia dan berbahaya bagi aqidah, manhaj, dan ibadah mereka, maka ini adalah perkara yang di syariatkan. Pada asalnya disyariatkan untuk menjaga agama manusia dari bahaya mubtadi' ini. Akan tetapi sebagian manusia mengatakan "perhatikan mashlahat!"

🚧❓Hakikatnya kebanyakan manusia tidak mengerti untuk menimbang maslahat dan mafsadah. Maka sesuatu yang paling nampak dan jelas,  terutama bagi pemuda yang tidak bisa mentarjih antara maslahat dan mafsadah, yakni mana yang terbesar dan mana yang kecil, maslahat besar dan dunia. Dia tidak mampu, maka (sikap) apa yang paling berhati-hati bagi dia? Yang paling berhati-hati adalah dia menjaga agamanya. Maka dia tidak bermajlis dengan ahlul bid'ah dan tidak membaca kitab-kitab nya. Karena kita tahu,  terlebih setelah bid'ah bercampur dengan politik yang selalu berbuat makar, mereka membut kaedah-kaedah atau bersandar dengannya. Sebagian mereka mengatakan hajr bukan asas, tidak juga jarh dan ta'dil. Jarh dan ta'dil khusus untuk perawi. Mereka mendatangkan kaedah-kaedah ini, dan mereka mendatangkan (kaedah) Mujmal Mufashol, mereka mendatangkan (kaedah) muwazanah dan kaedah idza haakamta hakamta, kaedah nushohih wala nujarrih wa lahadm. Dan manhaj-manhaj waqi'ah, dan seterusnya dari ushul-ushul yang khobits yang mereka ada-adakan atas nama islam untuk memerangi ahlussunnah dan membela ahlul bid'ah dan sesat.

✅🔑 Terkadang seorang alim memperkirakan,  yakni apakah termasuk maslahat saya menghajr orang ini atau tidak. Yakni dia memiliki bashiroh yang tajam dan pengalaman yang luas. Orang alim ini memandang disyariatkannya hajr atau tidak. Adapun orang jahil maka dia tidak bisa untuk mentarjih antara maslahat dan mafsadah dan seterusnya sebagaimana yang telah kusebutkan. Maka (sikap) apakah yang paling selamat baginya? apakah maslahat untuk dirinya?, Maslahatnya adalah menjaga agamanya,  karena ahlul bid'ah memiliki syubhat-syubhat. terlebih di zaman ini, mereka memiliki syubhat-syubhat dan media. Banyak media-media penyesat mereka miliki, dan jaring mereka banyak.

✅💡Maka sepantasnya bagi pemuda untuk menjaga kebaikan yang telah Alloh pilihkan untuk dirinya berupa manhaj yang agung ini. Jika dia bermudah-mudah an dan meremehkan masalah ini, kebanyakannya akan tersingkir. Dan telah tersingkir banyak dari pemuda, tidak kokoh kakinya diatas manhaj salafy. Dulu mereka mencintai dan mulai berjalan diatas manhaj ini, kemudian digugat oleh orang-orang sesat dengan syubhat-syubhat ini. Yang diantara kandungan syubhatnya adalah hajr dimasa ini tidak disyariatkan, hajr harus menimbang maslahat dan mafsadah, bacalah dengarkanlah dan ambillah yang benar tinggalkan yang salah, dan selainnya dari kilahan dan jebakan untuk para pemuda. Mereka berhasil menjaring banyak pemuda dan para pemuda itu menjadi korban makar ini. Seandainya para pemuda itu selamat dari tipudaya ini pasti niscaya pemuda ummat ini berada diatas kebaikan yang besar. Dan pasti jumlahnya sangat banyak. Akan tetapi setiap hari jumlahnya berkurang dan mereka para pemuda pergi kesana kemari untuk dijaring oleh ahlulbid'ah.

🔎❓Ringkasnya, siapakah yang mampu diantara kalian sekarang ini untuk mentarjih antara beberapa maslahat? Dan apakah saya menginginkan untuk mentarjih maslahat tertentu dan tertentu, ini Palestina, ini Yaman,ini timur, ini barat, thoyyib {...}, kalau begitu yang paling berhati-hati bagi seorang muslim dan maslahat baginya adalah tidak bergaul dengan shufi, mubtadi',dan ahlusy-syubhat. Tidak bergaul dengan hizb-hizb sesat lagi menyesatkan yang sedang marak untuk menyesatkan manusia. Betapa banyak pemuda Jazair hilang sebab syubhat-syubhat ini? Dahulu mayoritas pemuda salafy bersemangat mengikut manhaj. Dari kalangan mahasiswa dan selainnya bersemangat mengikuti manhaj salafy. Kemudian mereka mendatangi syubhat dan hizbiyyah kemudian memalingkan mereka dari manhaj salaf,maka tersingkirlah mereka. Mereka banyak pemuda dengan sebab syubhat dan tipudaya ini.

🚧🔦 Kalau demikian yang paling berhati-hati bagi pemuda adalah menjaga manhajnya. karena ini adalah maslahat baginya.  Dan menolak dari dirinya mafsadah bid'ah dan hawanafsu yang dilemparkan oleh ahlu dholal dan ahlul bathil. Inilah yang kukatakan seputar masalah ini.

📻 Dari kaset Manhaj tamyi' dan kaedah-kaedahnya

💻  Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:
🌐 www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
أصحاب السنة
🌠⭐🌠⭐🌠

❂Ashhaabus Sunnah❂
🚧Tanbih:

Terkait artikel diatas:
📝 Alih Bahasa: Al Ustadz Abu Dzar Pontianak hafizhahullah - Syabab Ashhabus Sunnah

0 Response to "HAKIKAT HAJR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo