Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

ORANG YANG MASUK MASJID KETIKA IMAM SEDANG SHALAT ASHAR, PADAHAL ORANG ITU BELUM SHALAT ZHUHUR, APA YANG HARUS DILAKUKANNYA ?

ORANG YANG MASUK MASJID KETIKA IMAM SEDANG SHALAT ASHAR, PADAHAL ORANG ITU BELUM SHALAT ZHUHUR; APA YANG HARUS DILAKUKANNYA?

💺 asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullaah.

Pertanyaan:

💥✊ Jika seseorang belum sholat zhuhur, misalnya, lalu ia teringat. Sedangkan sholat ashar sedang didirikan, apakah ia ikut berjamaah dengan niat sholat ashar atau dengan niat sholat zhuhur? Atau ia sholat zhuhur dahulu sendirian, lalu sholat ashar? Dan apakah makna perkataan Ahli Fikih: Jika seseorang takut luputnya sholat yang haadhiroh (sholat yang waktunya berlangsung), maka gugurlah tartib. Apakah kekhawatiran tidak dapat mengikuti sholat berjamaah dapat mengguggurkan tartib?

✅Jawaban:

🔗👍 Yang disyariatkan bagi orang yang disebutkan dalam pertanyaan di atas adalah:

⭕ Dia mengikuti sholat berjamaah, tetapi dengan niat sholat Zhuhur; kemudian setelah itu ia sholat ashar. Yang demikian itu karena tartib (berurutan dalam mengerjakan sholat) adalah wajib.Tartib tidaklah gugur dengan kekhawatiran tidak mengikuti sholat berjamaah.

🔖💬 Adapun perkataan Ahli Fikih: Jika seseorang takut ia akan luput dari sholat yang hadhiroh (yakni sholat yang waktunya sedang berlangsung), maka gugurlah tartib; Artinya: Seseorang yang terluput satu sholat, maka dia berkewajiban mengerjakan sholat yang luput tersebut sebelum sholat yang hadhir. Namun apabila sholat yang hadhir tersebut sudah hampir habis, maka ia harus melakukan sholat yang hadhir terlebih dahulu.

🌕 Contohnya: Ia terluput sholat isya, dan ia baru teringat hal itu setelah hampir terbit matahari, sedangkan ia pun belum sholat subuh di hari itu. Maka ia sholat subuh terlebih dahulu sebelum waktunya habis, setelah itu barulah ia mengerjakan sholat isya. Wallohu a'lam.

📚 Sumber: Fatawa Muhimmah Tata'allaqu bi ash-Shalah; kumpulan tanya jawab bersama asy-Syaikh Ibnu Baaz pertanyaan no. 9 pada hlm. 9-10.

Alih Bahasa: Abu Utbah Miqdad hafizhahullah.

---------------------------------
🌎 WhatsApp Riyadhul Jannah.
---------------------------------
📃📏📃📏📃📏📃📏📃📏

0 Response to "ORANG YANG MASUK MASJID KETIKA IMAM SEDANG SHALAT ASHAR, PADAHAL ORANG ITU BELUM SHALAT ZHUHUR, APA YANG HARUS DILAKUKANNYA ?"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo