Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

INILAH AKHLAQ PARA IMAM JARH WA TA'DIL, LALU ADAKAH YANG BISA MENGAMBIL PELAJARAN

〰🌷✋ INILAH AKHLAQ PARA IMAM JARH WA TA'DIL, LALU ADAKAH YANG BISA MENGAMBIL PELAJARAN

🔊 Aku mendengar dari guruku dan guru dari guru-guruku, al Allamah al Muhaddits Rabi' bin -Hadi -hafidzahullah wa baaraka fi umrihi- malam ini, pada pelajaran syarh Shahih Muslim, setelah asy Syaikh Abdul Wahid mengingatkan beliau atas kesalahan pengucapan yang terjadi pada beliau, kemudian beliau mengatakan:

☝Ⓜ"Saya sudah berumur 86 tahun dan sudah beruban rambutku, dan terkadang aku mengucapkan sebuah ucapan yang salah padanya, maka maafkanlah aku.

📢 ❌Ada sebagian orang, apabila mereka salah kemudian ada orang yang mengingatkan, justru ia marah. Maka ini SALAH.

📄 Apabila kalian terjatuh pada kesalahan RUJUKLAH (kembalilah), PELAJARILAH AKHLAQ INI. Dahulu Umar -radhiyallahu 'anhu- seorang yang berhenti kepada Kitabullah dan orang yang senantiasa rujuk kepada al haq."

🔘 Dan aku juga mendengar dari guruku dan guru dari guru-guruku, al Allamah Ubaid bin Abdillah al Jabiiriy -hafidzahullah ta'ala wa baaraka fi umrihi- pada malam ini, setelah selesai dari pelajaran Syarh Kitab al Qawaid wal Ushul al Jami'ah karya As Sa'diy, beliau mengatakan yang maknanya:

🌷🔓 "...Dan Aku mengharapkan kepada para ikhwah dan akhawat yang hadir, dan para pendengar untuk menegur (mengingatkan) apabila aku salah dalam menjelaskan, sehingga aku bisa rujuk darinya."

📅 al Madinah an Nabawiyyah, 8 Rajab 1436 H

✏..Ditulis oleh: Abul Harits Muhammad bin Mushlih al Indunisiy -hafidzahullah ta'ala-

📝 Alih bahasa: Ibrahim Abu Kaysa

💻 http://forumsalafy.net/?p=10714
-------------------------
هذه أخلاق الأئمة النقاد فهل من معتبر

سمعت شيخنا وشيخ شيوخنا العلامة المحدث ربيع بن هادي-حفظه الله وبارك في عمره- الليلة في شرحه على مسلم، بعدما نبهه الشيخ عبدالواحد على سبق لسانه، يقول :

أنا عمري ستة وثمانون سنة وشيبة وقد أقول كلمة خطأ فسامحوني، بعضهم إذا أخطأ ونبهوه يغضب وهذا خطأ، إذا أخطأتم ارجعوا، تعلموا هذه الأخلاق، كان عمر-رضي الله عنه- وقافا عند كتاب الله ورجاعا إلى الحق..

وسمعت شيخنا وشيخ شيوخنا العلامة عبيد بن عبد الله الجابري حفظه الله تعالى وبارك في عمره - الليلة بعد ما ينتهي من شرحه للقواعد والأصول الجامعة للسعدي - يقول ما معناه :

《..وأرجو من الإخوة والأخوات من الحاضرين والمستمعين أن ينبهوني إذا أخطأت في الشرح، حتى أتراجع عنه》

المدينة النبوية ٨-٧-١٤٣٦

المصدر : مجموعة البر كة مع أكابركم
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

0 Response to "INILAH AKHLAQ PARA IMAM JARH WA TA'DIL, LALU ADAKAH YANG BISA MENGAMBIL PELAJARAN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo