Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Sumber Bahan Pengawet Alami

☕   Di negara tropis seperti Indonesia, temperatur dan kelembaban udara pada umumnya relatif tinggi. Keadaan ini dapat menyebabkan sejumlah makanan menjadi cepat rusak karena adanya mikroorganisme yang dapat merusak makanan berkembang dengan pesatnya.

Untuk dapat mencegah atau menghambat terjadinya kerusakan ini, maka perlu ditambahkan bahan atau zat yang mampu mencegah atau menghambat perubahan pada bahan makanan yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme. Bahan ini dikenal dengan sebutan bahan pengawet.

Berdasarkan pada sumber bahannya, pengawet makanan dapat dibedakan menjadi dua katagori, yaitu bahan pengawet alami dan pengawet buatan.

Sumber Bahan Pengawet Alami

Contoh yang alami dapat dilihat pada para nelayan ketika memanfaatkan sisa ikan yang tidak terjual namun masih segar. Agar tidak cepat membusuk dan tetap dapat dipasarkan, para nelayan menggunakan garam sebagai bahan pengawet untuk membuat ikan asin. Meskipun rasanya menjadi berbeda dengan ikan segar, namun ikan asin masih tetap berprotein tinggi. Berikut Beberapa contoh bahan yang umum digunakan sebagai pengawet alami.

1⃣   Gula tebu

Gula tebu selain dapat memberi rasa manis, gula dapat berfungsi juga  sebagai pengawet. Buah-buahan yang disimpan dalam larutan gula pekat akan menjadi tahan lama karena mikroorganisme sulit hidup di dalamnya.

2⃣    Gula merah

Gula merah sama dengan gula tebu, selain sebagai pemanis, gula merah dapat berfungsi sebagai pengawet.

3⃣   Garam

Garam yang dihasilkan dari penguapan air laut dapat berfungsi sebagai  pengawet alami untuk beragam makanan. Ikan asin dapat bertahan hingga berbulan-bulan karena pengaruh garam.

4⃣    Kunyit

Kunyit, selain sebagai pewarna, juga berfungsi sebagai pengawet. Dengan penggunaan kunyit, tahu atau nasi kuning menjadi tidak cepat basi.

5⃣   Kulit kayu manis

Kulit kayu manis merupakan salah satu jenis kulit kayu yang dapat berfungsi sebagai pengawet karena banyak mengandung asam benzoat. Selain itu, kayu manis juga berfungsi sebagai pemanis dan pemberi aroma yang khas.

6⃣    Cengkih

Cengkih merupakan pengawet alami yang dihasilkan dari bunga tanaman cengkih. Selain sebagai pengawet, cengkih juga berfungsi sebagai penambah aroma makanan.....🌳

📚 MEDIA  HERBAL 🌴

0 Response to "Sumber Bahan Pengawet Alami"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo