Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

WANITA MENINGGAL SEBELUM MELAKSANAKAN HAJI

✈💢 WANITA MENINGGAL SEBELUM MELAKSANAKAN HAJI

✈💢 [١٩] نفقة الحج الواجب تكون قبل قسمة الإرث
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🌿السؤال❓

🏥🌾 توفيت امرأة عن زوجها ووالدها وإخوتها-ذكور وإناث- بعد أن أنجبت بنتًا توفيت قبل أمها المذكورة، وخلفت بعض النقود القليلة.. يرغب الورثة معرفة فرض كل منهم. هذا من جهة، ومن جهة ثانية فإن المرأة المتوفاة المذكورة لم تؤد فريضة الحج، وبعض الورثة يفضل أن يكلف من يحج عنها قبل توزيع الفروض، والبعض منهم لا يوافق على ذالك إﻻ بعد اﻻستفتاء ومعرفة الوجه الشرعي، ونحن في انتظار الإجابة.

✅ الجواب🌹

🌻🍃 إذا كان الأمر كما ذكر فيدفع من تركتها ما يكفي للحج والعمرة لمن يحج عنها ويعتمر إذا كانت قادرة على الحج في حياتها، أما إن كانت فقيرة فلا حج عليها ولا عمرة.

💰💳 وما بقي بعد ذالك يُقضي دينها منه إن كان عليها دَين، ثم تنفذ وصيتها الشرعية إن كانت مُوصيَة، وما بقي بعد ذالك فمسألته من اثنين للزوج النصف، والباقي للأب ولا شيء لإخوتها، لأن الأب يسقطهم، وأما ابنتها التي توفيت قبلها فلا ترث من أمها لأن من شروط الإرث تحقق وجود الوارث حين موت المورّث وهو مفقود هنا، وبالله التوفيق، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه.

🌿 PERTANYAAN❓

🏥🌾 Seorang wanita meninggal dunia dengan meninggalkan suami, ayah dan saudara-saudara laki-laki dan perempuan, dia meninggal setelah melahirkan bayi perempuan yang meninggal sebelumnya. Wanita tersebut meninggalkan sedikit uang. Para ahli warisnya ingin mengetahui bagian masing-masing.
Disisi lain, wanita yang meninggal itu belum melaksanakan haji, sementara sebagian ahli warisnya mengharapkan agar mengupah seseorang untuk menghajikannya sebelum pembagian warisan, namun sebagian lainnya tidak menyetujui  kecuali setelah meminta fatwa dan mengetahui ketetapan. Kini kami menunggu jawabannya.

✅JAWABAN🌹

🌻🍃 Jika permasalahannya seperti yang disebutkan, maka terlebih dahulu dibayarkan dari warisan itu untuk mengupah orang yang akan menghajikan dan mengumrohkannya jika si wanita itu pada hidupnya memang mampu melaksanakannya, tapi jika dia miskin (tidak mampu) maka tidak wajib haji dan umroh.

💰💳 Selebihnya digunakan untuk melunasi hutang jika dia berhutang, kemudian untuk memenuhi wasiatnya jika dia berwasiat. Sisanya,  seperdua bagian untuk suaminya dan selebihnya untuk ayahnya. Adapun saudara-saudaranya tidak mendapat bagian, karena keberadaan ayah menggugurkan mereka. Sedangkan anaknya yang telah meninggal lebih dahulu, tidak mendapat warisan ibunya, karena diantara syarat pewarisan adalah keberadaan ahli waris ketika yang mewariskan itu meninggal, sementara si anak tersebut telah tiada saat kematian ibunya. Hanya Alloh-lah pemberi petunjuk. Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, semua keluarga dan para sahabatnya

📚 Sumber: FATAWA AL-LAJNAH AD-DA'IMAH, melalui peratara Kitab FATAWA ISLAMIYYAH, juz 3, hlm. 49.

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

==========================
⭐🌈 WA Riyadhul Jannah As-Salafy
==========================
🌿💐🍁🍃💐🍁🍃💐🌿🍁

0 Response to "WANITA MENINGGAL SEBELUM MELAKSANAKAN HAJI"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo