Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

ANAK YANG BELUM BALIGH DIPERINTAHKAN BERPUASA JIKA MAMPU

🍉🍃 ANAK YANG BELUM BALIGH DIPERINTAHKAN BERPUASA JIKA MAMPU 🍉🍃
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

💺📚 ASY-SYAIKH MUHAMMAD IBNU SHOLIH AL-'UTSAIMIN رحمه الله

📞 السؤال ٢٣ ❓

🍇🍒 هل يؤمر الصبيان دون الخامسة عشر بالصيام كما في الصلاة ؟

✅ الجواب ٢٣ 🌹

👍🍅 نعم يؤمر الصبيان الذين لم يبلغوا بالصيام إذا أطاقوه كما كان الصحابة رضي الله عنهم يفعلون ذلك بصبيانهم . وقد نصَّ أهل العلم على أن الولي يأمر من له ولاية عليهم من الصغار بالصوم من أجل أن يتمرَّنوا عليه ويألفوه وتتطبع أصول الإسلام في نفوسهم حتي تكون كالغريزة لهم.

📏🔰 ولكن إذا كان يشق عليهم أو يضرهم فإنهم لا يلزمون بذلك . وإنني أنبه هنا علي مسألة يفعلها بعض الآباء أو الأمهات وهي منع صبيانهم من الصيام على خلاف ما كان الصحابة رضي الله عنهم يفعلونه . يدَّعون أنهم يمنعون هؤلاء الصبيان رحمة بهم ، وإشفاقا عليهم ، والحقيقة أن رحمة الصبيان بأمرهم بشرائع الإسلام وتعويدهم عليها وتأليفهم لها. فإن هذا بلا شك من حسن التربية وتمام الرعاية .

☝💥 وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم قوله : (إن الرجل راع في أهل بيته ومسؤل عن رعيته) والذي ينبغي على أولياء الأمور بالنسبة لمن ولاهم الله عليهم من الأهل والصغار أن يتقوا الله تعالى فيهم ، وأن يأمروهم بما أمروا أن يأمروهم به من شرائع الإسلام.

📂📜 ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام

📞 ASY-SYAIKH DITANYA ❓

🍇🍒 Apakah anak kecil yang belum mencapai usia 15 tahun diperintahkan untuk berpuasa sebagaimana halnya sholat?

✅ ASY-SYAIKH MENJAWAB

🍊👍YA, anak-anak kecil yang belum mencapai usia baligh diperintahkan untuk puasa jika mereka mampu. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh para sahabat terhadap anak-anak mereka. Sungguh para ulama telah mengatakan dengan tegas bahwa seorang pemimpin itu memerintahkan orang yang dibawah kepemimpinanya, seperti anak-anak kecil untuk berpuasa agar mereka terlatih dan prinsip dasar islam tertanam dalam jiwa mereka, hingga menjadi kepribadian mereka.

📏🔰 Akan tetapi jika hal ini memberatkan mereka atau menimbulkan mudhorat pada mereka, tidak diharuskan bagi mereka untuk melaksanakannya. Dan saya ingin memberi peringatan terhadap apa yang dilakukan oleh para bapak dan ibu, yang melarang anak-anak mereka untuk berpuasa, karena menyelisihi apa yang dilakukan oleh para shahabat. Para bapak dan ibu itu menganggap bahwa mereka melarang anak-anak mereka berpuasa karena sayang dan merasa kasihan. Yang benar, mengasihi anak-anak itu ialah dengan memerintahkan mereka mengerjakan syariat-syariat islam dan membiasakannya. Karena sesungguhnya, hal ini tidak diragukan lagi adalah sebaik-baik cara mendidik mereka dan kesempurnaan dalam mengatur orang yang dibawah pimpinannya.

☝💥 Dan sungguh telah tsabit dari Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam, melalui sabda beliau:

(إن الرجل راع في أهل بيته ومسؤل عن رعيته)

"Sesungguhnya seseorang itu pemimpin terhadap keluarganya dan akan dimintai pertanggung jawaban tentang yang dipimpinnya. (HR AL-BUKHORY 2409 DAN MUSLIM: 1829). Sepantasnya bagi para wali, yaitu orang-orang yang Alloh jadikan pemimpin terhadap keluarganya dan anak-anak agar bertaqwa kepada Alloh dalam urusan mereka dan hendaklah para pemimpin itu memerintahkan  mereka dengan syariat islam.

📚 Sumber:
📂📜 ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

=========================
⭐🌈 WA Riyadhul Jannah As-Salafy
=========================
🌿💐🍁🍃💐🍁🍃💐󟠼🍃

0 Response to "ANAK YANG BELUM BALIGH DIPERINTAHKAN BERPUASA JIKA MAMPU"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo