Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TIDAK WAJIB BERPUASA tapi wajib fidyah

❌🍜 TIDAK WAJIB BERPUASA...🍜❌
〰〰〰〰〰〰〰〰〰

💺📚 ASY-ASYAIKH MUHAMMAD IBNU SHOLIH AL-'UTSAIMIN رحمه الله

📞 السؤال ٢٤❓

🍁🌱 إذا برئ شخص من مرض سبق أن قرّر الأطباء استحالة شفائه منه وكان ذلك بعد مضى أيام من رمضان فهل يطالب بقضاء الأيام السابقة ؟

✅ الجواب ٢٤ 🌹

🍛🍹إذا أفطر شخص رمضان أو من رمضان لمرض لا يرجى زواله إما بحسب العادة وإما بتقرير الأطباء الموثوق بهم، فإن الواجب عليه أن يطعم عن كل يوم مسكينا ، فإذا فعل ذلك وقدر الله له الشفاء فيما بعد فإنه لايلزمه أن يصوم عما أطعم عنه ، لأن ذمته برئت بما أتي به من الإطعام بدلاً عن الصوم .

❌⭐ وإذا كانت ذمته قد برئت فلا واجب يلحق بعد براءة ذمته . ونظير هذا ما ذكره الفقهاء رحمهم الله في الرجل الذي يعجز عن أداء فريضة الحج عجزًا لا يرجى زواله فيقيم من يحج عنه ثم يبرأ بعد ذلك فإنه لا تلزمه الفريضة مرة ثانية .

📂📜 ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام

📞 ASYAIKH DITANYA

🌱🍁 Apabila seseorang sembuh dari penyakitnya yang dahulu dinyatakan oleh dokter dia tidak mungkin sembuh. Dan kesembuhannya ialah setelah berlalu beberapa hari dari bulan Romadhon. Apakah dia dituntut untuk mengganti puasa pada hari-hari yang lalu ketika dia sakit?

✅ ASY-SYAIKH MENJAWAB

🍛🍹 Jika seseorang berbuka di bulan Romadhon atau sebagian bulan Romadhon dikarenakan sakit yang tidak diharapkan lagi kesembuhannya, apakah karena kebiasaan atau adanya pernyataan dari dokter yang dipercaya, maka yang wajib atasnya ialah memberi makan setiap harinya satu orang miskin. Apabila dia sudah melakukan ini, setelah itu Alloh takdirkan dia sembuh dari sakitnya, maka dia tidak wajib lagi untuk berpuasa, karena telah memberi makan orang miskin tersebut. Hal itu karena tanggung jawabnya sudah lepas dengan dia memberi makan tersebut sebagai ganti dari puasanya.

❌⭐Apabila tanggung jawabnya sudah lepas, tidak ada lagi kewajiban (berpuasa) setelah itu. Serupa dengan hal ini adalah apa yang disebutkan oleh para ahli fikih tentang seorang yang tidak mampu menunaikan kewajiban haji karena kelemahannya yang tidak bisa diharapkan untuk hilang (sembuh). Kemudian ada yang menghajikannya. Tetapi, setelah itu dia sembuh, maka tidak wajib baginya untuk melakukan kewajiban haji untuk kedua kalinya.

📚 Sumber:
📂📜 ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام

📝 Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

=========================
⭐🌈 WA Riyadhul Jannah As-Salafy
=========================
🌿💐🍁🍃💐🍁🍃💐󟠼

0 Response to "TIDAK WAJIB BERPUASA tapi wajib fidyah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo