Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Berlatihlah untuk menjadi pelayan Diri Sendiri dan Pelayan Ummat

⏳Berlatihlah untuk menjadi pelayan🌾

Renungi dan ambil pelajaran dari kisah berikut. . .

🌌Pada suatu malam, seorang ulama besar asal Pelestina bertemu dan menginap di kediaman Kahalifah Umar bin Abdul Aziz. Ulama tersebut bernama, Raja' bin Haiwah.
Malampun tiba, saat itu terangnya ruangan hanya berasal dari pelita minyak. Ketika mereka sedang asyik berbincang-bincang, pelita minyak tersebut mulai meredup. Lalu Raja' bin Haiwah berinisiatif untuk memperbaiki pelita tersebut. Saat Raja' bin Haiwah hendak bangkit, Khalifah Umar bin Abdul Aziz menahan beliau sembari berucap :
" Demi Allah, anda harus tetap duduk! Jangan berdiri! " pintanya.
Raja' bin Haiwah terkejut disertai takjub melihat sikap khalifah. " Duhai khalifah, apakah anda sendiri yang akan memperbaiki pelita tersebut? padahal anda adalah amirul mu'min. (bujuk Raja' agar khalifah tetap duduk)
Umar bin Abdul Aziz tetap berdidiri dan memperbaiki pelita tersebut, tanpa menghiraukan ucapan tamunya. Setelah selesai beliau mengatakan: " Saat berdiri tadi aku adalah Umar bin Abdul Aziz, setelah kembali lagi akupun tetap Umar bin Abdul Aziz".

🌱Subhanallah . . .

Itulah Umar bin Abdul Aziz, yang terkenal dengan kezuhudanya. Beliaulah khalifah (pemimpin) kaum muslimin. Jutaan manusia berada dibawah kepemimpinannya. Namun beliau ingin melayani tamunya. Sebuah hal yang langka dizaman sekarang. Bukan begitu?
Sulit dan memang sulit , butuh perjuangan melawan hawa nafsu ini untuk bisa merendah dihadapan oranglain. Ingat sabda Rasulullah: " ماتواضع أحد لله إلا رفعه الله
" Tidaklah seorang pun bersikap merendah karena Allah, melainkan pasti Allah ta'ala akan semaikin menginggikan derajatnya".
Allah akan meninggikan derajatnya, bukan merendahkannya. Jadi, belajarlah dan berlatihlah untuk selalu melayani orang lain, walaupun dirimu adalah seorang pemimpin.
Melayani disini berarti, membantunya, menolongnya, dan yang semakna dengan kata tersebut. Yang jelas, jangan anggap dirimu adalah raja dan jadikan dirimu sebagai pelayan. Bersikap tawadhu'lah!. . .

Wallohu a'lam

✏️_Abu Muhammad Harits
       (Syabab MDS Solo, kls9)

_ KASYAF
      @karyasyababdaarussalaf

0 Response to "Berlatihlah untuk menjadi pelayan Diri Sendiri dan Pelayan Ummat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo