Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KITAB KITAB KARYA ILMIYYAH IBNU KATSIR

Siroh

IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH TOKOH AHLI TAFSIR

Bagian ke 4

KARYA KARYA IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH

🔹Kehidupan Ibnu Katsir Rohimahullah begitu ilmiah. Hari Harinya dipenuhi dengan kesungguhan dalam mengajar dan menulis karya. Ibnu katsir Rohimahullah lebih banyak berkecimpung dalam ilmu hadits sehingga beliau tergolong sebagai Ahlul Hadits, Diantara karya beliau yang terkenal adalah:
📚. Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim.
🔹Kitab Tafsir ini disusun selama 4 tahun. Dalam menyusun kitab ini, Ibnu Katsir Rohimahullah merujuk lebih dari 200 referensi dalam berbagai disiplin ilmu seperti tafsir ilmu Al Qur'an, kitab Sunnah, Ilmu Hadits dan penjelasannya, ilmu fikih, ilmu sejarah, biografi, ilmu bahasa dan lainnya.
🔵. Al Imam As Suyuti Rohimahullah berkata, Ibnu Katsir Rohimahullah memiliki kitab Tafsir yang belum pernah ada seorang pun yang menulis dengan cara yang seperti ini.
🔵. Al Imam As Syaukani Rohimahullah berkata, Beliau memiliki banyak karya tulis yang bermanfaat, diantaranya kitab tafsir yang terkenal dalam beberapa jilid.

📚. Al Bidayah Wan Nihayah.
kitab ini merupakan kitab ensiklopedi sejarah terbesar. Pembahasannya dimulai dari penciptaan alam semesta, langit dan bumi, malaikat, manusia pertama, kisah para Nabi dan umat umat terdahulu hingga Nabi terahir. Kemudian tokoh, dinasti (raja, khalifah, sultan) dan peristiwa peristiwa yang terjadi pada abad abad yang dilalui dalam masa islam hingga kemasa pengarang. Kemudian diikuti dengan peristiwa yang akan terjadi diakhir zaman seperti tanda tanda kiamat, perjalanan dialam barzakh, hari kebangkitan hingga surga dan neraka. Dengan bersumber pada Al Qur'an dan hadits, seluruh kisah kisah ini diceritakan dengan baik oleh Ibnu Katsir Rohimahullah.

📚. At Takmil fi Ma'rifat ast Tsiqat wa Adh Dhu'afa wal Majahil.
Kitab ini merupakan salah satu karya beliau dalam bidang ilmu hadits. Kitab ini merupakan rangkuman 2 kitab dari tulisan guru beliau, Al Mizzi ( Tahdzibul Kamal fi Asma ar Rijal) ad Adz Dzahabi (Mizanul I'tidal fi Naqdir Rijal). Hanya saja, Pada kitab ini disertai beberapa tambahan yang bermanfaat dalam masalah Jarh Wa Ta'dil.

🌠. Wafatnya Ibnu Katsir Rohimahullah.

🔹Diakhir usianya, kedua mata ibnu Katsir Rohimahullah mengalami kebutaan. Diantara sebabnya, dimalam hari beliau sibuk menulis kitab Jami'al Masanid. Ibnu Katsir Rohimahullah wafat pada hari Kamis tanggal 26 Sya'ban tahun 774 H (1372 M) di damaskus. Beliau dimakamkan disamping makam gurunya, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah. Wallahu'alam bish shawab.

Selesai...

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
✍. Penulis, Ustadz Muhammad Rifqi Hafizhohullah.
📋 Sumber, Al Ilmu Edisi No.23/V/XIV/1437H.
▶ klik Join telegram 🔽
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌠 www.salafymedia.com
📡 Publikasi:
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Sya'ban 1437 H

0 Response to "KITAB KITAB KARYA ILMIYYAH IBNU KATSIR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo