Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Murid ibnu Katsir

Siroh

IBNU KATSIR ROHIMAHULLAH TOKOH AHLI TAFSIR

Bagian ke 3

🔹MURID MURID IBNU KATSIR🔹

▪Para penulis biografi menyebutkan bahwa Ibnu Katsir Rohimahullah memiliki murid yang banyak sekali. Diantara murid beliau tang terkenal adalah:
▪Syihabuddin Abul Abbas Ahmad bin 'Ala Haji As Sa'di. Disamping belajar kepada Ibnu Katsir, Syihabuddin Abul Abbas juga belajar kepada Rafi'. Sampai sampai dikatakan, dalam bidang ilmu ilmu hadits, Syihabuddin adalah lulusan dari 2 ulama ahli Hadits (Hafizh) yaitu Ibnu Katsir dan Ibnu Rafi'. Syihabuddin Abul Abbas belajar kepada Ibnu Katsir selama 6 tahun.
▪Al Allamah Shaddrudin Muhammad bin 'Alauddin 'Ali bin Muhammad ibnu Abil 'izz Al Hanafi, penulis kitab Syarh 'Aqidah Thahawiyah.
▪Al Hafizh Syamsuddin Abul Khair Muhammad Bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Ibnul Jazaari, seorang tokoh ulama Ilmu Qira'ah pada zamannya.

🔹PUJIAN PARA ULAMA🔹

▪Para ulama memberikan pujian kepada Ibnu Katsir. Pujian tersebut datang dari berbagai Arah, baik dari para guru, para ulama yang semasa, para murid maupun dari para ulama penulis biografi. Mereka sepakat memuji kekuatan Hafalan Ibnu Katsir, pengetahuan tentang para perawi hadits dan kemahiran dalam ilmu tafsir, sejarah, fikih dan nahwu. Diantara ulama yang memuji beliau adalah:
🔹Al Imam Adz Dzahabi, beliau mengatakan dalam kitab Tadzkiratul Huffazh, Beliau adalah seorang ahli fikih, seorang pemberi Fatwa dan ahli hadits yang memiliki kebanyakan keutamaan.
🔹Syihabuddin ibnu Haji berkata, Beliau adalah orang yang paling kuat hafalannya terhadap hadits dari orang yang pernah kami temui, beliau adalah orang yang paling mengetahui tentang ilmu jarh, para perawi hadits keshahihan hadits dan penyakit penyakit hadits. Para Ulama yang seangkatan dengan beliau Dan juga guru guru beliau sangat mengetahui yang demikian. Beliau mampu mendatangkan banyak faedah dari ilmu tafsir dan sejarah. Beliau adalah orang yang sedikit lupa, cerdas, sangat baik pemahamannya serta memiliki pemikiran yang lurus.
🔹Badruddin Al Ini berkata, Beliau adalah teladan Para Ulama dan Salah seorang penghafal. Beliau adalah sumber rujukan yang ahli Dalam maslah makna dan kata kata. Beliau mendengar, mengumpulkan, menulis, mengajar, membacakan hadits dan menyusun. Beliau memiliki pengetahuan yang sangat tinggi dalam masalah hadits, tafsir, dan sejarah. Beliau dikenal akan kekuatan hafalannya dan semangatnya. Beliau telah mencapai puncak keilmuan dalam sejarah. Hadits dan Tafsir. Beliau memilik karya tulis yang cukup banyak dan berfaedah.

Bersambung...in Syaa Allah

🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹
🌠 Sumber, Al Ilmu edisi No.23/V/XIV/1437H.
▶ klik Join telegram 🔽
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🕋 www.salafymedia.com
📡 Publikasi :
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
📖 WA Salafy Solo
📮Channel Salafy Solo
Https://tlgrm.me/salafysolo
Sya'ban 1437 H

0 Response to "Murid ibnu Katsir"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo