Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Hukum Orang Yang Shalat Wajib Namun Hanya Membaca Al-Fatihah

Ralat:

🌈Hukum Orang Yang Shalat Wajib Namun Hanya Membaca Al-Fatihah🌀

🎁Fatwa Al-Imam Ibnu Baz رحمه الله

حكم الذي يصلي الفرض ولا يقرأ إلا الفاتحة فقط

السؤال:
ما حكم الذي يصلي الفرض ولا يقرأ إلا الفاتحة فقط، ولم يقرأ آيات أخرى؟

الجواب:
الفاتحة هي ركن الصلاة، فإذا قرأ الفاتحة واقتصر عليها أجزأت الصلاة وصحت، لكن عمله مكروه لأنه خالف السنة النبي -صلى الله عليه وسلم- كان يقرأ معها في الأولى والثانية سورة أو آيات، الظهر والعصر والمغرب والعشاء والفجر، فالذي يترك قراءة سورة مع الفاتحة في الفجر في الجمعة في الظهر والعصر والمغرب والعشاء في الأولى والثانية يكون قد خالف السنة، فأقل أحواله أنه ترك الأولى، ولا مانع أن يقال أنه فعل مكروهاً؛ لأنه ترك سنة قد داوم عليها النبي -صلى الله عليه وسلم-، فيكون فعل مكروهاً لا ينبغي له فعله.

💻📱
http://www.binbaz.org.sa/mat/15256

📬Pertanyaan:

Apa hukum orang yang shalat wajib namun hanya membaca surat al-Fatihah dan tidak membaca surat yang lain?

📩Jawaban:

📑Membaca al-Fatihah adalah termasuk rukun shalat. Jika ia telah  membaca al-Fatihah dan mencukupkan dengannya maka shalatnya mendapat pahala dan sudah sah.

📌Namun amalanya itu makruh (dibenci) sebab menyelisihi sunnah Nabi صلي الله عليه و سلم, yang pernah membaca sebuah surat atau beberapa ayat bersama surat al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua pada shalat Zhuhur, Ashar, Magrib, Isya' dan Shubuh.

🔑Maka sesorang yang meninggalkan membaca sebuah surat bersama surat al-Fatihah dalam shalat Shubuh, Jumat, Zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya' pada rakaat pertama dan kedua sungguh ia telah berbuat menyelisihi sunnah.

🔍Paling minimal keadaannya adalah sebagai orang yang meninggalkan perkara yang utama dan boleh juga dikatakan ia berbuat amalan yang makruh.

📊Sebab ia meninggalkan amalan sunnah yang Nabi صلي الله علبه و سلم senantiasa di atasnya sehingga ia berbuat amalan yang makruh yang tidak semestinya ia melakukannya.

📚Fatawa Nurun 'alad Darb

🌏📝WhatsApp Al-Ukhuwwah

0 Response to "Hukum Orang Yang Shalat Wajib Namun Hanya Membaca Al-Fatihah"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo