Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

GHIRAH Kecemburuan Adalah Pokok Agama

GHIRAH➖POKOK AGAMA

قال ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴِّﻢ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ‏

🔳« ﺃﻥَّ ﺃﺻﻞ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﻐَﻴﺮﺓ، ﻭﻣﻦ ﻻ ﻏﻴﺮﺓَ ﻟﻪ ﻻ ﺩﻳﻦ ﻟﻪ،

📌⚡ﻓﺎﻟﻐﻴﺮﺓ ﺗﺤﻤﻲ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻓﺘﺤﻤﻲ ﻟﻪ ﺍﻟﺠﻮﺍﺭﺡ، ﻓﺘﺪﻓﻊ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻭﺍﻟﻔﻮﺍﺣﺶ، ﻭﻋﺪﻡُ ﺍﻟﻐﻴﺮﺓ ﺗﻤﻴﺖ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻓﺘﻤﻮﺕ ﻟﻪ ﺍﻟﺠﻮﺍﺭﺡ، ﻓﻼ ﻳﺒﻘﻰ ﻋﻨﺪﻫﺎ ﺩﻓﻊٌ ﺃﻟﺒﺘَّﺔَ،

📌⚡ﻭﻣَﺜَﻞُ ﺍﻟﻐﻴﺮﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻣَﺜَﻞُ ﺍﻟﻘﻮَّﺓ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺪﻓﻊ ﺍﻟﻤﺮﺽَ ﻭﺗﻘﺎﻭﻣﻪ، ﻓﺈﺫﺍ ﺫﻫﺒﺖ ﺍﻟﻘﻮَّﺓ ﻭﺟﺪ ﺍﻟﺪﺍﺀُ ﺍﻟﻤﺤﻞَّ ﻗﺎﺑﻼً ﻭﻟﻢ ﻳﺠﺪ ﺩﺍﻓﻌًﺎ ﻓﺘﻤﻜَّﻦ ﻓﻜﺎﻥ ﺍﻟﻬﻼﻙ،

📌⚡ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﻣﺜﻞ ﺻﻴﺎﺻﻲ‏  ﺍﻟﺠﺎﻣﻮﺱ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺪﻓﻊ ﺑﻬﺎ ﻋﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻭﻟﺪﻩ، ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻜﺴَّﺮﺕ ﻃﻤﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﻋﺪﻭُّﻩ ‏

📚‏« ﺍﻟﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﺪﻭﺍﺀ‏» ﻻﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴِّﻢ ‏(١٠٩-١١٠‏)

♻▫Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

🔳“Pokok dari agama ini adalah ghirah (kecemburuan), maka siapa yang tidak memiliki ghirah (kecemburuan) berarti dia tidak memiliki agama.

📌⚡Ghirah (kecemburuan) ini akan melindungi hati sehingga terlindung pula anggota badan lainnya, tertolaklah dengannya segala perbuatan jelek dan keji. Sementara tidak adanya ghirah menyebabkan matinya hati hingga anggota badan lainnya pun ikut mati, akibatnya tidak ada penolakan (terhadap perbuatan jelek dan keji).

📌⚡Permisalan ghirah (kecemburuan) di dalam hati adalah seperti kekuatan yang menolak penyakit dan melawannya, jika kekuatan ini hilang, penyakit mendapatkan tempat yang dihinggapinya ternyata menerimanya, dan tidak mendapatkan penghalangnya sehingga penyakit tersebut mengakar, maka dia binasa.

📌⚡Dan permisalannya adalah seperti tanduk-tanduk kerbau yang dengannya dia melindungi diri dan anaknya, jika tanduk tersebut pecah, maka musuhnya akan mudah menyerangnya.”

📚Ad-Daau wad Dawa libnil Qayyim , hal. 109-110
_____________

📜⇝Abu Furoyhan Al Makassary
♻ ♻ ♻

🚇 F. I. S Forum Ikhwah Salafiyyin
🍂منتدى الإخوان السلفيين

0 Response to "GHIRAH Kecemburuan Adalah Pokok Agama"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo