Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUM HAJR/BOIKOT DALAM SYARIAT ISLAM

HUKUM HAJR/BOIKOT DALAM SYARIAT ISLAM

🔅Bagian Keempat🔅

Dalil-dalil dalan as-Sunnah an-Nabawiyyah
Seputar permasalahan Hajr

🔸1. Hadits tentang kisah Ka'ab bin Malik yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim, dimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memboikot Ka'ab bin Malik, Murarah bin ar-Rabi' dan Hilal bin Umayyah, dikarenakan mereka tidak ikut berperang bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam perang Tabuk.  Hadits ini merupakan asas syariat Hajr terhadap pelaku kemaksiatan, sebagaimana hal ini dikatakan oleh al-Imam ath-Thabari rahimahullah.

🔸2. Hadits Ammar bin Yasir radhiyallahu 'anhu, ia berkata: "Aku kembali ke rumah pada malam hari, dan tanganku terlihat pecah-pecah hingga mereka melumuri aku dengan Za'faran (yang berwarna kuning). Aku lalu mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di waktu pagi, aku mengucapkan salam namun beliau tidak menjawab salam atau menyambutku. Bahkan beliau bersabda: "Pergi dan bersihkanlah ini darimu." Aku lantas pergi dan membersihkan Za'faran tersebut. Kemudian aku mendatangi beliau meskipun masih ada sisa-sisa Za'faran. Aku mengucapkan salam namun beliau tidak menjawab atau menyambutku. Beliau bersabda: "Bersihkan ini darimu." Aku lalu pergi dan membersihkannya. Kemudian aku datang dan mengucapkan salam kepadanya, lalu beliau menjawab atau menyambutku. Beliau lantas bersabda: "Sesungguhnya malaikat tidak akan datang menghadiri jenazah orang kafir dengan kebaikan, dan pula orang yang melumuri dirinya dengan Za'faran dan orang yang junub." Ammar berkata, "Beliau memberi keringanan kepada orang yang junub jika ingin tidur, atau makan, atau minum cukup dengan berwudhu." [HR. Ahmad, Al-Baihaqi dan Abu Dawud, dihasankan Asy-Syaikh al-Albani]

🔸3. Dari Ummu Salamah radhiyallahu 'anha, ia berkata:

"أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَلَفَ أَنْ لَا يَدْخُلَ عَلَى بَعْضِ أَهْلِهِ شَهْرًا"

"Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersumpah untuk tidak menemui sebagian keluarganya (isteri-isterinya) selama satu bulan." [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

 Demikianlah diantara dalil-dalil dalam As-Sunnah seputar masalah hajr. Adapun bentuk amalan para Salaf dalam masalah hajr akan kami sampaikan pada pertemuan yang akan datang, in syaa Allah. Wallaahul muwaffiq.

~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~
✒ Ditulis oleh Abu 'Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 12 Muharam 1436/ 5 Novenber 2014_di Daarul Hadits_Al-Fiyusy_Harasahallah.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta 2 aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~
📚 WA. FORUM KIS 

0 Response to "HUKUM HAJR/BOIKOT DALAM SYARIAT ISLAM"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo