Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Nasihat Teruntuk Para Pedagang

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴
Nasihat Buat Para Pedagang oleh Asy Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

❓Tanya:

Samahatusy Syaikh, apa nasehat anda kepada para pedagang secara umum?

Alangkah baiknya andaikata anda menjelaskan perbedaaan antara memakan dari penghasilan yang halal dan dari penghasilan yang haram. Semoga Allah membalaskan kebaikan bagi anda dan menjadikan ilmu anda bermanfaat.

⭕Jawab:

Nasehat saya kepada para pedagang umumnya agar mereka bertakwa kepada Allah سبحانه و تعالى dan menjalankan transaksi secara jujur dan jelas terhadap apa yang mereka katakan terkait dengan kriteria-kriteria barang yang mereka promosikan dan menjelaskan bilamana terdapat aib (cacat) pada barang-barang mereka tersebut sehingga mudah-mudahan Allah akan memberkahi jual-beli yang mereka lakukan.

Terdapat hadits shahih dari Nabi صلی الله عليه وسلم bahwasanya beliau bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُزَحْزَحَ عَنِ النَّارِ وَيُدْخَلَ اْلجَنَّةَ فَلْتَأْتِهِ مَنِيَّتُهُ وَهُوَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ وَلْيَأْتِ إِلىَ النَّاسِ الَّذِي يُحِبُّ أَنْ يُؤْتَى إِلَيْهِ

"Barangsiapa yang ingin dijauhkandari api neraka dan dimasukkan kedalam surga, maka hendaklah ketika datang ajalnya, dia dalam kondisi beriman kepada Allah dan Hari Akhir. Dan, hendaklah pula diadatang kepada manusia )dengan membawa( hal yang dia sendiri suka bila didatangkan )dibawa( kepadanya." )
Shahih Muslim, kitabAl-Imarah )1844

((.Demikian pula terdapat hadits shahih lainnya bahwasanya beliauصلی الله عليه وسلم bersabda)artinya(:

"Tidaklah beriman salah seorang di antara kamu hingga dia mencintai bagi saudaranya apa-apa yang dia mencintainya bagi dirinya sendiri." )

Shahih Al-Bukhari, kitab Al-Iman )13
Shahih Muslim kitab Al-Imarah)1844(, kitab Al-Iman )45.

Bilamana seseorang tidak suka diperlakukan oleh orang lain)dalam suatu transaksi( dengan tanpa menjelaskan terlebih dahulu kepadanya, bagaimana mungkin dia sendiri tidak suka hal itu terjadipada dirinya sementara dia tega hal itu terjadi pada orang selain dirinya?

Kita memohon kepada Allah dan semua saudara kita, kaum Muslimin agar diberi hidayah dan saling menasehati terhadap para hamba Allah, sesungguhnya Dia Maha Kaya lagi Mahamulia, wallahu a'lam.

Wa shallallahu ala Nabiyyina Muhammad.

As'ilatun Min Ba'dhi Ba'i-is Sayyarat, Hal.22-23 dari fatwa Syaikh Ibn Bazz رحمه الله تعالى

Alih bahasa: Al Ustadz Abu 'Abdillah Muhammad Rifa'i Bontang

🔍 http://www.thalabilmusyari.web.id/2014/11/nasihat-buat-para-pedagang-oleh-asy.html

📚TIS (Thalab Ilmu Syar'i)

0 Response to "Nasihat Teruntuk Para Pedagang"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo