Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KARAKTER SESUAI APA YANG DI KONSUMSINYA

KARAKTER SESUAI APA YANG DI KONSUMSINYA

🍎 🍏 🍎 🍏

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴﻢ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

🔃💫ﺍﻟﻐﺎﺫﻱ ﺷﺒﻴﻪ ﺑﺎﻟﻤﻐﺘﺬﻱ في ﻃﺒﻌﻪ ﻭﻓﻌﻠﻪ، ﻭﻫﺬﺍ ﻛﻤﺎ ﺃﻥ ﺣﻜﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ –ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ- ﻓﻲ ﺧﻠﻘﻪ ﻓﻴﻪ، ﺟﺮﺕ ﺣﻜﻤﺘﻪ ﻓﻲ ﺷﺮﻋﻪ ﻭﺃﻣﺮﻩ؛ ﺣﻴﺚ ﺣﺮﻡ ﺍﻷﻏﺬﻳﺔ ﺍﻟﺨﺒﻴﺜﺔ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩﻩ؛ ﻷﻧﻬﻢ ﺇﺫﺍ ﺍﻏﺘﺬﻭﺍ ﺑﻬﺎ ﺻﺎﺭﺕ ﺟﺰﺀًﺍ ﻣﻨﻬﻢ، ﻓﺼﺎﺭﺕ ﺃﺟﺰﺍﺅﻫﻢ ﻣﺸﺎﺑﻬﺔ ﻷﻏﺬﻳﺘﻬﻢ؛ ﺇﺫ ﺍﻟﻐﺎﺫﻱ ﺷﺒﻴﻪ ﺑﺎﻟﻤﻐﺘﺬﻱ، ﺑﻞ ﻳﺴﺘﺤﻴﻞ ﺇﻟﻰ ﺟﻮﻫﺮﻩ؛ ﻓﻠﻬﺬﺍ ﻛﺎﻥ ﻧﻮﻉ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺃﻋﺪﻝ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻥ ﻣﺰﺍﺟًﺎ؛ ﻻﻋﺘﺪﺍﻝ ﻏﺬﺍﺋﻪ، ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻻﻏﺘﺬﺍﺀ ﺑﺎﻟﺪﻡ ﻭﻟﺤﻮﻡ ﺍﻟﺴﺒﺎﻉ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﻤﻐﺘﺬﻱ ﺑﻬﺎ ﻗﻮﺓ ﺷﻴﻄﺎﻧﻴﺔ ﺳﺒﻌﻴﺔ ﻋﺎﺩﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻓﻤﻦ ﻣﺤﺎﺳﻦ ﺍﻟﺸﺮﻳﻌﺔ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻏﺬﻳﺔ ﻭﺃﺷﺒﺎﻫﻬﺎ، ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﻋﺎﺭﺿﻬﺎ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﺃﺭﺟﺢ ﻣﻨﻬﺎ؛ ﻛﺤﺎﻝ ﺍﻟﻀﺮﻭﺭﺓ .

🔃💫ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻟﻤﺎ ﺃﻛﻠﺖ ﺍﻟﻨﺼﺎﺭﻯ ﻟﺤﻮﻡ ﺍﻟﺨﻨﺎﺯﻳﺮ ﺃﻭﺭﺛﻬﺎ ﻧﻮﻋًﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﻠﻈﺔ ﻭﺍﻟﻘﺴﻮﺓ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻣﻦ ﺃﻛﻞ ﻟﺤﻮﻡ ﺍﻟﺴﺒﺎﻉ ﻭﺍﻟﻜﻼﺏ ﺻﺎﺭ ﻓﻴﻪ ﻗﻮﺗﻬﺎ، ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻘﻮﺓ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻧﻴﺔ ﻋﺎﺭﺿﺔ ﺛﺎﺑﺘﺔ ﻻﺯﻣﺔ ﻟﺬﻭﺍﺕ ﺍﻷﻧﻴﺎﺏ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺒﺎﻉ؛ ﺣﺮﻣﻬﺎ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ، ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻘﻮﺓ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻧﻴﺔ ﻋﺎﺭﺿﺔ ﻓﻲ ﺍﻹﺑﻞ، ﺃﻣﺮ ﺑﻜﺴﺮﻫﺎ ﺑﺎﻟﻮﺿﻮﺀ ﻟﻤﻦ ﺃﻛﻞ ﻣﻨﻬﺎ، ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻄﺒﻴﻌﺔ ﺍﻟﺤﻤﺎﺭﻳﺔ ﻻﺯﻣﺔ ﻟﻠﺤﻤﺎﺭ؛ ﺣﺮﻡ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ-ﻟﺤﻮﻡ ﺍﻟﺤﻤﺮ ﺍﻷﻫﻠﻴﺔ، ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺪﻡ ﻣﺮﻛﺐ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭﻣﺠﺮﺍﻩ؛ ﺣﺮﻣﻪ ﺍﻟﻠﻪ – ﺗﻌﺎﻟﻰ - ﺗﺤﺮﻳﻤًﺎ ﻻﺯﻣًﺎ. ﻓﻤَﻦ ﺗﺄﻣﻞ ﺣﻜﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ – ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ- ﻓﻲ ﺧﻠﻘﻪ ﻭﺃﻣﺮﻩ، ﻭﻃﺒﻖ ﺑﻴﻦ ﻫﺬﺍ ﻭﻫﺬﺍ، ﻓﺘﺢ ﻟﻪ ﺑﺎﺑًﺎ ﻋﻈﻴﻤًﺎ ﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺍﻟﻠﻪ -ﺗﻌﺎﻟﻰ - ﻭﺃﺳﻤﺎﺋﻪ ﻭﺻﻔﺎﺗﻪ .

📚‏[ﺍﻟﺘﺒﻴﺎﻥ ﻓﻲ ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻻﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴﻢ 1/236‏]

✴Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

🔃💫"Seseorang akan memiliki kemiripan karakter dan sifat dengan jenis makanan yang dikonsumsinya. Sebagaimana hikmah Allah pada makhluk-Nya juga berlaku pada syariat dan perintah-Nya. Oleh karena itu Allah mengharamkan segala perkara yang jelek atas hamba-hamba-Nya. Sebab jika mereka mengkonsumsinya maka makanan yang jelek itu akan menjadi bagian dari tubuh mereka. Akibatnya bagian-bagian tubuh mereka akan mirip dengan jenis makanan tersebut. Jadi seseorang akan memiliki kemiripan dengan makanan yang dikonsumsinya, bahkan makanan tersebut akan menyatu dengan dirinya. Oleh sebab itu pula manusia lebih lurus tabiatnya daripada tabiat hewan karena makanan yang dikonsumsi juga lebih bagus. Mengkonsumsi darah dan daging hewan buas akan mewariskan sifat hewani dan setani kepada orang yang memakannya. Dan salah satu keelokan syariat adalah pengharaman jenis-jenis makanan tersebut. Kecuali jika terbenturan dengan maslahat yang jelas, seperti dalam keadaan darurat.

🔃💫Oleh sebab itu pula, ketika kaum Nasrani mengkonsumsi daging babi, maka terwarisi jugalah sifat keras kepala dan keras hati pada mereka. Demikian pula orang yang mengkonsumsi daging binatang buas dan anjing, maka iapun mewarisi kekuatan binatang-binatang itu. Karena kekuatan syaithani adalah kekuatan yang telah bisa masuk kepada binatang-binatang buas yang bertaring tersebut dan memang telah ditetapkan baginya, maka syariatpun mengharamkannya. Demikian pula halnya unta, kekuatan syaithani bisa masuk kepadanya, maka siapa saja yang memakan dagingnya diperintahkan untuk berwudhu'. Dan begitu pula keledai, sifat-sifat keledai akan melekat pada diri yang memakan dagingnya, maka Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam melarang kita memakan daging keledai piaraan. Disebabkan darah merupakan tempat mengalirnya setan maka Allah mengharamkannya. Barangsiapa yang memperhatikan hikmah Allah Ta'ala pada makhluk-makhluk-Nya dan syariat-Nya dan membandingkan antara keduanya, niscaya akan terbuka baginya ma'rifah asma Allah dan sifat-sifat-Nya."

📚At Tibyaan fi Aqsamil Qur'an libnil Qayyim 1/236.
_____________________

📜__Abu Furoyhan Al Makassary
🍇 🍇 🍇

🚇 F.S.S dari WA F.I.S

0 Response to "KARAKTER SESUAI APA YANG DI KONSUMSINYA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo