Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Perusak Amalan Seorang Mukmin

Apa sajakah perkara2 yang dapat merusak amalan ibadah seorang muslim mukmin ? Berikut ini adalah jawabannya :

🌾NASEHAT IMAM SUFYAN ATS-TSAURY RAHIMAHULLAH.

Berkata Imam Sufyan Ats-Tsaury rahimahullah :

" Berhati-hatilah engkau dari apa² yang bisa merusak pahala amalanmu, karena sesungguhnya yang bisa merusak pahala amalanmu adalah RIYA',..

dan jika kamu (selamat) dari riya' maka hati-hatilah dari 'UJUB atas dirimu, yaitu engkau berpikir  bahwa engkau lebih afdhal dari saudaramu yang lain, padahal boleh jadi kamu tidak mendapatkan dari amalan seperti apa yang mereka dapatkan,..
dan boleh jadi dia lebih wara' (berhati-hati/menjaga diri) dibanding kamu dari apa² yang diharamkan oleh Allah, dan lebih suci amalannya dibandingkan dengan kamu,..

dan jika kamu (selamat)/ tidak 'ujub akan dirimu, maka berhati-hatilah engkau dari menyukai/senang untuk dipuji oleh manusia, dan kamu senang agar orang² memuliakanmu karena amalanmu tersebut, dan kamu merasa punya kedudukan yang mulia di hati mereka dan kamu merasa punya hak yang kamu tuntut kepada mereka pada banyak permasalahan,..

padahal sesungguhnya yang di inginkan dari amalanmu, adalah engkau menuntut darinya hanyalah negeri akhirat, bukan selainnya,..

Maka cukuplah (itu semua) dengan banyak mengingat mati, dan zuhud terhadap dunia serta hanya mengharapkan akhirat,..

Maka jagalah dirimu dari panjang angan-angan, sedikit rasa takut, berani berbuat maksiat,..

dan cukuplah dirimu dengan banyak berduka dan menyesal di hari kiamat bagi siapa yang mengilmui namun tidak mengamalkannya,..

📚 Hilyatul Auliya' (6/391)

وقال سفيان الثوري -رحمه الله-:

إياك وما يفسد عليك عملك فإنما يفسد عليك عملك الرياء، فإن لم يكن رياء فإعجابك بنفسك حتى يخيل إليك أنك أفضل من أخ لك، وعسى أن لا تصيب من العمل مثل الذي يصيب ولعله أن يكون هو أورع منك عما حرم الله وأزكى منك عملا، فإن لم تكن معجبا بنفسك فإياك أن تحب محمدة الناس ومحمدتهم أن تحب أن يكرموك بعملك ويروا لك به شرفا ومنزلة في صدورهم أو حاجة تطلبها إليهم في أمور كثيرة، فإنما تريد بعملك زعمت وجه الدار الآخرة لا تريد به غيره
فكفى بكثرة ذكر الموت مزهدا في الدنيا ومرغبا في الآخرة وكفى بطول الأمل قلة خوف وجرأة على المعاصي، وكفى بالحسرة والندامة يوم القيامة لمن كان يعلم ولا يعمل

حلية الأولياء (6/391)

✒محبكم،..
المكسري

🚇F. I. S

0 Response to "Perusak Amalan Seorang Mukmin"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo