Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

JANGAN TERTIPU OLEH AHLI BID'AH

JANGAN TERTIPU OLEH AHLI BID'AH

SYAIKH ABU 'ABDILLAH JAMAL BIN FURAIHAN AL-HARITSI, Hafidhzohulloh

✨ الشيخ أبي عبدالله جمال بن فريحان الحارثي

◻ [١٣٣] عن إسماعيل بن إسحق السراج قال: لي أحمد بن حنبل يوما:  يبلغني أن الحارث هزا -يعني: المحاسبي-يكثر الكون عندك،فلو أحضرته منزلك، و أجلستني من حيث ﻻ يراني؛ فأسمع كﻻمه،

🍀 فقلت: السمع و الطعة لك يا أبا عبد الله، و سرني هذا اﻻبتداء من أبي  عبد الله. فقصدت الحارث و سألته أن يحضرنا تلك الليلة، عدم الإغترار بأهل البدع وإن حدثوا بحديث النبي صلى الله عليه و سلم وأجدوا الخطابة والوعظ.....وﻻببريق اﻷسماء

🌾 فقلت: و تسأل أصحابك أن يحضروا معك، فقال: يا إسماعيل  فيهم كثرة، فلا تزدهم على الكسب و التمر، وأكثر منهما ما استطعت ففعلت ما أمرني به، وانصرفت إلى أبي عبد الله فأخبرته، فحضر بعد المغرب، وصعد غرفة في الدار، فاجتهد في ورده إلى أن فرغ، وحضر الحارث و أصحابه، فأكلوا ثم قموا لصلاة العتمة، و لم يصلوا بعدها، و قعدوا بين يدي الحارث، و هم سكوت ﻻ ينطق واحد منهم إلى قريب من نصف الليل، فابتدأ واحد منهم وسأل الحارث عن مسألة، فأخذ في الكلام، و أصحابه يستمعون، وكأن على رؤوسهم الطير، فمنهم من يبكي، ومنهم من يزعق، وهو في كلامه، فصعدت الغرفة ﻷتعرف حال أبي عبداللّه، فو جدته قد بكى حتى غشي علبه

🍃 فنصرفت إليهم، ولم تزل تلك حالهم حتى أصبحوا، فقاموا وتفرقوا، فصعدت إلى أبي عبدالله -و هو متغير الحال -،فقلت: كيف رأيت هؤﻻء يا أبا عبد الله؟ ، فقال : (( ما اعلم أني  رأيت مثل هؤﻻء القوم، وﻻ سمعت علم الحقائق مثل كلام هذا الرجل، وعلى ما وصفت من أحوالهم فإني ﻻ أرى لك صحبتهم)) ثم قام و خرج

📚 تاريح بغداد: ٨/٢١٤-٢١٥

---------------

1⃣3⃣3⃣ Dari Ismail bin Ishaq as-Sarraj, mengatakan: al-Imam Ahmad bin Hanbal suatu hari berkata kepadaku, "Saya dengar bahwa  bahwa al-Haritsi al-Muhasibi sering berkumpul di tempatmu. Kalau kamu mengundangnya kerumahmu dan kau tempatkan saya di tempat yang tidak terlihat oleh dia, tentu saya akan dapat mendengar  perkataannya."

🍂 Saya katakan kepadanya, "Saya dengar dan saya patuh kepada Anda, wahai Abu 'Abdillah, dan ini menyenangkan saya.

👣💡"Saya pun menemui al-Harits dan memintanya agar datang malam ini, dan saya katakan, "Engkau ajaklah teman-temanmu hadir bersamamu."
Kata dia, "Hai Abu Ismail jumlah mereka banyak. Maka janganlah kamu beri mereka lebih dari minyak dan kurma dan perbanyaklah keduanya semampumu."

💢 Saya pun melakukan apa yang dia minta, dan saya berangkat ke tempat al-Imam Ahmad dan menceritakan hal tersebut kepadanya. Beliau pun hadir sesudah maghrib, masuk naik ke kamar dan berusaha untuk tetap hadir di sana sampai selesai.

🍀💫  Kemudian datanglah al-Harits bersama shahabat-shahabatnya. Mereka makan dan shalat pada awal sepertiga malam dan tidak sholat lagi sesudahnya.

💺 Setelah itu mereka duduk dihadapan al-Harits dan diam tidak berbicara hingga tengah malam.

◽❓Mulailah salah seorang bertanya kepada al-Harits tentang suatu hal, lalu mulailah dia berbicara sementara sahabatnya memperhatikan, seakan-akan di atas kepala mereka bertengger seekor burung (saking tenangnya).

💦🌿 Diantara mereka ada yang menangis, ada pula yang menjerit dan al-Harits tetap berbicara, kemudian saya naik ke kamar melihat keadaan al-Imam Ahmad, saya dapati beliau menangis sampai tidak sadarkan diri.

↪🔦Saya pun berpaling melihat orang-orang itu ternyata mereka tetap dalam keadaan seperti itu sampai subuh, lalu mereka berdiri dan berpisah.

👣 Saya menemui al-Imam Ahmad, dan keadaannya terlihat lain, maka saya berkata, "Bagaimana pendapat Anda tentang mereka ini, wahai Abu 'Abdillah?" Beliau menjawab, "Belum pernah saya mengetahui ada orang-orang seperti mereka ini dan saya belum pernah mendengar tentang ilmu hakikat seperti ucapan laki-laki itu (yakni al-Harits).

🍁 Meskipun saya terangkan keadaan mereka ini, saya tetap  memandang tidak perlunya engkau bergaul dengan mereka.

📖 [Tarikh Baghdad 8/214-215]

📚 Sumber: Lammud Durril Mantsur minal Qaulil Ma'tsur; terbitan Maktabah Darus Salaf; cet. 1; th. 1418 H- 1987 M. Bab 14; hlm. 45-46

📝Alih Bahasa: Abu Utbah Miqdad Hafizhahullaah.

🌎 WA Forum Riyadhul Jannah Wonogiri.

------------------------
🍁🍃🍂🌿🍁🌾🍃🍂

0 Response to "JANGAN TERTIPU OLEH AHLI BID'AH"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo