Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Setiap Orang Yang Bermaksiat itu Bodoh

Setiap Orang Yang Bermaksiat itu Bodoh

قال الإمام ابن رجب الحنبلي رحمه الله تعالي:

💥 فإن كل من عصى الله فهو جاهل،

🌻وكل من أطاعه فهو عالم،

💎وبيانه من وجهين:

👓أحدهما: أن من كان عالماً بالله تعالى وعظمته وكبريائه وجلاله فإنه يهابه ويخشاه، فلا يقع منه مع استحضار ذلك عصيانه، كما قال بعضهم: لو تفكر الناس في عظمة الله تعالى ما عصوه.

🍦والثاني: أن من آثر المعصية على الطاعة فإنما حمله على ذلك جهله وظنه أنها تنفعه عاجلاً باستعجال لذتها، وإن كان عنده إيمان فهو يرجو التخلص من سوء عاقبتها بالتوبة في آخر عمره،

📛وهذا جهل محض، فإنه يتعجل الإثم والخزي، ويفوته عز التقوى وثوابها ولذة الطاعة، وقد يتمكن من التوبة بعد ذلك، وقد يعاجله الموت بغتة، فهو كجائع أكل طعاماً مسموماً لدفع جوعه الحاضر، ورجا أن يتخلص متن ضرره بشرب الترياق بعده،

🔆وهذا لا يفعله إلا جاهل.

✏Berkata Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullahu ta'ala:

⚡"Semua orang yang bermaksiat kepada Allah ta'ala berarti dia BODOH,

🌈dan semua orang yang taat kepada Allah ta'ala berarti dia BERILMU.

💡Penjelasannya dari dua sisi:

➡1. Orang yang berilmu/mengenal Allah ta'ala, tahu keagungan, kebesaran, dan kemuliaan-Nya, maka dia akan segan dan takut kepada-Nya. Dengan demikian, tidak akan terjadi kemaksiatan darinya selama dia menghadirkan pengetahuan tersebut. Hal ini seperti ucapan sebagian orang yang berilmu, " Seandainya manusia  memikirkan tentang keagungan Allah ta'ala, niscaya mereka tidak akan memaksiati-Nya."

➡2. Yang membawa orang untuk mendahulukan maksiat daripada ketaatan adalah kebodohan dan anggapannya bahwa maksiat itu memberinya manfaat dengan segera karena kenikmatannya yang bisa segera dirasakan. Jika ia masih punya iman, diharapkan ia selamat dari akibat buruk maksiat dengan bertobat di akhir umurnya.

👎Ini adalah nyata kebodohan. Karena lebih memilih berbuat dosa dan kehinaan, luputlah darinya kemuliaan takwa dan pahalanya, serta kenikmatan taat. Bisa jadi , setelah itu dia bertobat, namun bisa jadi pula kematian tiba-tiba menjemputnya sebelum sempat bertobat.

💬Ibaratnya, dia seperti orang yang lapar lalu melahap makanan beracun guna menghilangkan rasa lapar yang menyerangnya. Bisa jadi dia selamat dari bahaya racun tersebut dengan meminum penawarnya, dan bisa jadi pula tidak.

💭Tentu hal ini tidak akan dilakukan selain oleh orang yang bodoh.

📚Lathaif al-Ma'arif fima al- Mawasim al-'Am minal Wazhaif hlm. 577-584

📊WhatsApp Al-Ukhuwwah

🌴🌴🌴🌴🌴🌴

0 Response to "Setiap Orang Yang Bermaksiat itu Bodoh"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo